Selasa, 24 Juli 2012

Persiapan Akreditasi Rumah Sakit 2012

Akreditasi RS 2012 telah secara resmi diluncurkan pada tanggal 1 Maret 2012 lalu oleh Menkes dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr. PH di Hotel Bidakara, bertepatan dengan acara Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2012.  Dengan demikian, dimulailah era baru akreditasi rumah sakit di Indonesia.

Untuk versi 2012 ini, KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) mengadopsi penuh standar akreditasi rumah sakit versi JCI (Joint Commission International) ditambah  tiga point MDGs (Millenium Development Goals).  Ketiga point itu adalah:
  1. Penurunan angka kematian bayi dan peningkatan kesehatan ibu
  2. Penurunan angka kesakitan HIV/AIDS
  3. Penurunan angka kesakitan TB
Namun demikian, untuk Penurunan angka kesakitan HIV/AIDS, hanya dilakukan oleh rumah sakit yang ditunjuk pemerintah.  Artinya, jika rumah sakit anda tidak ditunjuk oleh pemerintah untuk mengelola program HIV/AIDS, maka anda tidak perlu menjalankan program tersebut.

Untuk persiapan akreditasi 2012 ini, yang pertama kali harus dilakukan adalah memahami standar.  Jika kita sudah memahami standar, akan sangat mudah bagi kita melakukan perencanaan. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah urutan aktifitas yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan akreditasi 2012:
  1. Pahami standar secara menyeluruh.  Untuk mempercepat pemahaman, sebaiknya ditunjuk minimal satu orang untuk setiap bab untuk dipahami. Lebih baik lagi jika satu bab dikuasai oleh satu tim, sehingga secara keseluruhan akan ada 15 tim, yang masing-masing menguasai satu bab.
  2. Menyusun dokumen.  Ada sekitar 117 dokumen kebijakan / panduan, 174 SPO, dan 127 dokumen lainnya yang perlu kita siapkan.  Daftar detail jenis-jenis dokumen tersebut dapat kita lihat disini dan disini.
  3. Format dokumen yang kita buat harus sesuai panduan yang diberikan oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).  Kabar baiknya adalah format dokumen yang diminta tidak jauh berbeda dengan format dokumen versi akreditasi lama (2007).  Untuk lebih jelasnya bagaimana format dokumen tersebut, dapat anda lihat disini.
  4. Jangan lupa untuk "membunyikan" atau memasukkan setiap elemen penilaian dalam dokumen kita, karena berbeda dengan JCI, surveyor akreditasi lebih document minded.
  5. Lakukan sosialisasi dan implementasi standar baru tersebut.
  6. Untuk menilai sejauh mana kesiapan kita dalam penerapan standar, kita dapat melihat Panduan Penerapan Standar / Penilaian Survey disini.
  7. Jika kita merasa sudah siap, ada baiknya untuk minta bimbingan akreditasi baru ke pihak KARS, atau pihak lain yang sudah berpengalaman dalam akreditasi; supaya kita yakin sudah sampai sejauh mana kesiapan kita untuk diakreditasi dengan versi 2012.
Jika semua hal di atas sudah dilakukan dan hasilnya baik, silahkan anda lanjutkan dengan mengisi aplikasi permintaan untuk diakreditasi yang formulirnya dapat anda peroleh di kantor KARS.

136 komentar:

  1. terima kasih banyak atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah berkunjung dan berkomentar di blog saya.

      Salam,

      Taufik

      Hapus
  2. Wahhh, very,very good publication... Terimakasih dr Taufik. Blog anda luar biasa... sangat membantu saya dalam mempersiapkan akreditasi rumah sakit. Saya bekerja di RS Wangaya Denpasar Bali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Semoga RS Wangaya Denpasar bisa memperoleh status akreditasi paripurna.

      Salam,

      Taufik

      Hapus
  3. Setelah saya unduh dokumennya, ternyata gak bisa diprint! Tlong dok gimana caranya! kalau memang perlu membayar tlng diinformasikan!

    Terimakasih

    dr Alit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokumen yang saya unggah memang diprotect untuk menjaga keasliannya. Namun jika menginginkan versi yang dapat diprint, silahkan japri ke saya. Nanti saya kirimkan dokumen yang diminta, free of charge. Terima kasih.

      Taufik

      Hapus
  4. terimakasih sekali atas informasinya, mungkin kalau ada yang lebih detail, mohon upload kami sangat terbantu...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah berkunjung dan berkomentar. Jika ada detail yang ingin ditanyakan atau didapatkan, jangan ragu untuk disampaikan. Senang dapat membantu anda.

      Hapus
  5. terimakasih, untuk yang 117 dokumen, 174 SOP dan 127 dokumen untuk kelas rumah sakit tipe D, kira kira apa saja yan SOP yang perlu dibuat?terimakasih sekali.

    BalasHapus
  6. Tentu saja SOP yang perlu dibuat adalah SOP dimana prosedur tersebut dilakukan di rumah sakit anda. Contoh, jika di rumah sakit anda tidak ada tidak ada bank darah, hemodialisa, tentu SOP nya tidak perlu dibuat. Namun, seluruh kebijakan/panduan/prosedur yang diminta oleh standar (contoh: sasaran keselamatan pasien, asesmen pasien, dll) harus dibuat, tanpa melihat kelas rumah sakit. Jika ada yang masih ingin ditanyakan, jangan ragu untuk disampaikan, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas informasinya dok, jadi untuk pedoman dan kebijakan harus ada tidak melihat kelas dari RS itu sendiri ya dok?terimakasih

      Hapus
  7. Benar. Nanti yang menentukan adalah hasil penilaian. Hasil penilaian dibagi menjadi empat, yaitu pratama, madya, utama, dan paripurna. Anda terakreditasi pratama jika empat bab pertama lulus dengan nilai minimal 80% dan sisanya minimal 20%. Madya jika 8 bab pertama 80% dan sisanya 20%. Utama jika 12 bab pertama 80% dan sisanya 20%. Paripurna jika nilai anda minimal 80% untuk keseluruhan 15 bab.

    BalasHapus
  8. eva Tirtabayu hasri5/08/2013 2:30 PM

    terima kasih informasinya dokter taufik...kalau saya ingin konsultasi mengenai maslah rumah sakit,,apakah saya bisa konsultasi dengan dokter?

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas infonya yg sgt bermanfaat dokter..klo bisa saya minta versi yg bisa di print..email saya ie_yien03@yahoo.com.Trims sblmnya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok, saya akan kirim by email. Silahkan anda sebutkan judul dokumennya secara detail. Juga mohon perkenalkan diri dan organisasi anda, terima kasih.

      Hapus
  10. Dok saya sulistiyoadi dari rsud dr soetomo surabaya saya kesulitan untuk persiapan akreditasi khususnya MKI bisakah saya dikirim cohtoh dokumen kelengkapan MKI terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu saja bisa. Silahkan kirim alamat email anda.

      Hapus
    2. Dok saya yus dari rsu budirahayu saya juga minta contoh dokumen mki. Ini email saya rs_br@yahoo.co.id

      Hapus
    3. Dear Yus, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. dok, saya andri dari rsia mutiara bunda. saya juga minta contoh dokumen dan panduan mki. ini alamat email saya rsb_mutiarabunda@yahoo.co.id

      Hapus
    5. trima kasih dokter. skali lag minta tolong kalo tidak merepotkan saya minta dikirim contoh panduan dan dokumen untuk pendidikan pasien dan keluarga. ini alamat email saya andree_curse@yahoo.com. terima kasih atas bantuannya.

      Hapus
    6. Dear Andri, silahkan anda fokus pada MKI, dan serahkan PPK ke orang lain di RS anda. Selanjutnya orang tersebut dapat berkomunikasi langsung dengan saya menggunakan akun emailnya sendiri, terima kasih.

      Hapus
    7. Baik dokter, terima kasih untuk bantuan dan sarannya. Krn keterbatasan SDM, sya diberi tugas beberapa pokja spt MKI, PPK, KPS, TKP dan MFK. Terima kasih.

      Hapus
    8. Dear Andri, jika anda mengalami keterbatasan SDM, banyak cara lain agar anda tetap hanya bertangung jawab pada satu bab. Cara terakhir adalah satu bab satu orang. Namun hal itu hampir tidak terjadi di RS, karena RS anda tidak mungkin hanya memiliki 15 pegawai. Sekali lagi, anda tak akan mungkin sanggup menangani MKI, PPK, KPS, TKP, dan MFK sekaligus seorang diri. Terima kasih.

      Hapus
  11. Pagi dok,,terimakasih blog nya sangat informatif, saya fitri mahasiswi MMR UMY yang akan menyusun tesis tentang mpo sekaligus residensi di PKU Yogya, mohon bantuan contoh2 dokumen dan check list MPO dan HIGH alert medication KARS ke pernikmanik@gmail.com . Terima kasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  12. Tk infonya dok, mohon ijin mendownload beberapa dokumen.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, terima kasih juga atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  13. Maaf dok, saya ode dari bimc hospital, bsa mnta tlg d share file2 spo, kebijakan, pedoman mengenai pencampuran elektrolit pekat, high alert medication, dan contoh2 dokumen utk IPSG.3 mohon d kirim k email saya othey.onenk@yahoo.co.I'd karna saya ga ada bayangan sama skali mengenai hal2 tsb
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ode, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim, thanks.

      Hapus
    2. Anda juga dapat memperoleh penjelasan mengenai hal tersebut dengan membaca posting saya perihal high alert medication di blog ini, thanks.

      Hapus
  14. selamat pagi, maaf dok, Saya Samsul dari RS PKT Bontang. bisakah dishare contoh kebijakan dan pedoman terkait IPSG 1-6 dok? terima kasih. email saya arifin_arga@yahoo.co.id atau samsul@rspkt.com

    BalasHapus
  15. Dear Samsul,

    Contoh panduan yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Jangan bingung dengan istilah kebijakan, pedoman, panduan. Jika anda punya salah satu, tidak perlu membuat yang lain, thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dgn dr.Taufik, bila sudah punya salah satu Kebijakan, Pedoman atau panduan, maka sudah cukup. Tapi sayangnya, surveyor KARS banyak yg "wawasannya sempit" atau "picik" sehingga dlm persepsi mereka semua harus ada, terutama surveyor yg dari dokter dan perawat. Tapi ada juga surveyor yg benar2 ahli yg menyatakan bahwa kebijakan pun tidak perlu SK khusus, spt kebanyakan RS sekarang. Jadi dokumen yang diperlukan hanya Pedoman (panduan) dan protap ditambah program. Bukankah Pedoman (Panduan), Protap dan program juga sebuah Kebijakan karena disyahkan oleh Kepala RS ? Sayangnya lagi, surveyor spt ini sangat langka di KARS. Anda betul, surveyor KARS terlalu document oriented.

      Hapus
    2. Dear Diah, namun demikian, kita tetap harus patuh pada aturan yang mereka buat. Karena itu adalah syarat yang mereka tetapkan agar lulus akreditasi.

      Hapus
  16. Dokt. Saya dr budianto. Boleh dikirimkan assesemnt, spo utk persi 2012. Email saya budianto.sigalingging@yahoo.com. Sya dari rs elisabet medan

    BalasHapus
  17. Dokt. Saya dr budianto. Boleh dikirimkan assesemnt, spo utk persi 2012. Email saya budianto.sigalingging@yahoo.com. Sya dari rs elisabet medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Budianto, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  18. Siang dr. Taufik, saya kiki, saat ini kita sedang mempersiapkan self assesmen, boleh minta contoh cara penilaian telusur dokumen, petugas dan pasien?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kiki,cara terbaik untuk self assessment adalah dengan menilai langsung bukti pelaksanaan setiap elemen penilaian tiap standard dalam tiap bab. Contoh, tiap elemen penilaian diberi kemungkinan skor 10, 5, atau 0. 10 jika terimplementasi sempurna, 5 jika sebagian, dan 0 jika tidak ada bukti implementasi sama sekali. Sebagai tambahan, silahkan baca posting saya dengan judul menilai sendiri persiapan akreditasi, dan dokumen-dokumen yang diminta oleh akreditasi yang ada di blog ini. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk disampaikan, terima kasih.

      Hapus
  19. Dok ?malam?salam kenaldok? Saya Gunarti, boleh minta contoh dukomen,cara membuat panduan dan spo akreditasi ipsg 1_6.trim sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya, mohon dikirim via email nittanit13@gmail.com ya dok, terimakasih :)

      Hapus
    2. Dear Gunarti, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Agar komunikasi dapat berjalan lebih baik, mohon cantumkan asal organisasi anda, thanks.

      Hapus
  20. Dear dokter Taufik. saya dr.rina sedang membuat dokumen Akses Ke Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK). mohon dikirim contoh panduan dan SOP nya dokter. email saya dee.rina57@yahoo.co.id. terimah kasih.

    BalasHapus
  21. Dear dr. Rina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dr. Taufik terimah kasih banyak. emailnya sudaah saya terima. semoga tidak bosan menjawab pertanyaan2 kami dokter.

      Hapus
  22. selamat malam dr Taufik,,
    saya vera dari RS Keluarga Sehat Pati,
    mohon dikirimkan data terkait APK ( akses pelayanan dan kontinuitas pelayanan ) karena RS kami sedang mempersiapkan akreditasi dan saya yang mengampu tentang APK.
    email saya veerazoola@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Veera, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, thanks.

      Hapus
  23. Dear dokter taufik, bolehkan saya minta contoh SOP untuk JCI dan KARS? Saya mahasiswi kedokteran Unair. . .
    email saya indriajalah@gmail.com. . Terima kasih sebelumnya. . .

    BalasHapus
  24. Dear dokter taufik, bolehkan saya minta contoh SOP untuk JCI dan KARS? Saya mahasiswi kedokteran Unair. . .
    email saya indriajalah@gmail.com. . Terima kasih sebelumnya. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya mohon perkenalkan diri anda dan sebutkan secara spesifik nama dokumen yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  25. salam kenal dokter saya nuning dari RSJ surakarta, kalau RS khusus bagaimana dokter, tolong dong saya dikirimi contoh dokumen komplitnya saya di pokja APK, contoh kebikanan, program dll ... alamat email saya purwanti.nuning@yahoo.com...matur nuwun sanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nuning, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. RS khusus tetap dapat menggunakan standar yang ada. Namun, untuk bagian-bagian yang tidak sesuai tentu saja tidak perlu dibuat (contoh: jika RS anda tidak melayani bedah dan anestesi, tentu saja kebijakan itu tidak perlu dibuat). Terima kasih.

      Hapus
    2. Dokter Taufik terimakasih sekali untuk kiriman beberapa dokumen terkait APK kami sedang berproses saat saya kesulitan tentang kebijakan dan karakteristik untuk pasien yang dirujuk saya mohon bantuan dokter Taufik untuk mengirim ke email saya. Terima kasih

      Hapus
    3. Dear Adhi, mohon cantumkan alamat email anda, organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  26. Sy dr ahmad fuad dr rs aulia medica jepara..mhon dikirim dokumen kebijakan dan sop rs tipe D Yg baru mnyusun utk pengajuan ijin operasional..mksh sebelumnya y dok..

    BalasHapus
  27. Mohon dengan sangat y dok utk bisa dikirim via email...soalnya kami sangat butuh dokumen tsb..dan yg ada disini susah utk didownload..mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Fuad, contoh-contoh dokumen rumah sakit (kebijakan, SPO, dll) dapat anda lihat di posting saya dengan judul "Contoh dokumen akreditasi 2012" di blog ini. Anda tinggal mnterjemahkannya. Jika anda kesulitan mendownload, silahkan minta bantuan orang yang mengerti masalah ini di tempat anda, terima kasih.

      Hapus
  28. salam dok, saya dari RS awal bros pekanbaru, mohon dok bantuannya contoh dokumen yang ada di chapter PMKP atau QPS, share via email ke ukardhanie@gmail.com
    terima kasih dok sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kardhani, contoh dolkumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  29. Salam dok, saya boleh minta dokumen contoh yang harus dipersiapkan untuk JCI ini.
    Bis diemailkan ke wira.pramudya@gmail.com
    Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wira, sebelumnya mohon anda sebutkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  30. selamat pagi dr. Taufik, dok mohon bantuan nya tentang contoh program mutu dan validasi data indikator mutu dok, share via email ukardhanie@gmail.com
    terima kasih dok sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kardhani, contoh dokumen yang anda minta telah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  31. selamat pagi dokter, saya wikan dr rs elisabeth semarang, saya ada di pokja QPS/PMKP, bolehkah saya meminta panduan validasi data dan contoh laporan bulanan dari pencapaian indikator mutu kepada Direksi. imel saya : wikanresty@gmail.com
    tks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wikan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  32. Selamat siang dok...saya indra dari salah satu rs di bogor.skrng saya sedang ditugaskan untuk menjadi salah satu pokja SKP....beberapa dokumen sudah ada..cm untuk studi banding boleh dikirimkan beberapa contoh panduan dan SPO terkait SKP dok email: let.me_one@yahoo.com thx before...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Indra, sebelumnya mohon sebutkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. RS medika dramaga...saya perawat dok..yg ditugaskan Sebagai pokja untuk Persiapan Akreditasi....:) skrng sedang Mencari beberapa referensi untuk penyusunan Sebagian dokumen yg belum lengkap...tks

      Hapus
    3. Dear Indra, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  33. Dear dr. Taufik, dok mohon bantuanya tentang contoh dokumen SPO, Kebijakan Chapter PPI dan ICRA dok, share via email : ukardhanie@gmail.com
    Sebelumnya terima kasih banyak ya dr. Taufik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kardhani, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk ICRA, silahkan baca posting saya dengan judul ICRA di blog ini, terima kasih.

      Hapus
  34. Salam.... dr.Taufik, saya Sriningsih dari RS PKU Muhammadiyah Yogya. Mohon bantuannya mengenai contoh dokumen akreditasi 2012 untuk Pelayanan Darah ( Bank Darah Rumah Sakit). Terimakasih banyak dokter, ini email saya : bundafillah04@gmai.com


    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Ningsih, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  35. Selamat malam dr Taufik, saya rafika dari RS di lampung
    Mohon sekiranya dokter berkenan, mengirim contoh dokumen sebagai referensi yang terkait dengan pedoman, panduan, kebijakan dan SPO yang ada dalam pokja keselamatan pasien
    Terima kasih
    email : rafikapuput@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rafika, sebelumnya mohon sebutkan nama rumah sakit tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  36. Dr. Taufik. Saya era dari rsud pasar rebo jaktim. Saya masuk di pokja APK. Mohon kiranya dokumen yg berkaitan dgn pokja saya dpt dikirim by email dok. Tks

    BalasHapus
  37. Dr. Taufik. ...saya era dari rsud pasar rebo jaktim. Mohon contoh dokumen. Kebijakan, SPO yg berkaitan dgn pokja APK dpt di print untuk dikirim ke email saya erasitiara@gmail.com. Terimakasih dok. Blog dokter sangat membantu saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Era, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  38. selamat malam Dr.Taufik
    nama saya ana, saya bekerja di RS.Natar Medika Lampung,..
    saya mendapat tugas mengenai pelayanan pasien / PP sekiranya Dr berkenan memberikan contoh dokumen (pedoman, kebijakan, prosedur, dan SPO) terkait dengan pelayanan pasien,..
    Terima kasih,..
    email : mariagoreti.mariana@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  39. selamat siang dokter, saya naima dari RS Rajawali citra yogyakarta...
    dok, mohon bantuannya untuk contoh dokumen yang terkait dengan Pelayanan Pasien seperti pedoman/panduan, SOP, kebijakan dll,,,
    terimaksih sebelumnya....
    email saya: naima.azzahra@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Naima, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  40. Sejawat DokterYang Baik, Saya dr.Hadika Pramana, saya berasal dari Rumah Sakit Karimun. Rumah Sakit Swasta disini satu-satunya yang sudah terakreditasi Akreditasi Versi 2007. Tapi terus terang Dok, sayabaru diangkat Kepala Pelayanan Dan Penunjang Medik 4 bulan yang lalu dan harus dihadapkan sebagai ketua akreditasi versi 2012. Kami sulit sekali karena di daerah kepulauan Riau (harus naik pesawat kemudian kapal lagi untuk sampai di sini) . Saya juga sudah 3 kali ikut pelatihan Akreditasi (Workshop) tetapi belum mendapat gambaran detail mengenai bagaimana bentuk dokumen yang harus dibuat. Terus terang masalah pendanaan juga menjadi pemikiran buat RS kami. Saya mencoba mencari artikel di Internet yang bisa menjadi pencerahnya dan saya menemukan artikel Dokter. Bisakah saya Minta Bantuan Dokter tentang bagaimana contoh format dokumen yang sudah jadi dari masing-masing Bab dan apa saja yang diminta dari masing2 Bab Checklistnya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Hardika, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  41. assalamualaikum dr Taufik..saya dari RSUD Banjarbaru, Kal-Sel.. boleh minta contoh dokumen akreditasi tentang Pelayanan Anestesi dan Bedah nya...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  42. Malam dr.taufik, saya tanto dari rsud abadi samboja, terima kasih banyak, cos blog anda udah nambah wawasan saya untuk persiapan akred rs kami. Jika berkenan saya mohon dikirimkan dokumen MPO(kebijakan, pedoman, spo).
    Btw, tulisan tentang 7 "muda" berguna banget buat saya. Once again. Thanks...
    Tanto, email artant05@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Artanto, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  43. mat siang pak, saya maspal yoni dari RS Permata Hati Duri.
    Kami dlm proses akreditasi versi 2012, Mohon bantuan atas info serta dokumen yang di butuhkan tentang PMKP, PPI,MFK, SKP
    Terima kasih sebelumya
    Email maspalyoni@yahoo.co.id dan rspermatahati@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Maspal, daftar dokumen yang dibutuhkan dapat anda lihat di posting saya di atas, terima kasih.

      Hapus
  44. Selamat Siang Pak. Saya Ihsan dari RS Grha Permata Ibu Depok.
    Mohon bantuan atas info serta dokumen yang dibutuhkan tentang SKP dan MDGs.
    Terima kasih sebelumnya.
    Email drihsan.gpi@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ihsan, daftar dokumen yang dibutuhkan dapat anda lihat di posting saya di atas, terima kasih.

      Hapus
  45. met siang dr.taufik saya janes dokter swasta dikota balikpapan bisakah sy mendapatkan contoh sop dan penyusunan berkas utk hak pasien dan keluarga serta pelayanan pasien makasih.....
    alamat email saya janesmolenaar89@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Janes, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  46. pagi dr.santoso saya sebagai GP dirumahsakit swasta(RS RESTU IBU) dibalikpapan
    saya sangat berterimakasih bila dibantu utk tugas akreditasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Janes, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  47. dr.taufik makasih utk kiriman sebelumnya sangat membantu.....bolehkah sy dikirimkan contoh lagi utk 117 dokumen,174 SOP,dan kalau ada tambahan utk ketegori Rumahsakit TYPE C...sebab saya masih belum ngerti
    gimana contoh susunan lengkap sebuah berkas akreditasi ini makasih dokter taufik
    salam dr.janes (RS.RESTU IBU Balikpapan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Janes, akreditasi 2012 tidak mengenal tipe rumah sakit, jadi sama saja. Contoh-contoh lain dokumen akreditasi dapat anda lihat di posting blog saya dengan judul contoh dokumen akreditasi 2012. Mengenai format dokumen, anda bisa baca buku "Panduan penyusunan dokumen akreditasi" yang dapat anda klik pada nomor 2 tulisan saya di atas. Terima kasih.

      Hapus
    2. Dear dr. Janes, jika anda masih belum mengerti, tidak masalah bagi saya jika datang ke RS anda untuk menjelaskan lebih menyeluruh. Silahkan anda bicarakan dengan pimpinan RS untuk menjadwalkan hal ini, terima kasih.

      Hapus
  48. Slamat siang pak.
    Saya dari RS. Natar Medika Lampung
    Bisa minta dikirimkan contoh utk 117 dokumen,174 SOP.
    Terimakasih banyak sebelumnya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Erax, hal yang anda minta tersebut hanya tersedia untuk organisasi. Silahkan anda berkoordinasi dengan pimpinan RS anda untuk hal ini, terima kasih.

      Hapus
  49. dear dr.Taufik
    Saya dr.Esti dari RS Restu Ibu Balikpapan, bisakah saya mendapatkan contoh Panduan Penanggulangan HIV AIDS. mohon dikirimkan ke : thp.kasno@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Esti, Akreditasi tidak meminta anda mempunyai panduan HIV AIDS. Salah satu point MDGs memang tentang HIV AIDS, namun, itu hanya untuk rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk menanganinya. Rumah sakit anda tentu saja tidak ditunjuk pemerintah untuk itu. Terima kasih.

      Hapus
  50. Salam sejahtera dari saya.Dok saya boleh minta dikirim ke email saya bahan bahan mengenai Akreditasi baru 2012,contoh dokumennya,SOP,dan lain lain menyangkut akreditasi baru 2012.Saya sangat memerlukannya dok.Terima kasih sebelumnya ya dok.Ini email saya dok : faizah_zam@yahoo.co.id

    BalasHapus
  51. sangat bermanfaat sekali dokk..klo boleh saya minta format dokumen yang diminta oleh kars yang bisa di print dok ke email saya zefaniia_chris@rocketmail.com terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Zefania, dokumen tersebut memang diprotect untuk menjaga keasliannya. Namun anda tetap dapat print dengan cara terlebih dahulu save as ke format JPEG, terima kasih.

      Hapus
  52. selamat siang dok,,saya dr. hanno dari RS Bakti Timah Karimun..
    saya masih bingung dalam penyusunan dokumen dan validasi data PMKP akreditasi versi 2012..apakah saya boleh minta contoh dokumen dan cara validasi data untuk PMKP dok..terima kasih
    e-mail : hnoryanda@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Hanno, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  53. Selamat siang dok, saya rizal dari RS SariMulia Banjarmasin,,
    saya termasuk salah satu tim akreditasi dari RS dimana saya bekerja, bolehkah saya dikirim contoh pedoman, SPO dan dokumen mengenai Asesmen Pasien, saya kesulitan dalam mengerjakan bagian ini dok, terima kasih

    email : rni.ahmadrizal@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rizal, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  54. teri.a kasih dok, sungguh sangat membantu, tp apasaya boleh minta yang bagian rencana pemulangan pasien lagi dok ?? saya sungguh memerlukan bagian itu dok,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rizal, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  55. Dok.saya Budi dari surabaya. Apakah dokter punya checklist dokumen untuk MKI ? Kalo berkenan boleh saya minta informasinya dok? Terimakasih.
    Email: budsetdr@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Budi, sebelumnya mohon cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  56. selamat malam dok..saya drg.Aditya dari RS.Medika Stannia Bangka..saya salah satu anggota tim akreditasi di bagian AP (Asesmen Pasien)..bolehkah saya minta dikirimkan contoh2 SOP,kebijakan,pedoman & dokumen lain terkait Asesmen Pasien ini...terima kasih bnyak dok sbelumnya..salam

    Email : dedetfx@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Aditya, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  57. selamat pagi dok,,saya adi dr RSGM Purwokerto mohon dikirimkan panduan triase, screning pasien dan assesmen pasien ke adierosyadi27@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Adi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  58. Selamat pagi dok. Saya putri, dari Sungailiat. Saya baru pertama kali menjadi anggota tim akreditasi di RS. DI bagian Hak da Kewajiban Pasien (HPK). Boleh saya minta contoh SOP atau kebijakan dan dokumen terkait mengenai bab tersebut? Terima kasih dok.

    email saya : lakqita@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putri, sebelumnya silahkan cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda terima kasih.

      Hapus
  59. siang dr taufik, sy fathim mahasiswi MMR UMY yang sedang menyusun tesis tentang akreditasi rumah sakit, sy ingin meminta dokumen "standar akreditasi RS 2012 detail" yg bisa diprint.. terimakasih sebelumnya dok.. email sy: fathim_zahro@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fathim, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  60. terimakasih dok, dokumen sudah sy terima :)

    BalasHapus
  61. Dokter Taufik yang baik saya sudah beberapa kali bertanya tentang akreditasi versi assesment 2012, tapi masih saja bingung... dokter kalau buku pedoman di IGD sudah ada pedoman tentang triase apakah di pokja misal APK masih harus buat pedoman Triase juga... mohon bantuan untuk mengirim contoh pedoman triase dan pedoman penundaan pelayanan dan pengobatan alamat email saya purwanti.nuning@yahoo.com, Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nuning, sebelumnya silahkan anda menggunakan akun anda sendiri untuk berkomentar, dan tidak menggunakan akun milik Adhi Fauzi, terima kasih.

      Hapus
  62. dear dr. taufik, saya dian apoteker di RSIA Puri bunda. saya masih sangat bingung dengan penjelasan MPO. bisakah saya minta contoh dokumen, panduan, spo tentang MPO. alamat email saya : dee.paramita09@gmail.com
    terima kasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dian, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  63. Aslm. dr. Taufik, saya Ivan dari RS Petrokimia Gresik, Mohon bantuan tugas apa yang perlu dilakukan pertama kali ketika tim akreditasi terbentuk, kebetulan saya saat ini ada di pokja PMKP dan mohon juga diberi contoh untuk dokumen PMKP di alamat ivansaptavani@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Ivan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  64. selamat malam dok, saya rama, bekerja di rumah sakit walisongo kab.gresik sebagai perawat, kebetulan RS kami akan akreditasi dan sudah mendapat bimbingan dri KARS 2minggu lalu, dan saya ada di pokja PPI,, saya sudah berusaha mencari namun tidak semuanya berhasil, saya mohon bantuan dokter untuk mengirim contoh dokumen, SPO, kebijakan dan pedoman PPI ke email saya ramasunu@gmail.com

    terima kasih telah berbagi ilmu dok, semoga senantiasa sehat selalu,,aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rama, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  65. Selamat malam dok,saya Eko dari Sumah Sakit Bedah Surabaya sebagai perekam medis dan kebetulan saya ditunjuk di pokja HPK namun saya sedikit kesulitan mengingat saya termasuk baru dalam pengalaman tim akreditasi dan banyaknya uraian pada pokja HPK. Mungkin bila berkenan dr, Taufik bisa memberi sedikit contoh tentang dokumen HPK, SPO yang berkenaan dengan HPK serta pedoman dan kebijakannya ke email saya eko_susilo06@yahoo.com

    atas informasinya terimakasih banyak dr. Taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eko, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus