Mengenai Saya


Hi...,
Selamat datang di blog saya
Dan terima kasih telah berkunjung
Saya seorang dokter
Dan praktisi manajemen rumah sakit
Lebih jauh tentang profil saya dapat dilihat disini
Isi blog ini bukanlah apa-apa
Jadi jangan kecewa
Jika tidak menemukan hal istimewa disini
Namun jika tetap ingin mendapatkan sesuatu darinya
Dengan senang hati saya berikan
Pertanyaan sebaiknya disampaikan
Menggunakan fasilitas komentar pada blog
Agar lebih mudah ditemukan
Jika mengirimkan lewat email atau google+
Berisiko terlambat direspon
Karena bersaing dengan berbagai jenis email lain
Atau bahkan tidak terbaca karena masuk spam
Anda juga dapat memberi saran, kritik 
Usulan tema posting
Atau bahan materi untuk diposting
Mengundang saya ke tempat anda pun boleh
Tak masalah, karena berbagi itu indah
Banyak berbagi, banyak memiliki
Sedikit berbagi, sedikit memiliki
Tidak berbagi, tidak memiliki
Mari kita berbagi
Makin banyak berbagi
Makin cepat terwujud
Layanan kesehatan yang cepat, selamat, hemat, dan bermutu tinggi

87 komentar:

  1. ISINYA LUMAYAN MENARIK DOKTER

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fatiyah, terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  2. Salam sejahtera dari saya.Dok saya boleh minta dikirim ke email saya bahan bahan mengenai Akreditasi baru 2012,contoh dokumennya,SOP,dan lain lain menyangkut akreditasi baru 2012.Saya sangat memerlukannya dok.Terima kasih sebelumnya ya dok.Ini email saya dok : faizah_zam@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Faizah, sebelumnya mohon cantumkan nama RS dan posisi anda. Selanjutnya mohon disebutkan secara spesifik bab apa yang anda perlukan, terimakasih.

      Hapus
  3. ass dok,saya dari RSIS surakarta, mohon bantuanny dok,tentang (AP 1 keperawatan) SPO asesment pasien rawat inap di IGD, SPO pasien rawat inap di IGD, SPO pasien rawat jalan di IGD,SPO assesment pasien rawat jalan di IGD,SPO assesmen pasien proses melahirkan dari IGD ke VK.terima ksh dok sebelumnya,,,
    email saya tiwiwigati74@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tiwi, seluruh judul SPO yang anda sebut sudah dilakukan di RS anda. Jadi, silahkan anda buat sendiri SPO tersebut dari apa yang sudah anda lakukan dengan prinsip: "tulis apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang anda tulis". Dengan demikian SPO dengan sendirinya telah dapat anda buat, terima kasih.

      Hapus
  4. Selamat sore dr. Taufik,,saya dr. Dwi dari RS. Khusus Ibu dan Anak di Bandung, mohon bantuannya untuk Panduan Skrining dan Triage berikut contoh SPO dan Kebijakan..Terimakasih atas bantuannya dokter..
    Mohon dikirimkan ke email saya dwisutrisno1684@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Dwi, sebelumnya mohon cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  5. Selamat pagi dr. Taufik, salam kenal, saya Agus dari RSUP Kandou Manado, saya apoteker dan termasuk dalam anggota Pokja MPO. Mohon bantuannya untuk dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk pokja MPO, berikut contoh SPO, dan mohon masukannya apa saja yang harus dipersiapkan di bagian gudang obat/gudang farmasi. Mohon dikirim ke email saya agussetiawanapt@gmail.com
    Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Agus, sebaiknya anda membaca dulu posting saya yang berjudul 'Persiapan akrediatsi RS 2012' pada nomor 1 (lihat di daftar isi). Selanjutnya anda cantumkan secara spesifik contoh dokumen apa yang anda butuhkan. Jangan lupa lihat kembali dokumen yang anda miliki, apakah sudah sesuai dengan yang diminta oleh standar. Terima kasih.

      Hapus
  6. Selamat mlm dokter santoso sy alfin direktur b&d rs zahirah dijaksel, wkt itu kita mau ketemu tp wkt nya blom pernah berjodoh..mhn ada kesempatan wkt utk team kami berkunjung dok utk pembahasan akreditasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Alfin, silahkan. Saya tunggu progresnya by phone atau email, terima kasih.

      Hapus
  7. Malam dok,sya dewi,apoteker dari rsud tarakan,kalimantan utara.sya anggota di pokja MPO.mhn kiranya dokter berkenan memberikan dokumen yg terkait dgn MPO.sblmnya trmaksh byk dok.email saya dewirancoko@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dewi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  8. Selamat malam dokter,
    Saya dr. Luthfi dari RSUD Banyuasin, mendapat tugas dari RSUD untuk mengkoordinir KELOMPOK STANDAR PELAYANAN BERFOKUS PADA PASIEN yg meliputi: APK, HPK, AP, PP, PAB, MPO, PPK. Jikalau berkenan, mohon kiranya dokter dapat memberikan contoh dokumen yg terkait untuk keleompok standar tersebut. Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Luthfi, untuk memenuhi permintaan-permintaan andatersebut, sebaiknya RS anda mengajukan permohonan pendampingan akreditasi, terima kasih.

      Hapus
  9. dear dr.taufik santoso.
    ass. dok sy lisma dari RS Laras PTPN IV. sy mendapat tugas dibagian akreditasi 2012 pokja Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK). sy mohon sangat kpd dokter untuk dapat mengirimkan contoh dokumen MFK ( Kebijakan, Pedoman/Panduan, SPO) serta formulir yg ada dalam MFK.
    Soalnya sy kesulitan mencari contoh 2 dokumen yg dimaksud. atas bantuannya sy ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Lisma, contoh dokumen MFK dapat anda download di tulisan saya yang berjudul cara mudah membuat dokumen akreditasi, terima kasih.

      Hapus
    2. dear dr.taufik santoso
      assalamualaikum dok, semoga dokter sapai hr ini masih diberi kesehatan. amin
      dok. tolong lah kirimkan ke alamat email sy contoh2 seluruh dokumen yang ada di MFK, sy masih banyak kekurangan dalam mengerjakan seluruh dokumen yg harus dipersiapkan, sy dah buka sesuai saran dokter yaityu langkah 4 cara membuat dst.......
      sy dah buka diinternet namun semua berbeda cara
      jangan marah ya dok atas tketidak tahuan sy. email sy lismaw591 @gmail.com

      Hapus
    3. Wa'alaikum salam Lisma, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  10. ass. dok. trims dok atas contoh dokumen pedoman pengelolaan keselamatan, sekali lg sy bingung mengenai sop didokumen tsb. sy bingung sop apa saja yg ada di MFK terutaman sop mengenai limbah berbahaya dan sop penarikana alat medis. tolong dok kirimkan kepada sy contoh sop tersebut diatas. mohon maaf karena mengganggu aktivitas dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Lisma. Kelihatannya anda masih perlu memahami lebih dalam standar MFK. Selanjutnya, silahkan anda baca tulisan saya yang berjudul "Persiapan akreditasi RS 2012", disitu terdapat dokumen apa saja yang dibutuhkan. SOP sangat mudah membuatnya, karena hal itu merupakan suatu aktifitas yang sudah anda lakukan di RS anda, sehingga tinggal menuangkannya dalam bentuk kata-kata. Saya berharap anda berlatar belakang teknisi medis / lingkungan. Sebab jika tidak, sebaiknya anda tidak menjadi penanggung jawab MFK, karena akan menyebabkan anda bingung berkepanjangan yang disebabkan oleh ketidakpahaman anda pada pekerjaan teknis di area MFK, terima kasih.

      Hapus
  11. Selamat sore dr. Taufik.. perkenalkan saya Nana dari RS. Husada Utama Sby, sekretaris komite PPI..saat ini sedang proses menyusun draft kebijakan komite PPI sebagai kebutuhan akreditasi.. jika diijinkan, bolehkah saya melihat contoh dokumen dari kebijakan tersebut?.. alamat email saya : nanappi76@gmail.com.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  12. selamat malam dokter Taufik, perkenalkan saya Yuniyanto, saya bertugas di RSJD Dr RM Soedjarwadi Jawa Tengah. Saya sebagai pokja PPK. beberapa hari lagi rumah sakit kami akan dilakukan survey KARS. tetapi kami masih kesulitan dalam menyusun Panduan dan SOP Edukasi Kolaboratif (Standar PPK 6 EP 1). Mohon bantuan dokter untuk contoh Panduan dan SOP Edukasi Kolaboratif sebagai bahan referensi kami. terima kasih. email saya : yuniyanto1980@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anto, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  13. Dear dr Taufik, saya dr Rani. Isi blog menarik dan edukatif. Mohon diperbanyak contoh SPO untuk PPI dok. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Rani, terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  14. selamat malam dr.Taufik, saya drg.Widayati Retnaningsih dari RS. Panti Waluyo Surakarta. Saya dari pokja MKI ingin mendapatkan penjelasan mengenai MKI 8 dan sekiranya ada contoh dokumen yang harus dibuat kiranya dr. Taufik berkenan mengirimkannya ke alamat email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com sebelumnya kami mengucapkan terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, silahkan anda baca link berikut: http://www.utmb.edu/policies_and_procedures/IHOP/Clinical/Admission_Discharge_and_Transfer/IHOP%20-%2009.01.12%20-%20Interfacility%20Transfer%20of%20Patients%20from%20UTMB.pdf

      Hapus
  15. Assalamu'alaikum.wr.wb
    Maaf dokter, mohon saya dibantu dokter saya tergabung dalam tim akreditasi HPK di RS, saat ini masih kewalahan melakukan pencarian data pedoman dgn waktu yg mepet, tentang pedoman, panduan, SPO, dan termasuk data terkait tentang HPK,. mohon dokter apa data tersebut bisa diemailkan ke : rizani.rs@gmail.com. dengan besar harapan saya ucapkan terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam, sebelumnya silahkan anda perkenalkan diri anda, nama rumah sakit tempat anda bekerja, posisi anda, dan gunakan akun email anda sendiri, bukan akun RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
    2. Habaruddin Laoddang (Perekam Medis) dari RS. Rizani Paiton - Probolinggo
      habaruddinlaoddang@gmail.com. Makasih dokter sudah sangat membantu kami

      Hapus
    3. Dear Habaruddin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. Makasih dokter bantuannya,..jika memungkinkan punya contoh2 panduan, SPO beserta dokumen2nya semacam formulirnya. Sekali terima kasih dokter

      Hapus
  16. Selamat sore dok , saya sdh terima contoh dokumen tentang HKP. Saya membutuhkan contoh dokumen selengkapnya tentang HKP, SKP, KPS dan PPI. Bagaimana caranya? Terima kasih, email saya untarisp@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendapatkan seluruh persyaratan yang dibutuhkan oleh akreditasi, sebaiknya RS anda mengajukan permohonan pendampingan akreditasi, terima kasih.

      Hapus
  17. selamat siang, perkenalkan saya indung, pegawai farmasi di RSKD Duren Sawit, dok bisa si share tentang lean management itu sendiri, saya ingin mengaplikasikan dengan problema di tempat saya bekerja, mohon informasinya, terima kasih dok indunghikmawan@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Indung, sebaiknya anda baca terlebih dahulu seluruh posting saya perihal lean. Setelah itu, silahkan anda tanyakan bagian mana yang ingin anda kuasai lebih dalam dan terapkan, terima kasih.

      Hapus
  18. Selamat Pagi Dokter, saya Friska dari Rumah Sakit Royal Prima Medan. Saya memegang pokja HPK. Saya mohon bantuan untuk HPK 2.4 dan HPK 4 terkait dokumen dan aplikasinya. ini alamat email saya dokter friskamanik90@gmail.com. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Friska, perihal HPK sudah pernah ditanyakan oleh teman anda sebelumnya, atau silahkan anda bertanya langsung pada pembimbing akreditasi RS anda, terima kasih.

      Hapus
  19. Assalamu Alaikum Wr.Wb. Saya dari RSUD Lamaddukkelleng Kab. Wajo. Minta tolong contoh berkas/dokumen sekaitan Pokja KPS di email yulianabasfain80@gmail.com. Trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Yuliana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  20. pagi dok, sy iwan dari rsud ketapang, sy masuk dalam pokja mdg's di tim akreditasi rs, mohon dok berikan contoh dokumen, pedoman dan spo yang berkaitan dengan pokja saya, terima kasih dok dan sukses selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cantumkan alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  21. Ass dok,sya Loym R.Sitanggang dri RS.Patar Asih mhon bantuannya utk dokumen PPI trmsuk SOP nya dok.trims email sya loymristumerry@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Loym, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  22. Assalaamu'laikum wr.wb. dr. Taufik salam kenal, saya Ns. Kurniawan dari RSUD Asy - Syifa' Sumbawa Barat, sekarang RS saya lg persiapan untuk akreditasi, saya tergabung dalam tim akreditasi Pokja SKP. saya mohon bantuannya pak klu bisa saya tolong di e_mailkan contoh panduan untuk risiko pasien jatuh serta SOP assesment dan reasessment risiko pasien jatuh. untuk pasien dewasa kita menggunakan Morse Fall Scale pak ya, atau kah ada lain yg lebih bisa direkomendasikan ??? terima kasih sebelumnya. alamat e_mail saya : anestesi14@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Kurniawan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  23. selamat pagi saya dari RSUA surabaya ,boleh saya dibagi contoh2 dokumen MFK (pedoman,SOP,dan contoh2 kebijakan) sebagai referensi saya.
    email saya angger.rich@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear angger, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  24. assalamualaikum dokter, perkenalkan nama saya lukman maulana dari Rumah Sakit Citra sari Husada di Karawang dok, kebetulan RS kami sedang mempersiapkan untuk Akreditasi JCI, saya di bagian PPI dok, kalau berkenan dokter bisa minta contok dokumen untuk PPI dok? terimakasih sebelumnya dokter,,, salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Lukman, silahkan anda cantumkan alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  25. selamat malam dok, perkenalkan saya fajar mahasiswa informatika rekam medis disalah satu perguruan tinggi yang hendak menyusun skripsi, dokter saya tertarik mengambil judul tentang medical record review tool, kira kira referensi untuk sumber pustaka bisa saya dapatkan di mana ya dok? apakah ada permasalahan rekam medis dalam jci yang bagus untuk diteliti? saya akan senang sekali untuk ikut meneliti :) , terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fajar, silahkan cantumkan nama perguruan tinggi tempat anda kuliah, terima kasih.

      Hapus
    2. saya dari politeknik piksi ganesha bandung, jurusan informatika rekam medis d4, mohon bimbingannya ya dok, terimakasih

      Hapus
    3. Dear Fajar, banyak sekali hal yang dapat diteliti di rekam medis berkaitan dengan standar JCI, karena JCI mensyaratkan banyak hal yang harus didokumentasikan di rekam medis. Anda bisa meneliti aspek kelengkapan pengisian, hubungan antara kelengkapan pengisian dengan keselamatan pasien, aspek-aspek yang berpengaruh pada kelengkapan pengisian, dan lain-lain.

      Hapus
  26. siang dokter...saya nisa koordinator gizi RSI Arafah jambi,, mohon bantuan untuk panduan kredinasial ahli gizi..makasih dok.. alamat email saya ulyaxander@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nisa, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Dear Nisa, alamat email yang anda cantumkan gagal terkirim. Silahkan anda cantumkan alamat email lain yang valid.

      Hapus
  27. Hi dok. Saya Bagus dr RSUD Panembahan Senopati Bantul. Belajar lean six sigma dimana ya dok? Kalau ada info pelatihan mhn ijin untuk share ke bagus.yogyes@gmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
  28. banyak sekali masukan dan ilmu yang bisa didapat
    saya mohhon bisa di email ke saya mengenai Lean thinking. saya lihat ada 22 file. kalau bisa semua ya dok... hehe. maaf merepotkan
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbelumnya silahkan perkenalkan diri dan cantumkan nama RS tempat anda bekerja. Juga gunakan akun email anda sendiri dalam berkomentar, bukan akun email organisasi anda, terima kasih.

      Hapus
  29. saya sanngat tertarik dengan credentialing dan privileging..karena saya di rs ..masuk tim kredensial fisioterapy

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum wr wb. Dok, saya dr.Dwi P Wulan, MR puskesmas kecamatan Cempaka Putih. Yang ingin saya tanyakan, apakah dokter mendalami juga tentang akreditasi Puskesmas? Adakah referensi tentang Pesoman audit medis khusus puskesmas? Tentang sampling audit medis, saya baca dari blog dokter, jika populasi lebih sama dengan 59, maka sample 58. Boleh tau referensi itu berdasarkan apa?yang perlu dilakukan audit medis, apa hanya pekerjaan dokter saja atau pekerjaan yg dilakukan oleh tenaga paramedis juga (perawat/bidan) seperti kegiatan imunisasi, persalinan, KB, pemeriksaan kehamilan,dll? Adakah pesoman khusus bagi kami petugas di puskesmas utk lebih memahami "Instrumen Akreditasi Puskesmas keluaran Kemenkes" karena membacanya saja masih bingung. Terimakasih jika dokter sdh mau membaca semua pertanyaan saya, apalagi jika dokter bersedia menjawabnya. dwi_peewee@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam dr. Dwi. Pedoman audit medis dikeluarkan oleh kementerian kesehatan, silahkan anda membaca lebih lanjut. Pada dasarnya audit harus dilakukan untuk seluruh aktifitas, bukan hanya dokter. Jika anda bekerja di puskesmas di Jakarta, anda tetntu sudah terbiasa dengan audit ISO. Mengenai sampling, sumbernya dapat anda baca di bagian bawah tulisan saya. Akreditasi puskesmas memang berbeda dari RS, dan salah satu cara untuk memahaminya dalah minta bimbingan dari kemenkes, terima kasih.

      Hapus
  31. Dok saya Tuti,apakah bisa minta tolong di share file-file , SPO, Pedoman mengenai KPS, sebagai bahan untuk persiapan Akreditasi Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  32. SAya dr. Prastowo, dari RS Hana charitas , Arga makmur, apakah bisa dishare kan contoh medical staff by laws dok? rencana maju akreditasi versi Kars 2012. email : dr.prastowo@gmmail.com. Terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. email : dr.prastowo@gmail.com

      Hapus
    2. Dear dr. Prastowo, banyak sekali contoh medical staff bylaws di internet. anda tinggal mengunduhnya. dokumen itu bersamaan dengan hospital bylaws.

      Hapus
  33. Assalamu'alaikum Bapak Taufik,

    Terima kasih sebelumnya untuk sharing materi-materi menarik di lean-indonesia.com maupun youtube. Semoga menjadi amal jariah yang berkah ya pak

    Mungkin kita bisa sedikit diskusi mengenai program PPI di SSMH

    Apakah teknologi yang Sahid Sahirman Memorial Hospital gunakan dapat menjaga secara konsisten angka kuman di udara rendah?

    Teknologi kami membantu komite PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi) dalam menjaga angka kuman di udara konsisten dibawah 200 CFU/m3 tanpa listrik selama s.d 5 tahun sehingga infeksi nosokomial rendah dan proses inspeksi risiko infeksi nosokomial yang berkaitan dengan akreditasi KARS, JCI, dan survey KEMENKES dapat berakhir dengan lancar. Apakah Bapak pernah mendengar mengenai teknologi dengan kemampuan serupa?

    Regards,
    PT. Reka Trihasta Tehnik
    www.ecolala.co.id

    More info:
    CS - 0812 1317 4152
    info@rt-teknik.co.id

    BalasHapus
  34. selamat pagi p taufiq. pas pagi ini saya banyak mendapatkan ilmu banyak berkaitan manajemen rs . kalo ada workshop bisa di infokan ke dedirahayu@gmail.com
    makasih p taufiq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dedi, workshop yang dalam waktu terdekat akan saya adakan adalah workshop Lean Hospital, yang akan diadakan di RS Muhammadiyah Lamongan, 15 - 16 Oktober 2016, terima kasih.

      Hapus
  35. salam kenal....bisakah saya bertanya2 tentang dokumen akreditasi? kalau bisa via email saya di lilanasikhah@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ajukan pertanyaan anda di blog ini. Blog ini memang ditujukan untuk itu, terima kasih.

      Hapus
  36. Assalamualaikum Dok, Perkenalakan saya Pradana dari RSUD Kertosono. Rencananya tahun depan akan melaksanakan akreditasi. Mohon bantuan untuk contoh dokumen Pokja HPK dan pendukungnya( email: vpradana@gmail.com ). Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Pradana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Terimakasih banyak dok . . Semoga ilmunya menjadi berkah. .

      Hapus
    3. Maaf sbelumnya . . Bisa minta bantuannya Untuk contoh dokumen Pokja IPKP dok??

      Hapus
  37. Selamat Malam dr.Taufik...
    Saya baru buka blog dokter... Luar biasa... Saya kagum dengan dr.Taufik...
    Saya setuju dengan Motto Dokter...
    "Banyak berbagi, banyak Memiliki".
    Saya Ingin sekali banyak belajar dari dokter....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Irien atas kunjungan dan komentarnya. Dengan senang hati jika ingin belajar.

      Hapus
  38. assalamualaikum wr wb
    mohon bantuan informasinya buat referensi kami,saya agus yedi dari RS Krakatau Medika Cilegon Banten, saat ini kami menggunakan sabun cuci tangan berbasis alkohol. pertanyaannya, untuk sabun berbasis alkohol ini bila kita menggunakan refill seperti yang diproduksi dari vendor mitra perusahaan kami, apakah alkohol kualitas sabun tersebut masih efektif dalam penggunaannya( karena menguap), kami mohon bantuan penjelasannya, karena kami ingin sekali berhemat mengingat standar SNARS ke depan harus setiap bed terpasang.
    terimakasih
    Wassalam

    BalasHapus
  39. selamat pagi dokter.....saya luhur pegang pokja mfk RS Puri Husada Sleman.saya boleh minta tolong dikirimkan dokumen(kebijakan,pedoman,panduan dan SOP) ya dok.kirim ke luhurhanda17@gmail.com terimakasih dok

    BalasHapus