Selasa, 05 Maret 2013

Contoh Dokumen Akreditasi RS 2012 / JCI

Pada posting sebelumnya yang berjudul Persiapan Akreditasi Rumah Sakit dan Dokumen - Dokumen yang Diminta oleh JCI, disampaikan tentang sejumlah dokumen yang harus dibuat.  Dokumen - dokumen itu harus dibuat sebagai bagian dari persyaratan yang harus dipenuhi.  Nah, disinilah persoalannya.  Setiap rumah sakit pasti punya persoalan yang sama. Yaitu, bagaimana cara membuat dokumen - dokumen itu, apa saja isinya, darimana sumbernya, bagaimana contohnya, dan lain - lain. Pertanyaan - pertanyaan itu tidak mudah untuk dijawab, karena memang membuat dokumen itu tidaklah mudah.  Meminjam contoh dokumen dari rumah sakit lain juga bukan perkara mudah, karena setiap rumah sakit mempunyai kebijakan kerahasiaan dokumen.  Kalaupun mendapatkan 'bocoran' dokumen dari rumah sakit lain, kita tetap tidak dapat menjiplaknya 'mentah - mentah', karena belum tentu dokumen itu cocok dengan yang dilakukan di rumah sakit kita.

Namun demikian, mencontoh dokumen dari rumah sakit lain tetap merupakan cara yang paling mudah, masuk akal, dan efektif.  Karena, kita tinggal menyesuaikan dengan kondisi yang ada di rumah sakit kita. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan saya sampaikan beberapa sumber dokumen yang bisa dicontoh.  Contoh - contoh dokumen ini dapat diakses dengan bebas dan gratis. Silahkan klik sumber - sumber di bawah ini untuk mendapatkannya:

1. University of Toledo Medical Center

2. West Coast District Health Board

3. Louisiana State University Health Sciences Center Shreveport

4. Stony Brook University

5. The University of Texas Medical Branch

537 komentar:

  1. sangat membantu bagi rumah sakit yang mempersiapkan akreditasi versi 2012

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
    2. Ass. Dokter taufik, sy Indri dari RSI Hidayatullah yk, kami akan mempersiapkan dokumen u/akreditasi KARS 2012, sy yg memegang YanMed di haruskan membentuk Tim akreditasi. Yg ingin sy tanyakan, yg termasuk Pokja2 Pelayanan Medis itu apa sj kah, sy msh bingung krn bnyak materi yg sy baca berbeda2. Email sy : nfatir@gmail.com. Terimakasih banyak sebelumnya.

      Hapus
    3. Dear dr. Indri, tak perlu bingung perihal perbedaan yang ada. pada dasarnya, standar akreditasi sesuai aslinya dari JCI hanya dibagi menjadi dua, yaitu standar berfokus pada pasien (SKP, APK, HPK, AP, PP, PAB, MPO, PPK), dan standar manajemen organisasi Pelayanan kesehatan (sisanya). Jadi, yanmed tak perlu membuat tim akrediatsi sendiri. Sebaiknya di tingkat RS dibentuk saja 15 pokja sesuai banyaknya bab standar yang ada. Hal itu akan lebih efektif, dan tiap pokja akan fokus menyelesaikan tugasnya sesuai bab standar yang ditentukan, terima kasih.

      Hapus
    4. Berarti, tidak semua pokja dlm tim akreditasi tersebut yg memegang adalah seorang dokter yaa dok??

      Hapus
    5. Saya malah merekomendasikan dokter fungsional tidak menjadi ketua pokja, karena dari pengalaman, banyak dari mereka gagal menjalankan tugasnya. Kecuali di RS anda sudah ada dokter yang bekerja full timer sebagai tenaga manajemen, dan tidak nyambi praktek pada saat yang sama, dan tidak juga praktek di RS lain.

      Hapus
    6. Hmm... Yap sy setuju, tp yaa semua tergantung kebijakan RS jg. Bagaimana dgn standar yg "berfokus pd keselamatan pasien & millenium development goals" dokter, itu ttp di pakai u/standar jci 2012 bukan??

      Hapus
    7. Dear dr. Indri, Standar akreditasi RS Indonesia 2012 100% bersumber dari terjemahan standar JCI edisi ke-4 ditambah MDGs. Sementara standar yang berfokus pada keselamatan pasien sebenarnya hanya satu bab saja di JCI yaitu IPSG atau SKP. Jadi, di standar JCI tak ada MDGs. Itu merupakan tambahan yang dilakukan Depkes RI karena Indonesia termasuk yang harus mensukseskan MDGs.

      Hapus
  2. trimakasih sudah bagi ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  3. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  4. ada dokumen akreditasi 2012 yg berbahasa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang sekali, sampai saat ini saya belum menemukan sumber dokumen berbahasa Indonesia yang tersedia di internet. Namun, anda lebih baik menterjemahkan dokumen yang ada, karena lebih evidence based, terima kasih.

      Hapus
  5. terimz kasih Pak, sangat membantu untuk persiapan akreditasi RS.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ulum, terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  6. dr M Dwikoryanto SpBS9/03/2013 7:03 PM

    Dr Taufik Santoso
    Luar biasa apa yg telah anda sajikan. Semoga segera terwujud layanan kesehatan kelas dunia di negeri kita. Terima kasih banyak dokter :)

    BalasHapus
  7. Dear dr. Dwi, SpBS, terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

    BalasHapus
  8. Mantaffff...moga sukses selalu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Heru, terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  9. Dear dr. Taufik.. saya Dian sedang mengerjakan Bab APK. mau tanya dokter apakah triase dan skrining itu sama? apakah berbeda dengan triase yang dimaksud pada akreditasi yang lama?. mau tanya juga dokter apakah di APK 1.1 kita buat panduan/pedomannya atau hanya SPO nya aja.

    Terimakasih dokter sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau tanya lagi dokter (semoga tidak bosan) apakah dipanduan triase harus jelas kita buat kriteria dari tingkatan kegawat daruratannya. maksud saya mengikuti skala tertentu yang baku? seperti ESI (emergency severity index) atau ATS. apakah ada contoh panduan skrining di sumber-sumber yang dokter sebut diatas?

      sebelumnya trimakasih banyak dokter, penjelasan dokter sangat membantu dalam memahami buku panduan KARS yang bagi saya pribadi sedikit membingungkan.

      Hapus
    2. Dear Dian, yang penting adalah bahwa semua dokumen yang kita buat harus berpijak pada referensi tertentu dan sedapat mungkin menggunakan referensi terbaru yang diakui secara ilmiah. Saya memiliki beberapa contoh dokumen yang anda minta. Namun untuk kelancaran komunikasi selanjutnya, silahkan sebutkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda. Dan jangan lupa cantumkan alamat email anda, thanks.

      Hapus
  10. ass,saya alif dari RS AN NIMAH wangon jawa tengah.saat ini kamisedang mempersiapkan akreditasi sesuai standar JCI.banyak dokumen-dokumen dan pandun-panduan yang belum kami dapatkan seperti panduan dan spo HPK.apabila dokter berkenan mohon dikirimkan ke email saya ( alif.muzaroah@gmail.com )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Alif, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  11. Dear dokter Taufik, saya dari RSD dr. Soebandi Jember Jawa Timur saat ini kami sedang mempersiapkan akreditasi versi 2012. namun banyak dokumen dan panduan yang belum kami miliki. mohon bantuan dokter untuk mengirimkan contoh dokumen tentang HPK terkait panduan dan SPO yang diperluan. berikut alamat email saya adistyariska@gmail.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Riska, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  12. Dear dokter Taufik, saya heru firman dari RS.Bhayangkara lumajang, kami sedang mempersiapkan akreditasi JCI 2012 ,tapi banyak panduan dan SPO yang belum kita miliki ,mohon bantuannya dokter untuk mengirimkan dokumen tentang HPK terkait SPO dan Panduan,,alamat email saya herufirman2@gmail.com.terimakasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Heru, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  13. assalamualaikum wr.wb

    dr.Taufik, saya anif setiawan dari Rumah Sakit Aisyiyah Bojonegoro, RS kami sedang melakukan persiapan untuk Akreditasi JCI. kebetulan saya ada di tim Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB) dan saya di beri amanat untuk mengerjakan Pelayanan Anestesi (PA 1 - PA6). saya mohon bantuan dr.Taufik untuk memberi contoh dokumen yang di butuhkan apa saja (Panduan, Kebiajaka, SOP dll) dan format penulisan yang benar seperti apa. terima kasih. semoga allah membalas kebaikan dr.taufik

    wassalamualaikum wr,wb

    alamat email : anifsetiawan62@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anif, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda.

      Hapus
  14. Assalamualaikum dr Taufik, saya Novi dari RSUD Lahat, RS kami sedang mempersiapkan akreditasi versi 2012, namun kami belum mempunyai banyak panduan dan SPO, mohon bantuan dokter untuk mengirimkan contoh dokumen tentang MPO terkait panduan dan SPO,,,,,alamat email saya noviraflis@gmail.com.....terimakasih banyak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam wr wb Novi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  15. Ass.Wr.Wb dr Taufik, saya Isnia dari RS Islam Klaten, kami juga sedang mempersiapkan akreditasi versi 2012, saya di pokja PPI tapi masih banyak kekurangannya dok kalau boleh saya mohon bantuan dokter untuk mengirimkan dokumen tentang PPI terkait SPO/ Kebijakan dan Panduan,,
    alamat email saya : ppi_rsi@yahoo.com terimakasih banyak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Isnia, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  16. Assalamualaikum dr Taufik, saya Yanti dari RSD dr. Soebandi Jember. Saat ini Rumah Sakit kami sedang mempersiapkan akreditasi RS versi KARS 2012. Saya masuk di TIM K3 RS. Mohon bantuan untuk contoh dokumen SOP tentang renovasi bangunan, kebijakan/pedoman/panduan RS tentang K3 renovasi bangunan, dokumen implementasi tentang berita acara penarikan alat medis dan kebijakan tentang penarikan alat yang rusak (tidak dapat digunakan lagi). mohon dokumen dikirim ke alamat email yantilintang73@yahoo.com
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Yanti, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  17. Ass.Wr.Wb dr Taufik, dok kalau boleh saya mohon bantuan dokter untuk mengirimkan dokumen tentang HPK terkait SPO/ Kebijakan dan Panduan,,
    alamat email saya :thatha_mcfadden@ymail.com terimakasih banyak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam tha tha, sebelumnya mohon perkenalkan diri anda dan sebutkan organisasi tempat anda bekerja serta posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  18. Assalamualaikum w.w...Dokter....saya tim PAB RSUD Lubuk basunng....mohon bantuan dokumen, instruksi kerja,kebijakan dan spo pab.....format penulisannya gimana....thank's ya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Adrizon, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  19. Ass.w.w. Dokter.....mohon bantuan instruksi kerja dan spo anestesi....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Adrizon, akreditasi tidak mengenal instruksi kerja, hanya SPO. Contoh formatnya sudah saya kirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  20. Dear dr. Taufik, saya Sukma Dhani dari Rumah Sakif Angkatan Udara dr. Esnawan Antariksa halim, RS kami sedang melakukan persiapan untuk akreditasi jci, kebetulan saya adalah seorang apoteker sehingga diamanatkan untuk mengerjakan BAB 6 tentang manajemen dan penggunaan obat, saya mohon bantuan dokter untuk memberi contoh dokumen yang dibutuhkan apa saja (panduan, kebijakan dan SOP) serta formT penulisan yang benar seperti apa. Terima kasih banyak saya ucalakan sebelumnya atas bantuan dokter. Alamat email saya levioscha@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sukma, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  21. assalamu'alaikum dokter, mohon maaf sebelumnya, perkenalkan saya tiwi karyawan RSUD Sleman, jika dokter berkenan, saya mohon diberikan contoh tentang contoh dokumen dalam pokja HPK ( panduan, kebijakan dan SOP), terimakasih sebelumnya dok. Alamat email saya tiwi2308@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Tiwi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  22. Malam dr taufik, saya phi shi dari rsu provinsi ntb kebagian untuk mempersiapkan bab apk tapi saya tidak punya bahan dan contoh dokumen, mohon bantuan dr jika berkenan mengirim ke alamat email saya dr.phishi@gmail.com, terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Phishi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Terima kasih.

      Hapus
  23. yth. dokter,
    kami sedang menyiapkan akreditasi versi 2012.
    kalau dokter berkenan, mohon dikirimkan ke alamat email saya dokumen2 yg terkait dengan PELAYANAN ANESTESI DAN BEDAH berikut contoh formatnya.
    alamat email saya : irwandy85@gmail.com
    RS saya adl RS Kumala Siwi Kudus Jateng
    atas bantuan dokter saya sampaikan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Irwandy, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  24. Selamat pagi dokter, kami dari RS KUMALA SIWI KUDUS yang merupakan RS baru berdiri 1,5 tahun dan sedang mempersiapkan akreditasi. Mohon kiranya dokter dpt memberikan dokumen beserta contoh apa saja yang harus kami lakukan. Email saya : dr.ipul@gmail.com. Terima kasih. Salam hormat dr. Ipul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Ipul, untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan perihal akreditasi, silahkan baca posting saya di blog ini dengan judul "Persiapan Akreditasi 2012". Contoh dokumen dapat anda klik pada link di posting ini (Contoh dokumen akreditasi). Jika anda menginginkan contoh dokumen, mohon sebutkan secara spesifik judul dokumen yang anda inginkan, terima kasih.

      Hapus
  25. Selamat siang dok ,,, boleh minta contoh dokumen Kualifikasi dan Pendidikan Staff? regzadiana@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Diana, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  26. Dear dr. Taufik,, saya Rutma, saya bekerja di Rumah Sakit Royal Prima sebagai Tim Akreditasi, saya mohon bantuan nya la dokter, untuk membantu saya mempersiapkan Standar 1 bagian MANAJEMEN PENGGUNAAN OBAT (MPO) Saya mengalami kesulitan dokter dalam mengerjakan dokmen MPO seperti (PEDOMAN, PANDUAN, SPO,REKAM MEDIK). Mohon kiranya dokter dpt membantu saya untuk memberikan dokumen beserta contoh apa saja yang harus saya lakukan untuk RS tempat saya bekerja agar berjalan dgn baik.
    Email saya : rutmauitapurba@yahoo.co.id.
    Terima kasih. Salam hormat dr. Rutma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Rutma, contoh dokumen yang minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  27. yth. dokter,
    Saya Nedchi..
    kami sedang menyiapkan akreditasi versi 2012.
    kalau dokter berkenan, mohon dikirimkan ke alamat email saya dokumen2 yg terkait dengan PELAYANAN ANESTESI DAN BEDAH berikut contoh formatnya.
    alamat email saya : chi_iglesias@yahoo.com
    RS saya RS.Royal Prima Medan
    atas bantuan dokter saya sampaikan banyak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nedchi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  28. selamat pagi dr. Taufik,
    Saya Media, sy bekerja di Rumah Sakit Royal Prima Medan sebagai tim akreditasi,
    sy mohon bantuan dkter mengenai penjelasan KRITERIA RISIKO AKIBAT DAMPAK RENOVASI ATAU PEKERJAAN PEMBANGUNAN RUMAH SAKIT (KEBIJAKAN, PEDOMAN, PANDUAN)..
    alamat email saya mediaaprina@gmail.com
    terimah kasih banyak atas perhatian dan bantuan dr taufik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Media, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. terimakasih dr. Taufik :)

      Hapus
  29. Selamat siang dokter.. Saya Margaret, bekrj di RS Royal Prima Medan sbg tim akreditasi.
    Saya mengalami kesulitan dlm pembuatan dokumen utk akreditasi KARS 2012.
    Kalau blh saya minta bantuan dokter utk mengirimkan dokumen tentang PPI terkait SPO/ Kebijakan dan Pedoman/ Panduan, khususnya:
    1. PANDUAN/ SPO TENTANG PEMAKAIAN ULANG (RE-USE) PERALATAN DAN MATERIAL
    2. PEDOMAN/ SPO PENGELOLAAN DARAH DAN KOMPONEN
    3. PEDOMAN PENANGANAN B3 DAN LIMBAH B3
    Alamat email saya: margaretmanik311@yahoo.com
    Terima ksh seblmnya dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Margaret, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  30. yth. dokter,
    kami sedang menyiapkan akreditasi versi 2012.
    kalau dokter berkenan, mohon dikirimkan ke alamat email saya dokumen2 kebijakan, pedoman, panduan, spo dan program yg terkait dengan PELAYANAN ANESTESI DAN BEDAH berikut contoh formatnya.
    alamat email saya : yantoarsi@yahoo.com
    RS saya adl RS kusus Bedah Aro tipe c pekalongan Jateng
    atas bantuan dokter saya sampaikan terima kasih

    Balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yanto, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  31. selamat pagi dr.Taufik
    saya Rizma dari RSU Kumala Siwi Kudus. saat ini kami sedang mempersiapkan akreditasi versi JCI 2012. saat ini saya tergabung dalam Tim Pokja HPK. jika dokter berkenan, mohon untuk dikirimkan referensi terkait panduan, pedoman, dan SPO HPK ke alamat email saya di riz_nimbus06@yahoo.com.
    atas bantuan dan perhatian dokter saya ucapkan terimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rizma, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas perhatian dr.taufik...
      bearti dari kebijakan-kebijakan yg dokter lampirkan dapat diambil sebagai dasar dalam pembuatan pedoman dan SPO nya ya dok?

      Hapus
    3. Betul, kadang-kadang tinggal copy paste saja. Namun, jika di kebijakan sudah sangat detail, tidak perlu lagi dibuat pedoman. Langsung saja SPO.

      Hapus
    4. baik dokter,.terimakasih sudah berbagi ilmu dan pengalamannya, sangat membantu sebagai langkah awal kami dalam mempersiapkan proses akreditasi, saya berharap dokter tidak keberatan jika kami lebih sering sharing dengan dokter.
      terimakasih.

      Hapus
  32. Dear dok,saya setyo nugroho Rumah sakit khusus bedah karima utama, mohon minta dokumen untuk akreditasi kars 2012 versi JCI.saya bagian dokumentasi pelayanan dan keselamatan pasien dok.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Setyo, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  33. EMAIL NYA setyo nugroho : tyoachmad@gmail.com

    BalasHapus
  34. Selamat sore dokter. Saya Margaret, bekrj di RS Royal Prima Medan. Kalau dokter tdk keberatan, saya blh minta bebrp dokumen ini dok? Saya mengalami kesulitan dlm penyusunan dokumennya. Dokumen yg saya perlu:
    1. Kebijakan Pelayanan Laboratorium
    2. Pedoman Penanganan dan Pembuangan Darah dan Komponen Darah Untuk Meminimalisasi Resiko Penularan (PPI 7.2. EP 2)
    3. Panduan dan SPO tentang Pengawasan Peralatan Kadaluarsa
    Alamat email saya: margaretmanik311@yahoo.com
    Terima ksh seblmnya dok.. Saya sgt terbantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Margaret, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  35. selamat sore dr taufik,
    sy Media dri RS Royal Prima..
    sblmnya terima kasih krna sudah berbagi ilmu mengenai dokumen kriteria resiko renovasi RS,
    pd kesempatan kali ini sy mohon bantuan dr. lagi mengenai dokumen akreditasi yaitu

    1.PANDUAN/PEDOMAN/KEBIJAKAN/SPO PERAWATAN PENYAKIT MENULAR DI RS

    2. DOKUMEN PADA KESIAPAN RS MENGHADAPI BENCANA (MFK 6), PENGAMANAN KEBAKARAN (MFK 7)

    sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak atas bantuan dr. Taufik :)
    alamat email sy mediaaprina@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Media, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  36. selamat pagi dr. TAUFIK yang baik hati. Saya Ruth dari RB. Bakti Timah, Kep.Riau. Saya tergabung dalam pokja MPO, banyak hal2 yang belum saya mengerti mengenai pembuatan dokumen, pedoman, panduan, dan SPO. Jika dokter berkenan, mohon kiranya dikirim contoh2nya dok. Terima kasih banyak ya dok... email saya: silalahi.ruth@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ruth, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, thanks.

      Hapus
  37. Selamat pagi dr. Taufik. saya Rutma, bekerja di RS Royal Prima Medan sbg tim akreditasi.
    Saya mengalami kesulitan dlm pembuatan dokumen utk akreditasi KARS 2012.
    Kalau blh saya minta bantuan dokter utk mengirimkan dokumen MPO tentang pedoman penyimpanan produk nutrisi, radioaktif dan obat sample.
    Alamat email saya : rutmauitapurba@yahoo.co.id
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ruth, pedoman penyimpanan secara umum sudah tercantum di dokumen yang saya kirim. Penyimpanan produk nutrisi jauh lebih mudah dibandingkan obat. Dan jika anda tidak menyimpan bahan radioaktif (tidak ada rumah sakit yang menyimpan produk radioaktif kecuali RS yg ada radioterapinya), anda tidak perlu membuat pedomannya. Obat sample disimpan dengan cara yang sama dengan obat regular. Jika di RS anda tidak ada obat sample, pedomannya pun tidak perlu dibuat. Terima kasih.

      Hapus
  38. Selamat pagi dr.Taufik, saya Eric bekerja di RKZ yang akan menghadapi akreditasi pada akhir tahun ini, kebetulan saya mengepalai bagian PPK(Pendidikan pasien dan keluarga).Apa saya bisa minta tolong diberi file dokumen,pedoman pembuatan SPO,dan lain2 yang berhubungan dengan PPK ke email saya: Nciks82@gmail.com..Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih dr Taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eric, sebelumnya mohon anda cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Maaf dok, saya dr Eric, SpPD saya di staff IPD dan saya bekerja di rs Panti waluya Sawahan (RKZ) malang. Saya mengepalai bagian PPK dan saya benar2 butuh bantuan karena saya tidak ada gambaran sama sekali.Banyak terimakasih

      Hapus
  39. Saya Listan
    Saya Bekerja RSIS Surakarta sedang menyiapkan akreditasi versi 2012.
    Mohon Bantuan Dokter kalau berkenan dikirimkan ke alamat email saya dokumen yg terkait dengan PELAYANAN ANESTESI DAN BEDAH dan contoh formatnya.
    alamat email saya : Listan88@yahoo.com
    atas bantuan dokter saya sampaikan banyak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Listan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  40. Siang dokter,
    Saya Ervina dari RS Royal Prima medan. Mohon bantuannya untuk memberikan contoh dokumen untuk K3RS serta dokumen lain terkait K3RS.
    Alamat email saya vin_booming@yahoo.co.id
    Terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ervina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  41. Dear dokter Taufik, saya dari RSB ASIH, Metro. Saat ini kami sedang mempersiapkan akreditasi versi 2012, banyak dokumen yang belum kami dapatkan. Mohon bantuannya dokter dapat mengirimkan contoh dokumen tentang APK terkait panduan dan SPO yang diperlukan. Berikut alamat email saya, novitazikra21@gmail.com
    terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Novita, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  42. dr. Taufik yang baik, istri saya bekerja di RS. BMC Bogor, kesulitan mencari dokumen-dokumen SPO yang berkaitan dengan Pelayanan Anastesi dan Bedah (PAB) pada Akreditasi RS versi 2012. Dok… mohon bantuannya, istri saya udah uring-uringan terus. Alamat email saya: hutagaolanthony@gmail.com. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anthony, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Semoga istri anda tidak uring-uringan lagi, terima kasih.

      Hapus
  43. Yth dr.Taufik
    Saya dr Yohana dari RSUD Prov Kepri.kami sedang menyiapkan akreditasi versi 2012.
    Kalau dokter berkenan,saya mohon dikirimkan contoh dokumen dalam pokja PP (panduan,kebijakan dan SPO).terima kasih sebelumnya dok.alamat email saya:
    rpurba_us@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Yohana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. selamat sore dr.Taufik...saya dwie dari RSUD Kepri yang kebetulan menjadi anggota pokja KPS. Mohon bantuannya untuk mengirimkan panduan SPO, Kebijakan serta formatnya yang harus disiapkan di pokja KPS. Demikian saya sampaikan atas informasi dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.

      Hapus
    3. Dear Dwi, sebelumnya mohon cantumkan alamat email anda, agar saya dapat mengirimkan apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
    4. pagi dr. taufik.... berikut alamat email dwisawalni@gmail.com,,atas bantuan dan informasinya saya ucapkan terima kasih

      Hapus
    5. Dear Dwi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  44. Selamat sore dr. Taufik
    Saya Meliya dari RS. Dr. Bratanata Jambi yang kebetulan menjadi anggota pokja MKI. Mohon bantuannya untuk mengirimkan panduan SPO, Kebijakan serta formatnya yang harus disiapkan di pokja MKI.
    Demikian saya sampaikan atas informasi dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    berikut alamat email melly.qory@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Meliya, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  45. Assalamualaikum dokter
    Saya ASRIL dari RS Sari Mulia Banjarmasin dibagian Pokja MKI, Bolehkah saya meminta contoh dokumen , SPO dan kebijakan yang harus disiapkan di Pokja MKI
    Terima kasih dokter
    Email saya asrilsm@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Asril, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  46. selamat malam dr. Taufik Santoso. Saya Abul a'la dari RSUD Jombang ingin meminta contoh dokumen akreditasi versi 2012 tentang kualifikasi dan pendidikan staf {SQE}
    abul_ala83@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Abul A'la, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  47. Selamat pagi dokter Taufik. Saya Margaret, dari RS. Royal Prima Medan. Saya tim akreditasi RS, tapi saat ini mengalami kesulitan dalam penyusunan Pedoman/ Panduan/ SPO Pelayanan Kamar Jenazah (PPI 7.2). Kalau dokter berkenan, mohon dokumen nya dikirim ke alamat emali saya: margaretmanik311@yahoo.com. Terima kasih sebelumnya dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Margaret, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  48. selamat malam dokter taufik, saya dari rsud kabupaten aceh timur yang tergabung dalam pokja mpo, mohon bantuan untuk diberikan contoh tentang pedoman pelayanan farmasi, beserta spo2 dan dokumen2 lain yang diperlukan dalam pokja ini..tks banyak dok atas bantuannya..email saya zarkasyimuda@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Zarkasy, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  49. Selamat pagi dokter, nama saya Lia dari RS Royal Prima medan.
    Dokter mohon bantuan mengenai :
    1) pedoman resmi audit maternal dan pedoman rawat gabung dari kementerian kesehatan.
    2) program monitoring manajemen resiko fasilitas/lingkungan rumah sakit
    Terimakasih banyak dok atas bantuannya. Email saya lia.fkm@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lia, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. selamat pagi dokter
      dokumen yang dokter kirim sudah saya terima, tapi untuk pedoman AMP hanya sampai daftar isi ya dok?
      saya kurang mengerti kalau hanya sampai disitu dok
      kiranya dokter bersedia untuk memberikan rincian isi pedoman AMP.
      terima kasih

      Hapus
    3. Dear Lia, dokumen referensi lain sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  50. siang dok. saya yuyun dari RSMM Bogor. rumah sakit kami sedang mempersiapkan akreditasi. saya kebagian poja APK 1.1.3 tentang penundaan pelayanan dan pengobatan. kalau boleh saya minta contoh SOP penundaan pelayanan dan pengobatan dok, soalnya belum ada di file akreditasi sebelumnya. email saya yuyunyusnifah@gmail.com. terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yuyun, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  51. Selamat pagi dokter, saya Merna dari RS. Soepraoen Malang. Saya mewakili Pokja VII Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK) yang kebetulan rumah sakit kami sedang proses melaksanakan akreditasi rumah sakit versi 2012. Mohon maaf sebelumnya dokter, kami mohon bantuan dokter berkenan untuk memberikan contoh dokumen2 yang diperlukan dalam pokja kami dan petunjuk apa yang harus dikerjakan oleh PPK. Untuk perhatian dan bantuannya kami ucapkan terimakasih. (Email saya merna.agustika@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Merna, tentu saja yang harus anda lakukan pertama kali adalah menguasai standarnya. Kemudian membuat dokumen yang diminta, membentuk tim PKRS, melakukan sosialisasi dan selanjutnya menerapkan standar. Contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Terima kasih.

      Hapus
    2. Terimakasih dokter, dokumen sudah saya terima. Segera kami pelajari.

      Hapus
  52. selamat malam dr. taufik santoso, saya vivi dari rsia kirana sidoarjo, rumah sakit kami sedang mempersiapkan akreditasi rumah sakit versi 2012. Saya mengalami kesulitan dokter dalam mengerjakan MPO. Mohon kiranya dokter, dpt membantu saya untuk memberikan dokumen beserta contohnya. atas bantuaannya saya ucapkan terima kasih.
    email saya : aptkirana@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Vivi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  53. slamt malam dr. taufik, saya didin dari RSUD pulang pisau, rumah sakit kami sedang mempersiapkan akreditasi rumah sakit versi 2012. saya mengalami kesulitan dalam mengerjakan KPS. mohon kiranya dokter dapat membntu saya untuk memberikan dokumen beserta contohnya.
    email saya : didin.kapos@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Didin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  54. selamat siang dr taufik saya widyastuti apoteker RS Mata AINI kami saat ini akan mempersiapkan akreditasi RS versi 2012, mohon bantuan untuk dokumen terkait manajemen obat di instalasi farmasi beserta contohnya.
    Mengingat ini pertama kali saya mengikuti akreditasi RS untuk instalasi farmasi besar harapan dr berkenan membantu saya. terima kasih. email saya : tiwit05@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Widyastuti, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  55. Selamat siang dr.Taufik saya Ryna dari Surakarta, saat ini kami sedang mempersiapkan akreditasi RS versi 2012. Mohon bantuan dok untuk dokumen/pedoman yang terkait pokja MDG's, KPS, dan MFK beserta contoh SPO di masing2 pokja tersebut dok. Trimakasi banyak atas bantuannya dok. Alamat email saya diaryna@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ryna, sebelumnya mohon cantumkan nama RS anda. Kemudian, sebaiknya anda tentukan bab mana yang akan anda minta untuk anda buat, dan selebihnya berikan ke orang lain. Anda tidak akan sanggup membuat dan melaksanakan lebih dari dua bab seorang diri. Terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih atas masukannya, dr. Taufik. Saya dari RSI Solo, mohon bantuannya untuk dokumen/pedoman/SPO terkait pokja KPS, untuk pokja yang lain, akan kami serahkan pada sejawat yang lain.

      Hapus
    3. Dear Ryna, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  56. Selamat malam dr. taufik, saya farid dari RSUD kuala kurun yang tergabung dalam pokja KPS. rumah sakit kami sedang mempersiapkan akrerditasi rumah sakit versi 2012, mohon bantuan dokter untuk mengirimkan contoh dokumen tentang KPS terkait panduan dan mohon bantuan untuk diberikan contoh tentang pedoman KPS beserta SPO dan dokumen2 lain yang diperlukan dalam pokja ini..... Tks bnyak atas bantuannya.
    email saya : faresty91@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Farid, kelihatannya anda menggunakan akun orang lain untuk berkomentar. Silahkan gunakan akun anda sendiri, terima kasih.

      Hapus
  57. Slamt pagi dokter... mohon maaf sebelumnya karena kmren saya blum punya akun....
    saya farid dari RSUD kuala kurun yang tergabung dalam pokja KPS. rumah sakit kami sedang mempersiapkan akrerditasi rumah sakit versi 2012, mohon bantuan dokter untuk mengirimkan contoh dokumen tentang KPS terkait panduan dan mohon bantuan untuk diberikan contoh tentang pedoman KPS beserta SPO dan dokumen2 lain yang diperlukan dalam pokja ini..... Tks bnyak atas bantuannya.
    email saya : muchfarid18@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Farid, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  58. Selamat pagi, dr. Taufik, saya dr. Fikri dari RS Yarsis, kami sedang mempersiapkan akreditasi RS versi 2012, mohon bantuan dr. Taufik terkait dokumen/pedoman/SPO pokja MFK. Terima kasih banyak. Alamat email saya artatifikri@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Fikri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  59. Pagi, dr. Taufik Santoso, saya dr. Sari dari RS Islam Surakarta, saya mengampu pokja MDG's pada persiapan akreditasi rumah sakit versi 2012, mohon bimbingan penyusunan pedoman maupun SPO pada pokja tersebut. Email saya fsarithamrin@gmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Sari, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  60. selamat pagi dr. Taufik, saya Lia dari RS Royal Prima, saya ingin bertanya dokter, apakah setiap rumah sakit swasta yang memberlakukan RSSIB harus memiliki Tim AMP sendiri?
    atau kah Tim AMP hanya ada di rumah sakit pemerintah?.
    Terima kasih Dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lia, standar akreditasi RS 2012 tidak meminta AMP, terima kasih.

      Hapus
  61. selamat siang dr. Taufik,
    saya Media dari RS Royal Prima..
    mohon bantuan nya dokter untuk telusur PMKP standar PMKP 11 (Program Manajemen Resiko)..
    email saya mediaaprina@gmail.com
    terima kasih atas bantuan dan perhatian nya dr :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Media, sebaiknya anda fokus pada bab MFK yang sudah anda buat sebelumnya. MFK ruang lingkupnya sangat luas, begitu juga PMKP. Anda tak akan sanggup menangani kedua bab itu seorang diri, Silahkan berikan bab tersebut ke teman anda, terima kasih.

      Hapus
  62. Dear dokter Taufik Santoso.. mohon bantuannya utk AP 5 saya blm paham tolong dikirim ke email saya inayatizainuddin@gmail.com atas bantuannya saya ucapkan terimakasih

    Best regard

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Inayati, sebelumnya mohon cantumkan anama RS anda dan posisi anda. Dan sebaiknya anda adalah orang yang bekerja di lab, karena AP 5 mengatur standar lab. Terima kasih.

      Hapus
  63. Yth dr.Taufik
    Saya dr Dea dari RS Syafira Pekanbaru. kami sedang menyiapkan akreditasi versi 2012.
    Kalau dokter berkenan,saya mohon dikirimkan contoh dokumen dalam pokja PP (panduan,kebijakan dan SPO).terima kasih sebelumnya dok.alamat email saya:
    deamfitry@gmail.com
    terima kasih banyak atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Dea, contoh dokumen yang anda minta sudah dkirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. dear dr. Taufik
      saya sudah membaca semua dokumen yg dokter kirimkan. sebelumnya dokter sudah mengirimkan kebijakan untuk pp.1, tetapi saya masih bingung dalam pembuatan prosedurnya, saya juga sudah bertanya kepada teman2 saya dan mereka juga tidak begitu mengerti. kalau dokter berkenan , mohon dikirimkn contoh dokumen prosedur pp.1 dan pp.2
      terima kasih sebelumnya dok.
      alamat email saya : deamfitry@gmail.com

      Hapus
    3. Dear dr. Dea, sebaiknya anda membaca dulu posting saya yang berjudul "Persiapan Aakreditasi RS 2012" di link ini: http://lean-indonesia.blogspot.com/2012/07/persiapan-akreditasi-rumah-sakit-2012.html. Selanjutnya baru kita berdiskusi tentang detail judul dokumen apa saja yang diperlukan, terima kasih.

      Hapus
  64. Selamat Pagi pak....saya dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh, Kami sudah mengikuti pelatihan Akreditasi RS Baru...Kami mohon bantuan bapak untuk mengirimkan contoh Dokumen, Kebijakan, SPO KPS.alamat email kami : diklat.rsia@ymail.com

    Terimakasih sebelum nya dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sopi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  65. dear dr taufik yg terhormat sya dr RSPB purwodadi jateng. kami sedang menyiapkan akreditasi. sya mohon dikirimkan contoh dokumentasi pokja PPI (panduan, kebijakan & SPO)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sedari, tampaknya alamat email anda salah ketik. Silahkan perbaiki atau cantumkan email lain, terima kasih.

      Hapus
  66. kalo berkenan mohon kirim contoh dokuimen ke email sy, ekos_12L @yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sedari, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  67. dear dr Taufik,
    sy dr Hafni dari RS Pertamedika Sentul City Bogor..mohon kiranya bapak berkenan mengirimkan contoh dokumen atau form form yang wajib dimiliki untuk Akreditasi versi 2012 / JCI. trm ksih. alamat email > dr.hafni@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Hafni, silahkan pilih salah satu bab yang ingin dikuasai, terima kasih.

      Hapus
  68. dear dr. taufik,
    saya amir dari rsi unisma. sehubungan dengan akreditasi rumah sakit.. mohon kiranya bpk berkenan mengirimkan contoh spo, panduan, pedoman SKP I tentang indentifikasi pasien... terimakasih. alamat email>ahmad.fais10@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Amir, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk selanjutnya, silahkan anda menggunakan akun anda sendiri untuk berkomentar. Terima kasih.

      Hapus
  69. selamat pagi dok, saya dokter di RS Sanjiwani Gianyar, sedang bimbingan akreditasi KARS 2012, kebetulan dapat bagian di standar 8 PPI mengenai isolasi, berhubung sebelumnya saya tidak pernah atau masih awam mengenai masalah akreditasi RS, mohon bantuannya mengenai contoh dokumen2 yang terkait di isolasi...btk coll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Kade, sebelumnya mohon cantumkan alamat email anda, agar saya dapat mengirimkan contoh dokumennya, terima kasih.

      Hapus
  70. mlm dok...saya jingga dari cirebon. mohon bantuannya dalam pembuatan sop dan kebijakan maupun panduan yang ada di pokja MKI...tlg berikan contohnya dan apa yang hrs sy siapkan dlm pokja sy tsb. tksh. alamat email saya . icksan.nugroho@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jingga, sebelumnya silahkan cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  71. Selamat sore dok, Saya H.JUBNI ketua pokja 1 Akreditasi RSUD Kabupaten Sarolangun, kami masih dalam proses penyusunan dokumen akreditasi persi 2012,, kami mohon bantuan bapak untuk mengirim dokumen SKP, HPK, PPK, dan PMKP ke email kami = m.jubni@yahoo.com. atas bantuan bapak kami ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Jubni, sebelumnya silahkan anda tentukan satu saja bab (SKP/HPK/PPK/PMKP) yang ingin anda kuasai, dan selebihnya serahkan ke orang lain di RS anda, terima kasih.

      Hapus
  72. Selamat malam dokter Taufik, saya dr Eric dari RS Panti Waluya Malang..apa saya bisa minta data dan dokumen untuk pokja P3K (pendidikan pasien dan keluarga)..mohon diemailkan ke nciks82@gmail.com atau nciks_82@yahoo.com.banyak terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Eric, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Terimakasih dr Taufik..apa dokter ada dokumen lain mengenai PPK ya? Sebab saya benar2 bingung untuk memulai darimana..kan seperti yg anda tulis bahwa yg paling masuk akal adalah mengetahui dokumen di tempat lain dulu dan kemudian disesuaikan di RS tempat kita sendiri.

      Hapus
    3. Dear dr. Eric, tak perlu bingung. Yang harus anda lakukan pertama kali adalah menguasai standar PPK. Bukti bahwa anda telah menguasai adalah anda tahu apa yang harus dilakukan, bukan sekedar mengumpulkan dokumen. Untuk membantu anda, silahkan anda baca posting saya dengan judul 'Persiapan akreditasi RS 2012' (lihat daftar isi). Disitu dijelaskan langkah-langkah yang harus anda lakukan, termasuk dokumen. Jika sudah baca, anda akan tahu dokumen apa saja yang diperlukan. Dan jika anda perlu contoh dokumen, silahkan cantumkan secara spesifik judul dokumennya, yang menunjukkan anda telah memahami standar. Tujuan saya disini adalah membantu anda dalam akreditasi, bukan sekedar memberi contoh dokumen, terima kasih.

      Hapus
  73. Selamat siang dokter, saya puspa dari RS St Elisabeth Lela NTT. Bolehkah saya minta bantuan contoh dokumen akreditasi untuk pokja HPK? Email saya pusparia28@yahoo.com. terima kasih banyak sebelumnya , dokter Taufik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Puspa, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Selanjutnya sebaiknya anda menggunakan akun anda sendiri untuk berkomentar, terima kasih

      Hapus
  74. dear dr.Taufik,saya nurlianna.dari RSUD Kota Bandung....saat ini kami sedang mempersiapkan akreditasi.....bisakah saya memohon bantuan untuk contoh dokumen,kebijakan dan sop untuk pokja III Asesemen pasien......?email saya snurlianna@gmail.com.Terima kasih banyak ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurlianna, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  75. selamat pagi dok,, ini m.jubni dari RSUD sarolangun, rsud kami dalam proses persiapan akreditasi, bisakah kami mohon bantuan untuk contoh dokumen HPK, email saya m.jubni@yahoo.com terimakasih banyak sebelumnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Jubni, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. terimakasih dok atas bantuannya...

      salam... m.jubni

      Hapus
  76. dear dr.taupik,,, saya RIKI INDRAWANDI dari RSUD Prof.DR.H.M.Chatib Quzwain,, bolehkah saya minta bantuan untuk dokumen akreditasi tentang dokumen "TKP" email saya riki.indrawandi@yahoo.com atas bantuannya dok,, terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Riki, silahkan anda cantumkan secara detail dokumen apa yang anda minta. Jika anda perlu hospital bylaws atau medical staff bylaws, banyak sekali contohnya yang dapat anda peroleh lewat browsing internet. Terima kasih.

      Hapus
  77. siang dok... ini Sulistyo Rini dari jambi, saya sangat memerlukan dokumen "PPI" untuk penyusunan dokumen akreditasi rumah sakit,, bisakah bpk mengirim dokumen tersebut,, email saya sulistyorini_amk@yahoo.com atas perhatiannya terimakasih banyak.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rini, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. saya kasi penunjang medik di Rumah Sakit Umum Daerah Sarolangun-jambi dok,, kami sedang dalam penyusunan dokumen akreditasi, mohon bantuannya dok, terimakasih...

      Hapus
    3. Dear Rini, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  78. siang dok,, saya dr.Bambang Hermanto, M.Kes,, saya perlu bantuan untuk dokumen akreditasi rumah sakit,, bisakah dok untuk mengirim dokumen sasaran keselamatan pasien (SKP), email kami rsud_sarolangun@yahoo.com terima kasih banyak dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Bambang, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk selanjutnya, silahkan anda gunakan akun email anda sendiri untuk berkorespondensi dengan saya, terima kasih.

      Hapus
  79. dear dr.taupik.. saya Nizar dari RSUD kabupaten sarolangun,, saya selaku tim didalam persiapan akreditasi rumah sakit,, saya minta bantuannya dok, bisakah untuk mengirim contoh dokumen Peingkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), email saya ryan_ceren@yahoo.co.id atas bantuannya terimakasih ya dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf dok mohon bantuannya email saya : nizarbedah@yahoo.com terimakasih...

      Hapus
    2. Dear Nizar, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  80. siang dok,, ini ANDI YUSMAN dari Rumah Sakit Prof.DR.H.M.Chatib Quzwain,, saat ini kami sedang mempersiapkan dokumen akreditasi, bisakah saya memohon bantuan untuk contoh dokumen Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), email saya Andi_yusman@yahoo.com atas perhatiannya terimakasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Andi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Dear Andi, sepertinya alamat email anda bermasalah. Email yang saya kirim gagal sampai alamat email anda. Silahkan cek alamat email anda atau ganti dengan yang lain, terima kasih.

      Hapus
    3. maaf dok ini email kami,, yusman.andi@yahoo.com atas bantuanya terimakasih banyak dok...

      Hapus
    4. Dear Andi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  81. dear dr.taupik.... siang dok,, saya Sep Hurmuddin kasubag perencanaan RSUD Sarolangun,, saya sebagai tim persiapan akreditasi RSUD Sarolangun pokja Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), mohon bantuan dokumennya dok, emailnya rsud_sarolangun@yahoo.com atas bantuannya terimakasih banyak dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sep, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk selanjutnya, silahkan anda gunakan akun email anda sendiri untuk berkorespondensi dengan saya, terima kasih.

      Hapus
  82. slmat pgi dok,, saya susi nila sari dari RSUD Prof.DR.H.M.Chatib Quzwain,, kami sangat membutuhkan contoh dokumen untuk persiapan akreditasi rumah sakit, bisakah dok untuk membantu kami mengirim contoh dokumen kebijakan dan SOP Asesemen Pasien (AP)...., email saya susi.sari39@yahoo.com terimakasih banyak ya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Susi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  83. malam dok , saya nurindra dari bagian keperawatan RSUD Balun Ijuk, Merawang-Bangka. Saya salah satu tim akreditasi bab APK (akses pelayanan & kontinuitas Pelayanan), bila berkenan saya boleh dikirim cth2 dokumen berkaitan bab tersebut, makasi dok sebelumnya

    email : gmbel.necis@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurindra, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  84. Ass,,Dear dokter taufik..saya sofy dari RSUD gorontalo,saya salah satu tim akreditasi pada pokja Manajemen Komunikasi Informasi,jika berkenan saya mohon dikirim contoh dokumen dan SPO yang berkenaan dengan bab tersebut,makasih sebelumnya ya dokter,email saya sofiantitalibo@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Sofi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  85. Ass..Dok, saya Besse Nur dari RSUD Barabai Kalsel, saya tergabung dalam tim akreditasi pada pokja HPK, jika dokter berkenan mohon dikirimkan dokumen dan contoh SPO nya dok, makasih sebelumnya, email saya : danishmukhtar7822@gmail.com

    BalasHapus