Rabu, 11 Juli 2012

Dokumen - Dokumen yang Diminta oleh JCI

JCI dalam standardnya mensyaratkan tersedianya dokumen-dokumen tertulis. Dalam beberapa hal, dokumen tersebut diminta dalam bentuk kebijakan dan prosedur.  Dalam keadaan lain, dokumen diminta dalam bentuk yang tidak terlalu formal tetapi tetap menjelaskan hal yang diidentifikasi di standard.

Tabel daftar dokumen yang diminta JCI tersebut dapat anda lihat dan unduh di sini.

Jenis dokumen yang disyaratkan dijelaskan dalam kolom “Jenis Dokumentasi” pada tabel. Dalam banyak keadaan, sejumlah persyaratan dalam standard atau measurable elements dapat digabungkan ke dalam satu kebijakan dan prosedur.  Rumah sakit mungkin lebih baik mengelompokkan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang berhubungan dalam kelompok - kelompok tertentu.  Contoh, banyak persyaratan asesmen pasien saling berhubungan dan dapat dimuat dalam satu kebijakan (AOP.1 & AOP.1.1). Begitu juga dengan kebijakan-kebijakan lain.

Dokumen-dokumen tersebut dapat digabungkan menjadi satu dalam bentuk satu buku, atau dapat juga dikelompokkan berdasarkan nomor standard dan ditempatkan sesuai urutannya untuk memudahkan pencarian.

Beberapa dokumen diperlukan dalam bahasa Inggris, dan diberi tanda silang pada kolom “bahasa Inggris”  di tabel.  Perlu diperhatikan, hanya yang diberi tanda silang pada kolom “bahasa Inggris” yang perlu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.  Sehingga, dalam prakteknya, jika dalam satu kebijakan tidak seluruh isinya diminta diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, maka kita cukup menyisipkan terjemahan bahasa Ingris di bawah bagian yang diminta untuk diterjemahkan.  Sedangkan selebihnya tidak perlu.  Jadi, kita tidak perlu menterjemahkan satu kebijakan utuh ke dalam bahasa Inggris (kecuali, tentu saja, jika seluruh isi kebijakan tersebut diminta dalam bahasa Inggris oleh standard). Contoh: AOP.6.2, GLD.1.

Nomor halaman pada tabel merujuk pada halaman buku the Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals, Fourth Edition.

Catatan: Rumah sakit harus merujuk ke panduan tinjauan dokumen di buku JCIA Hospital Survey Process Guide - Version 2 untuk anjuran terperinci tentang penyajian dokumen bagi surveyor.

Sumber: JCIA Hospital Survey Process Guide - Version 2

227 komentar:

  1. selamat sore dokter,terima kasih ini sangAT MEMBANTU saya sebagai salah 1 tim akredsitasi di rmh sakit saya,dokter saya bolh mnta tolong minta contoh kebijakan dan prosedur, dokumen yg di mntai jci dan juga contoh spo di pelayanan bedah,terimakaih dokter.ini fb saya dokter alanbernardputra@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah berkunjung dan berkomentar. Contoh kebijakan dan prosedur sudah dikirim ke alamat email anda.

      Hapus
    2. Sayang sekali, laporan dari gmail menunjukkan bahwa account email anda alanbernardputra@yahoo.co.id disabled. Silahkan kirim alamat email anda yang lain, terima kasih.

      Hapus
  2. Siang dokter , informasinya sangat membantu.
    Mohon bantuan minta contoh kebijakan, prosedur dan program dari QPS..terimakasih..email dk_terangdr@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh dokumen QPS sudah dikirim ke alamat email anda. Agar komunikasi berjalan lebih baik, mohon perkenalkan identitas dan organisasi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. assalamu alaikum dok.saya faisal dari RS Bantaeng Sul sel.terimah kasih dok postingan anda cukup membantu..dok mohon bantuan nya untuk contoh dokument dan regulasi di PMKP elemen 3,4 dan 5.mohon bantuan nya dok..ini alamat email saya ichalRSPAMB@gmail.com

      Hapus
    3. Wa'alaikum salam Faisal, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  3. Saya seorang peneliti dan membutuhkan referensi terkait dengan standar2 yang diterapkan oleh JCI dan kaitannya dengan ISO 9001:2008. Jika tidak keberatan, mohon bantuan dari Dokter Taufik untuk memberikan contoh pedoman, kebijakan, protocol atau prosedur yang disyaratkan oleh JCI. berikut alamat email saya: hopeyucup@gmail.com atau quincy4p@yahoo.co.id

    Terima kasih banyak untuk bantuan dokter.
    Best regards

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Contoh yang lebih banyak dapat anda akses di posting saya dengan judul "Contoh Dokumen Akreditasi RS 2012 / JCI". Terima kasih.

      Hapus
  4. selamat malam dok, saya fuad- Lumajang jawatimur seorang karyawan RS sedang membutuhkan dokumen2 SKP ( Sasaran Keselamatan Pasien ) secara lengkap mulai dari kebijakan, panduan , dokumen. kalau ada mhon dikirim ke alamat email ini fhuad28@yahoo.co.id saya tunggu kabar baiknya terimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fuad,

      Contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Anda tidak perlu bingung dengan sistimatika dokumen. Kebijakan / pedoman / panduan itu berada dalam satu level. Jika anda punya salah satu misalnya panduan, anda tak perlu lagi repot-repot membuat pedoman, dll. SPO dibuat berdasarkan panduan / pedoman / kebijakan yang ada. Karena tujuan SPO adalah bagaimana "membumikan" kebijakan / panduan / pedoman menjadi pekerjaan yang dilakukan dengan terstandar, terima kasih.

      Hapus
  5. Selamat pagi dok, saya Eva dari salah satu rumah sakit di Medan. mau minta tolong dikirimkan contoh beda dokumen antara pedoman dan panduna dan kebijakan. Saya pokja SQA 7,8. Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eva, tak perlu dirisaukan perihal kebijakan, pedoman, atau panduan. Jika anda sudah punya salah satu, anda tinggal membuat SPO nya sebagai penjabaran detailnya ketika dilaksanakan. Namun, jika anda memerlukan contoh, silahkan kirimkan alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  6. selamat pagi dok, saya vidy dri solo membutuhkan dokumen2 SKP ( Sasaran Keselamatan Pasien ) juga untuk akreditasi rs secara lengkap mulai dari kebijakan, panduan , dokumen. kalau ada mhon dikirim ke alamat email ini vidydyah@rocketmail.com terimash untk perhatian nya. ini gratis kan dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dyah, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Jangan khawatir, free of charge. Terima kasih.

      Hapus
  7. doc saya sudah baca email nya. tp saya balas email docter mohon di baca thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok Dyah, sudah saya balas, thanks.

      Hapus
  8. dokter, saya dr. Hasyim dari RSUD Kraton Pekalongan, bila tidak keberatan mohon diberikan contoh Kebijakan, Pedoman, Panduan, Program dan SPO untuk persiapan akreditasi KARS dan JCI, lewat email : hasyim_ars@yahoo.com
    Terima kasih atas bantuannya dokter...

    BalasHapus
  9. Dear dr. Hasyim, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, thanks.

    BalasHapus
  10. Dokter terimakasih informasi yang diberikan sangat membantu. Dok RS kami memerlukan contoh dokumen pelaksanaan manajemen risiko dan ICRA, kalau berkenan mengirimkan ke rsik_drhajar@yahoo.com kami sangat berterimakasih. (dr Hajar, Ka Akreditasi RSI Klaten)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Hajar, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  11. Met sore Dok,sy wenni dari RSAL ,kalau berkenan sy mau minta contoh SPO,Kebijakan,dan prosedur ttg asesmen pasien dari akreditasi fersi 2012,sebelumnya terimakasih Dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met sore Dok,sy wenni dari RSAL ,kalau berkenan sy mau minta contoh SPO,Kebijakan,dan prosedur ttg asesmen pasien dari akreditasi fersi 2012,untuk contoh dikirim kealamat email wennys.maniez@yahoo.co.id,tks sebelumnya Dok

      Hapus
    2. Dear Wenni, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, thanks.

      Hapus
  12. Dear Dr Taufik Santoso

    saya Dartono, saat ini saya bekerja di RS swasta dijakarta yang sedang mempersiapkan Akreditasi,

    saya di bagian pemasaran dan bertugas mempersiapkan dokumen akreditasi, tapi saya masih bingung untuk membuat dokumen pedoman dan panduan, dan program
    Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen panduan,

    Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter
    ini email saya Dok dartono@iskystudio.com atau blackrose_id@rocketmail.com

    BalasHapus
  13. Dear Dartono, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, thanks.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Dear Dr Taufik Santoso

    Twerimakasih untuk Bantuan Dr Taufik, email sudah kami terima dan sangat membantu. untuk pembuatan panduan kami.

    untuk dokumen pedoman kami sebenarnya sudah membuatnya tapi ternyata ketika dikoreksi pembimbing, masih banyak kekurangan karena pedoman yang kami buat terlalu umum, jika Dokter berkenan kami minta untuk di kirimkan dokumen pedoman untuk akreditasi.

    Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter
    ini email saya Dok dartono@iskystudio.com atau blackrose_id@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dartono,

      Contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Sebenarnya sangat mudah membuat dokumen. Pastikan saja seluruh elemen penilaian yang diminta oleh standar sudah tercakup dalam dokumen anda. Tentu saja disertai penjelasan teknis bagaimana hal itu dikerjakan di tempat anda. Terima kasih.

      Hapus
  16. Assalaamu'alaikum....

    Maaf Dr Taufik Santoso

    saya Agus Nur A, saat ini saya bekerja di RS swasta di Malang Jatim yang sedang mempersiapkan Akreditasi,


    Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen yang terkait dg HPK (Kebijakan, Pedoman, panduan,dan SPO)

    Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter
    ini email saya nurarbai@yahoo..com atau nur.arbai@gmail.com

    Wassalaamu'alaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Pak Agus, contoh dokumen yang anda minta sudah saya kirim ke alamat email anda. Untuk kelancaran komunikasi selanjutnya, mohon sebutkan nama organisasi dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  17. Mila Gunawan9/03/2013 10:20 PM

    Dear dr.Taufik Santoso
    saya Mila, bekerja di RS swasta di Padang yg sekarang sedang mempersiapkan akreditasi. Saya diberi tugas untuk mengkoordinir bagian Pencegahan Pengendalian Infeksi. Untuk beberapa dokumen sudah beres, tapi saya terhambat di Risk assesment (PPI 6 ep 4, PPI 7.1-7.5) Bila, dokter berkenan, saya minta dikirimkan contoh Risk assesment unit PPI. Terima kasih banyak atas bantuannya dok.. email saya milagunawan07@yahoo.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mila, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk kelancaran komunikasi selanjutnya, mohon sebutkan nama organisasi dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Mila Gunawan9/05/2013 8:12 PM

      Terima kasih dokter Taufik, contoh dokumennya sudah masuk ke email saya=) saya dokter di RS Yos Sudarso, posisi skrg sebagai Ketua Tim PPI dan Manajer PMKP. Blog dokter benar-benar sangat membantu =)

      Hapus
    3. Dear dr. Mila, senang dapat membantu anda. Terima kasih.

      Hapus
    4. Mila Gunawan9/09/2013 7:30 PM

      Dear dr.Taufik, maaf sebelumnya.. apabila tidak keberatan, saya minta tolong dikirimkan lagi contoh pedoman, kebijakan, dan program PMKP RS. Terima kasih dok..=)

      Hapus
    5. Dear dr. Mila, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    6. Mila Gunawan9/10/2013 7:57 PM

      Terima kasih dr.Taufik =)

      Hapus
  18. dr Moch Dwikoryanto SpBS9/05/2013 10:25 AM

    Assww dr Taufik Santoso yang baik,

    saya sangat terbantu dengan blog dokter yang sangat bagus,
    senang sekali bila saya bisa mendapatkan dokumen terkait dg akreditasi rumah sakit 2012 yang bisa di print,
    salut dan terimakasih banyak atas dedikasi dokter

    salam saya
    dr Moch Dwikoryanto SpBS
    Wadir Pelayanan RSD dr Soebandi, Jember, Jawa Timur
    email: dwi_ns@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam dr. Dwi. Mohon disebutkan secara spesifik dokumen apa saja yang dr. butuhkan. Agar saya dapat membantu menyiapkan contoh-contohnya, terima kasih.

      Hapus
  19. mario vianney9/16/2013 7:17 PM

    Yth dt Taufik Santoso,

    saya Mario, bekerja di sebuah rumah sakit swasta di semarang.

    mohon, apabila dokter berkenan, saya minta tolong untuk dikirimkan dokumen mengenai pokja assesmen pasien (AP) dan MDGs ke alamar email saya : dr.mario.vianney@gmail.com

    terimakasih sebelumnya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Mario, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk kelancaran komunikasi selanjutnya, mohon sebutkan nama organisasi tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  20. Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen (Kebijakan, Pedoman, panduan,dan SPO) yang terkait dg KPS (Kualifikasi Pendidikan Staf) Elemen penilaian 9 - 12, Terima kasih banyak atas bantuan dokter, email saya : augustin29yani@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Augustn, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk kelancaran informasi selanjutnya, mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
    2. Sebelumnya saya sampaikan terima kasih banyak, dok. buat dokumen yang sdh dikirimkan. Saat ini saya bekerja di RS Bedah Surabaya, sebagai penanggung jawab sekretariat Komite Mediknya.sekali lagi terima kasih banyak, dokter Taufik.

      Hapus
  21. Assw..ijin dokter,sy dr.Adhita dr RS Bhayangkara di wilayah Jatim.mendapat tugas akreditasi utk pokja 3 mengenai asesmen pasien (AP)/AOP.jika dokter berkenan mohon utk dikirimkan contoh dokumen yg terkait AP dok,krn sy kesulitan dlm pengerjaan.mohon bantuannya dok.alamat email sy: dyta.dwi26@gmail.com terimakasih banyak dok,sy tunggu kabar baiknya.wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam dr. Adhita, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Terima kasih.

      Hapus
  22. Nanda Kusuma9/29/2013 1:09 PM

    assw dok,sy Nanda, staf RS Bhayangkara Bondowoso,mohon utk dikirimkan contoh dokumen atau kebijakan akreditasi rumkit yg menyangkut Peningkatan komunikasi efektif dan PPI (pencegahan dan penanggulangan infeksi).alamat email sy: ndazbi@gmail.com.terimakasih banyak dokter.wass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Nanda, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, thanks.

      Hapus
  23. selamat malam dokter Taufik,
    saya Susy, bekerja di Rumah Sakit St. Elisabeth Semarang. Saat ini kami sedang mempersiapkan akreditasi sesuai standar JCI. ada beberapa dokumen yang saya belum dapat yaitu: Panduan, assesment dan SPO pasien infeksi atau penyakit menular dan Panduan, assesment dan SPO pasien dengan penyalahgunaan obat dan alkohol. Apabila dokter memiliki contoh dari dokumen tersebut diatas dan berkenan, mohon dikirimkan ke alamat email saya di susy.ariyanie@yahoo.com
    terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Susy, contoh dokumen telah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  24. Selamat malam dok...., saya dr. Desi dari RS. Natar Lampung, baru membuat tim akreditasi di rmh skt. Bolehkah saya mendapat contoh pedoman, kebijakan, protocol atau prosedur yang disyaratkan oleh JCI. berikut alamat email saya: ulirias@yahoo.co.id
    Thanks atas kebaikannya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Desi, contoh dokumen sudah dikirim ke alamat email anda. Anda juga dapat melihat contoh dokumen lain dengan membaca posting saya di blog ini dengan judul "Contoh Dokumen Akreditasi 2012 / JCI". Terima kasih.

      Hapus
  25. Assalaamu'alaikum....

    Maaf Dr Taufik Santoso

    saya Amelia , saat ini saya bekerja di RS swasta di surabaya Jatim yang sedang mempersiapkan Akreditasi,


    Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen yang terkait dg PMKP (Kebijakan, Pedoman, panduan,dan SPO)

    Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter
    ini email saya amilliak@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Amelia. Sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  26. Assalaamu'alaikum....

    Maaf Dr Taufik Santoso

    saya Amelia , saat ini saya bekerja di RS Husada Utama surabaya Jatim yang sedang mempersiapkan Akreditasi, saya masuk dalam sekretaris pokja 4 ( PMKP )


    Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen yang terkait dg PMKP (Kebijakan, Pedoman, panduan,dan SPO)

    Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter
    ini email saya amilliak@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Amelia, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  27. pagi dr. Taufik. Saya bekerja di Komdik, salah satu RS pemerintah di Lamongan. Saya ada di POKJA APK. Mohon jika dokter berkenan saya minta dikirimkan contoh dokumen kebijakan dan panduan terkait POKJA APK.
    Terima kasih atas bantuannya.
    email : rice.nurhayati@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anang, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. siang dokter, terima kasih atas bantuan dokumennya sebagai referensi penyusunan pokja saya.
      semoga dokter tidak bosan jika saya sering konsul terkait akreditasi.
      sekali lagi terima kasih atas bantuannya.

      Hapus
    3. Dokter Taufiq yang baik; terima kasih untuk postingan tentang akreditasi di blog dokter. Saya Rihi Here Wila mohon bantuan contoh-contoh kebijakan/pedoman/panduan/sop yang berhubungan untuk POKJA APK lebih khusus tentang Etika RS. Terima kasih.

      Hapus
    4. Dear Rihi, sebelumnya mohon cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    5. Maaf dok, saya dari Komite Etik RS Baptis Kediri. Terima kasih.

      Hapus
  28. dear dokter ,nama saya nyoman saya bekerja di RS Prima DEnpasar Saya ada di POkJa HPK mohon sudikiranya memberikan contoh dokument yang mestinya saya siapkan panduan atau pedoman yang dimaksud di pokja HPK
    terima kasih atas bantuan
    Email: nyomangedeartaya@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Nyoman, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  29. Dear Dr. Taufik, saya dr. Ruth dari RSUD Dr. Soegiri.
    Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen sebagai referensi yang terkait dg APK (Kebijakan, Pedoman, panduan,dan SPO).
    terima kasih atas bantuannya.
    email : ruth.mindo@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Ruth, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  30. Siang dokter , informasinya sangat membantu.
    Mohon bantuan minta contoh kebijakan, prosedur dan program dari QPS..terimakasih..email amilliak@yahoo.co.id

    BalasHapus
  31. Dear Amelia, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

    BalasHapus
  32. Selamat malam dr Taufik, saya dr Eddy dari RS Kasih Ibu Solo
    Mohon sekiranya dokter berkenan, saya dikirimi contoh dokumen sebagai referensi yang terkait dengan AP (pedoman, panduan, kebijakan dan SPO)
    Terima kasih
    email : eddyburhan.eb@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Eddy, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email ada, terima kasih

      Hapus
  33. Selamat malam dokter. Saya Yeni dari salah satu RS swasta di Blitar. Jika boleh saya minta contoh dokumen akreditasi RS untuk Pokja PP (kebijakan, panduan, SPO, dan pedoman) Email saya yenisunny@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yeni, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih

      Hapus
    2. Saya bekerja di RS Ibu dan Anak Aminah Blitar. Saya bekerja di bagian rekam medis pendaftaran pasien. Dan untuk akreditasi rumah sakit saya masuk dalam Pokja Pelayanan Pasien (PP). Terima kasih

      Hapus
    3. Dear Yeni, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. Contoh dokumennya sudah saya terima. Terima kasih banyak Dokter.

      Hapus
  34. Selamat pagi,
    kami dari RSUD Sleman. jika berkenan dapatkah kami meminta contoh dari POKJA GLD (kebijakan Tata Kelola RS dll )?
    mohon dikirmkan ke alamat rsudsleman@gmail.com
    kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear RSUD Sleman, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Banyak sekali sumber lain yang dapat anda peroleh lewat internet, terima kasih.

      Hapus
    2. terima kasih atas informasinya dan sudah kami terima, hal ini sangat bermanfaat bagi kami untuk persiapan KARS JCI

      semoga sukses..

      Hapus
  35. Selamat Siang dok, saya Dedi Batu Malang jawatimur seorang karyawan RS sedang membutuhkan dokumen2 SKP ( Sasaran Keselamatan Pasien ) secara lengkap mulai dari kebijakan, panduan , dokumen. kalau ada mhon dikirim ke alamat email ini dediartha@gmail.com saya tunggu kabar baiknya terimaksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dedi, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  36. assalamualaikum dok, saya Setyo Nugroho seorang karyawan RS sedang membutuhkan dokumen2 standar pelayanan dan keselamatan pasien secara lengkap mulai dari kebijakan, panduan , dokumen dll. kalau ada mhon dikirim ke alamat email ini tyoachmad@gmail.com saya tunggu kabar baiknya terimaksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Setyo, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  37. Kepada Yth
    Bapak Taufik Santoso

    Saya dari RS. Akademis Jaury Jusuf Putera Makassar, salah satu Anggota Panitia Akreditasi di Rumah Sakit kami, yakni dari POKJA MKI.
    Saya mohon bantuannya pak. Kami membtuhkan SPO/SOP, panduan dan contoh kebijakan yang diperlukan pada Manajemen Komunikasi dan Informasi.

    Atas bantuannya diucapkan banyak terima kasih

    Mustaking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mustaking, mohon cantumkan alamat email anda untuk mengirimkan contoh yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
    2. oke pak ini alamat emailnya rsaj_jaury@yahoo.com, atas bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih

      Hapus
    3. Dear Mustaking, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  38. Dr. Taufik, terima kasih informasinya. Saya dr. Wahju dari RSAL Tanjung Pinang ingin mengetahui contoh SPO dan petunjuk yg lain lebih detail. Atas bantuan dan perhatiannya Terima kasih. Email saya : wkrisnoto@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Wahju, terima kasih atas kunjungannya. Namun demikian, pertanyaan anda belum spesifik. Mohon sebutkan bab atau standar akreditasi yang mana yang ingin anda ketahui lebih detail, terima kasih.

      Hapus
  39. Selamat pagi
    dr. Taufik Santoso

    Saya dr. Gloria dari RSUP Prov. Kepri Tanjung Uban, ketua akreditasi dari POKJA PPI.
    Saya mohon bantuannya pak. Kami membutuhkan SPO/SOP, panduan dan contoh kebijakan yang diperlukan pada pokja PPI.
    Mohon dikirimkan berkas-berkas yang diperlukan ke email saya: gloriastax@gmail.com

    Atas bantuannya kami ucapkan banyak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Gloria, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  40. Selamat sore
    Dr. Taufik santoso

    Perkenalkan dok..saya uwan dari RS. Awal Bros Tangerang..saya penanggung jawab chapter FMS..saya minta tolong bantuan dari dokter untuk membantu saya dalam hal slide presentasi chapter FMS..saya sangat butuh contoh slide FMS yg harus saya tampilkan didepan surveyor..kiranya dokter punya contoh yg sudah matang (sudah adanya slide yg ada data dokumennya)..agar saya dapat mengikuti contoh slide yg harus saya presentasikan..besar harapan saya dapat dibantu oleh dokter dan mengirimkan contoh slide yg saya maksud..sebelumnya terima kasih dokter taufik..

    Ini email saya dok :
    uwanazhar@gmail.com atau
    uwanazhar@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Uwan, saya belum mengerti dengan yang anda maksud. Surveyor tidak meminta FMS untuk peresentasi saat akreditasi. Mereka hanya menghendaki adanya safety briefing saja di awal acara. Yang diminta presentasi terutama adalah bab PMKP. Tolong perjelas maksud anda agar saya dapat membantu anda. Disamping itu, anda juga dapat bertanya dari sumber internal rumah sakit anda, karena beberapa karyawan di group rumah sakit anda pada tahun 2011 pernah ikut praktikum JCI di Singapore, terima kasih.

      Hapus
  41. Assalaamu'alaikum....
    Maaf Dr Taufik Santoso
    saya Agus Wahyu Hidayat Tim Akreditasi Rumah Sakit Bunda Sidoarjo, pernah melaksanakan akreditasi versi yang lama, sedangkan yang baru masih Bingung, Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen yang terkait dg PPI dan PMKP (Kebijakan, Pedoman, panduan,dan SPO).
    Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter
    ini email saya Exxell49@yahoo.co.id dan exxell.wh@gmail.com

    Wassalaamu'alaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Agus, contoh dokumen yang anda mint asudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  42. assalamualaikum
    maaf dokter taufik santoso
    saya aida tim akreditasi rumah sakit bersalin esto ebhu sumenep, kami sekarang persiapan akreditasi rs, saya kepala pokja skp, saya masi bingung dengan dokumen yang dibutuhkan di akreditasi, mohon jika dokter berkenan saya dibantu untuk contoh dokumen skp.(panduan, sop , kebijakan)
    terimakasih banyak atas bantuan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf dokter ini email saya rsbestoebhu@gmil.com
      besar harapan saya untuk di bantu dokter . trimakasih

      Hapus
    2. Wa'alaikum salam Aida, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  43. Selamat pagi dr taufik,saya ratna dr rs di jember kami saat ini dlm persiapan akreditasi mohon jk dokter berkenan saya minta dikirimkan dokumen yg terkait dg apk,ap dan pp terimakasih banyak atas bantuan dokter
    email saya jewelmaniez@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ratna, sebelumnya mohon cantumkan nama RS tempa anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  44. pagi dokter saya tya dr rs maratapura kami saat ini dalam persiapan akreditasi mohon jika dokter berkenan saya minta dikirimkan dokumen yang terkait dengan MKI. saya ditunjuk sebagai ketua poka MKI dok. terima kasih atas bantuan dokter. emai saya Tya_bintang@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tya, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  45. Selamat pagi dokter, saya francia dr rs medika permata hijau, Jakarta. RS saat ini sedang persiapan akreditasi dan saya dipilih untuk panitia akreditasi bag PMKP. Saya bingung utk memulai nya darimana. Saya mohon bantuannya dok utk berbagi cth dokumen yg terkait dgn PMKP. Alamat email saya fanggreini@gmail.com .trima kasih sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Francia, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  46. Selamat pagi dok,saya Dr.rovelinne Dari rs.advent bandung.saya masuk Tim akreditasi asesment pasien.saya bisa minta contoh dokumen yg berhubungan?terima kasih sebelumnya.alamat email saya rovelinne@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Rovelinna, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  47. Selamat siang Dok, Saya Elisabeth dari Rs St. Antonius Jopu. Saya panitia penyusunan Dokumen akreditasi saya Bisa minta contoh dokumen dalam hal ini SPO akreditasi yang berhubungan dengan pelayanan keperawatan dan Pedoman Tata Kelola RS. Terima kasih sebelumnya. Alamat Email saya elislongge@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Elisabeth, sebelumnya silahkan anda tentukan satu bab yang ingin anda kuasai, dan selebihnya silahkan anda berikan ke rekan anda yang lain, terima kasih.

      Hapus
  48. Yth dr Taufik Santoso

    Saya Yusta, bekerja di sebuah Rumah Sakit swasta di Blitar
    mohon, apabila dokter berkenan, saya minta tolong untuk dikirimkan dokumen mengenai pokja assesmen pasien (AP) ke alamat email saya :yayusme@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya dokter,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yusta, terlebih dahulu silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Selamat siang Dokter, saya bekerja sebagai Radiografer di Rumah Sakit Budi Rahayu Blitar. Terimakasih.

      Hapus
    3. Dear Yusta, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. mohon maaf dokter, setelah saya lihat hari ini, ternyata contoh dokumen yang dokter kirimkan belum masuk. Terimakasih sebelumnya

      Hapus
    5. Dear Yusta, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  49. Yth. dr.Taufik Santoso
    Saya Fauzan, bekerja di RS. Kartika Medical Center Sukabumi
    Kami sedang akan melakukan akreditasi sesuai dengan jci, namun kami merasa kebingungan dengan apa yang harus kami lakukan. Saat ini kami sedang mencari dokumen sedangkan itu pun belum ada. Sekiranya dokter bisa membantu untuk masalah dokument Kebijakan, pedoman, dan SPO. Karena memang kami membutuhkannya. email saya ke admin@kartikamedika.co.id atau beukicot@gmail.com
    terimakasih sebelumnya dok.
    sekali lagi mohon bantuannya ya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fauzan, untuk memenuhi permintaan anda, sebaiknya RS anda mengajukan bimbingan akreditasi lengkap, terima kasih.

      Hapus
    2. untuk membuat dan melengkapi dokumen-dokumen tersebut bisakah dokter kirim ke email saya. mohon bantuannya dok

      Hapus
  50. selamat malam dokter , saya yossia karyawan RS.Keluarga Sehat Pati Jawa Tengah ...

    BalasHapus
  51. saya ikut dlm tim akreditasi pokja APK, saya membutuhkan contoh buku pedoman , buku panduan dan spo yg terkait dgn admisi rumah sakit ...
    mohon untuk dapat dikirimkan contohnya ke email saya : herinovic@gmail.com
    trmksh dokter ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Heri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  52. terimakasih dokter
    saya masih butuh contoh format buku panduan , mohon dapat dikirim ke email saya dokter ... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Heri, contoh format dapat anda baca pada buku panduan penyusunan dokumen akreditasi yang diterbitkan oleh KARS, terima kasih.

      Hapus
  53. selamat siang dokter, salam kenal sebelumnya saya dr Allan dari RSKIA UMMI KHASAHAH Bantul, sy dibagian pelayanan medis, rmh skt kami sedang proses pengajuan akreditasi, jika tidak merepotkan boleh saya minta tolong diberikan contoh panduan atau pedoman yang diperlukan untuk akreditasi, dan sebetulnya dalam pembuatan dokumentasi mana dulu yang di dahulukan (panduan/pedoman/kebijakan/spo), terima kasih banyak atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Allan, sebaiknya anda membaca terlebih dahulu posting saya dengan judul "Persiapan akreditasi RS 2012" (lihat di daftar isi). Kemudian, silahkan anda cantumkan secara spesifik bab apa yang ingin anda kuasai. Jika anda menginginkan seluruh panduan akreditasi, sebaiknya anda mengajukan bimbingan akreditasi lengkap, terima kasih.

      Hapus
  54. Selamat Malam dok saya eddy..kalau boleh saya mau minta tolong diemailin contoh panduan pelayanan kemoterapi.. trimakasih sebelumnya. email saya : aryantoeddy2011@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Eddy, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  57. selamat sore dok, saya pivit dari RSUD Siak, saya ikut dalam tim akreditasi, saat ini saya membutuhkan contoh kebijakan, pedoman, panduan, program dan SOP MFK, saya mohon bantuannya, dokumen bisa dikirim ke email saya : galungpivit@gmail.com. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Pivit, contoh dokumen MFK bisa anda download di tulisan saya yang berjudul "Cara mudah membuat dokumen akreditasi" (lihat daftar isi). Untuk dokumen lain, silahkan anda cantumkan secara spesifik nama dokumen yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  58. selamat siang dokter, terima kasih ini sangat membantu, saya sebagai salah 1 tim akreditasi JCI rmh sakit saya di mataram NTB, dokter saya boleh minta tolong minta contoh kebijakan dan prosedur, dokumen yg di mntai jci dan juga contoh SPO PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP)
    Terimakaih dokter taufik.
    Ini alamat email saya faroex8283@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Faruk, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  59. selamat malam dr.taufik, maaf saya putu dari RSUD Mataram.saat ini saya ikut dalam tim akreditasi dan sangat membutuhkan kebijakan,pedoman,panduan,SOP pokja Medis (Assesment pasien) akreditasi tahun 2012..mohon bantuannya. alamat email saya : vtvtriyani@gmail.com
    Atas bantuannya,saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Putu, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  60. Selamat pagi dr. Taufik, saya wita dari RS Prima Medika Denpasar, tergabung dalam tim pokja HIV/AIDS (MDGs). saya membutuhkan dokumen mengenai kebijakan, pedoman, dan SOP pelayanan pasien HIV/AIDS. Mohon bantuannya dokter, ini alamat email saya wita3010@gmail.com. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wita, anda tidak perlu membuat dokumen untuk HIV MDGs, karena hal itu hanya dilakukan oleh RS yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan program HIV/AIDS, terima kasih.

      Hapus
  61. Selamat pagi dr. Taufik. saya Riga dari RS Anwar Medika, saya tergabung dalam tim manajemen penggunaan obat. saya membutuhkan dokumen mengenai kebijakan, pedoman, dan sop untuk manajemen penggunaan obat. Mohon bantuannya dokter, ini alamat email saya riga.ayu.ffua07@gmail.com. terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Riga, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  62. selamat pagi dr. taufik. saya yogi dari RSUD Padangan, saya tergabung dalam tim PELAYANAN PASIEN, saya membutuhkan dokumen mengenai kebijakan,pedoman,panduan dan SOP untuk PELAYANAN PASIEN, mohon bantuan nya dokter alamat email saya yogie_akper@yahoo.com, rocky_nurse@yahoo.com, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yogi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Pagi dokter, saya dea dari RSIA Puri Bunda Denpasar Bali, mohon info untuk kelengkapan dokumen POKJA MKI,
      ini alamat email saya dok "gedma200612@yahoo.co.id"
      Tq dokter

      Hapus
    3. Dear Dea, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  63. Dear dr. Taufik
    Saya Ns Rini dari RSUD dr. Abdoer Rahem Situbodo, Jawa Timur
    Sekarang ini RS kami sedang mempersiakan diri untuk akreditasi versi JCI dan saya termasuk dalam Pokja PP. Mohon kiranya untuk dikirimkan informasi tentang dokumen yang diperlukan Pokja PP dan contoh kebijakan beserta SPOnya ke email nursrini@gmail.com
    BTK

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rini, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  64. Asw... dr. Taufik, Saya dr. Edwin H dari RS Petrokimia Gresik. RS kami rencananya akan mengajukan akreditasi untuk akhir 2015, saya tergabung dalam Pokja AP dan kebetulan saya sebagai Kepala Instalasi Gawat Darurat. Untuk contoh tentang AP kemarin sudah dr kasih, Sekarang saya boleh minta untuk contoh Pedoman Pelayanan dan Pedoman Pengorganisasian IGD.. Mohon dikirim ke email saya Thisisonly_e@yahoo.com ... Terima Kasih sebelumnya dr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Edwin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Malam dok, Saya febyanto dari Rumah Sakit swasta di Cirebon.
    Mohon bantunaya untuk mengirim dokumen, prosedur, pedoman, dan program - progaam mengenai akreditasi v.2012, Pokja AP. 6, 1 s.d 10 (instalasi Radiologi)
    dokumen mohon di kirim ke email mri.mitraplumbon@gmail.com.
    email dr. Taufik sangat kami harapkan, terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Feby, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda. Selain itu, gunakan alamat email pribadi anda, dan bukan alamat email RS anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Dear dok, Saya bekerja di RS. Mitra Plumbon - Cirebon ( Jabar ), .., saya sebagai koordinator Instalasi Radiologi..
      Alamat email saya feby.fardianto@gmail.com
      Terimakasih atas perhatianya . .

      Hapus
    3. Dear Feby, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  67. Slamat siang Dr Taufik Santoso. saya Whina , perawat di rsia limijati bandung. saya tergabung dalam subpokja PMKP. Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen2 yang terkait dgn PMKP (Kebijakan, Pedoman, panduan, program, dan SPO) beserta penjelasannya krn saya pribadi masih belum paham mengenai pmkp. Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter. email saya whinaindri@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Whina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. selamat sore dokter salam kenal nama saya nona saya perawat di RS martha friska multatuli medan, saya mohon bantuan dokter jika berkenan tolong kirimkan saya contoh dokumen SPO pelatihan PMKP dan contoh Program pelatihan PMKP.sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak atas bantuan dokter .email saya fadillah_nona@yahoo.com

      Hapus
    3. Dear Nona, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  68. Slamat siang Dr Taufik Santoso. saya dr. Desi dari RSIA yadika keb.lama. Mohon jika Dokter Berkenan, saya minta dikirimkan contoh dokumen2 program akreditasi khusus (Kebijakan, Pedoman, panduan, program, dan SPO) beserta penjelasannya krn saya pribadi masih belum paham. Terimakasih Banyak atas bantuan Dokter. email desipratiwi87@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Desi, untuk seluruh permintaan anda tersebut, sebaiknya RS anda mengajukan pendampingan akreditasi, terima kasih.

      Hapus
  69. Yth Dr. Taufik Santoso. Sy Yafet dari RSUD Umbu Rara Meha Waingapu NTT. Mohon jika dokter berkenan tlong kirimkan pada sy contoh dokumen akreditasi rmah sakit dlam pokja APK. Terlebih khusus dalam APK 1.3, APK 1.4, APK 2, APK 2.1, APK 3, APK 3.5, Regulasi tentang transfer intra dan inter hospital, Kriteria Transfer Pasien. email sy yafet_geu@yahoo.com. Terima kasih bnyak sebelumnya dokter. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yufet, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih dokter, kalau nanti saya temukan masalah lagi, semoga dokter tidak segan-segan membantu. Salam.

      Hapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. selamat siang dr.taufik, salam kenal, saya dr.erni dr RSJM Menur Surabaya. terus terang saya masih bingung dgn akreditasi . saya mohon bantuan dr.taufik untuk mengirimkan contoh
    dokumen ttg kebijakan , panduan maupun prosedur yang diminta oleh JCI untuk pokja APK. BTKa
    mohon jika berkenan dikirim ke abdullah.erny@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Erny, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  72. selamat sore dr taufik saya rita dari rsb, saya dari POKJA PPI, mohon saya diberi contoh SOP pengelolan darah dan komponennya, serta SOP pengelolaan limbah tajam dan jarum email saya Ritayara.ry@gmail.com terimakasih sebelumnya dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rita, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. Salam Kenal dokter Taufik......Perkenalkan Nama saya Widiarto dari RSKM II Tambun Bekasi, Kebetulan saya di tunjuk sebagai koordinator akreditasi Vr.2012
    Kalau dokter berkenan, saya minta batuan dokumen Skrening dan Asesmen pasien.( Kebijakan,Panduan ,SPO ) Sebagai bahan referensi.....
    ini alamat Email saya : widiarto27@gmail.com. terimakasih atas bantuannya...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Widiarto, silahkan anda baca terlebih dahulu posting saya yang berjudul "Screening, triage, dan asesmen" pada blog ini (lihat daftar isi). Kemudian, silahkan anda tentukan, screening atau asesmen apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
    2. Salam hormat.......
      Assalamualaikum,,,,,,,,dokter Taufik Santoso .... Saya seudah baca posting dokter yang berjudul " Screeninf, Trige dan Asesmen " sesuai petunjuk dokter........
      kalau berkenan saya minta contoh : Kebijakan/ Panduan/SPO tentang : ASESMEN PASIEN....
      Email saya : widiarto27@gmail.com
      atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih..........

      Hapus
  75. Terimakasih Dokter Taufik atas batuanya Berkenan memberikan contoh dokumen kepada saya ASESMEN PASIEN,
    DOKUMENNYA Sudah terkirim...... TERIMAKASIH.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum dr taufik, saya widi dari RS Karya Medika, saat ini saya sedang mengerjakan KPS, akan tetapi saya mengalami kesulitan tentang cara menyusun Pedoaman SDM, kalau boleh saya mitan contoh dokumen tetang Pedoman SDM di RS, terimakasih..... ini alamat E-mail saya widiarto27@gmail.com
      terimakasih atas bantuaanya............

      Hapus
    2. Dear Widi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    3. Terimakasih Dokter Taufik atas batuannya, contoh dokumen tersebut sangat membantu saya dalam mengerjakan KPS...... TERIMAKASIH.....

      Hapus
  76. selamat malam dok ...... saya Rostina dari RS. Tadjuddin Chalid Makassar, mohon bantuannya dok untuk mengirimkan SOP, Panduan, kebijakan asesmen pasien, email : ratu369@gmail.com,terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rostina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  77. Selamat pagi dr. Taufik, saya dr. Sostro dari RSUD Siwa Sulawesi Selatan. RS kami masih tipe D dan terkendala mengenai program PPI yg diwajibkan dalam akreditasi KARS versi 2012. Mohon bantuannya mengenai dokumen apa saja yang mesti kami siapkan? Apakah program PPI itu tergantung tipe RS juga. Terima kasih atas bantuannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Sostro, penjelasan tentang dokumen yang perlu anda siapkan dapat anda baca pada tulisan saya yang berjudul "Persiapan Akreditasi RS 2012 (lihat daftar isi). Program PPI tidak tergantung tipe RS, karena PPI adalah hal yang mendasar bagi RS, terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih dok atas jawabannya. Mohon bantuan lagi dok untuk mengirimkan kebijakan, pedoman dan spo yang dibutuhkan utk bab PPI. Email saya sostromulyo@yahoo.com
      Terima kasih sebelumnya dok.

      Hapus
    3. Dear dr. Sostro, contoh dokumen yang anda minta sdah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Selamat sore dr Taufik. Saya dr Nelly dari RS Elisabeth Medan. Mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh kebijakan/pedoman/panduan, SPO dan dokumentasi implementasi ttg Pokja APK. Atas bantuan dokter,saya ucapkan banyak terima kasih. Alamat email saya: nellysimarmata82@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nelly, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  80. dear dr.taufik.. sy dr.rindang bekerja di RSUD Selong, NTB. Saat ini sy membutuhkan contoh kebijakan/panduan dan SOP terkait pokja assesmen pasien. Mhn bantuannya ya dok, mhn dikirim ke alamat email leafy_luph@yahoo.com atau rainyday1306@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Rindang, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  81. Assalamu alaikum dok.
    Saya Aslan dari RSU wisata UIT SulSel.
    Sekarang lagi persiapan untuk akreditasi RS versi 2012 saya di tugaskan pada pokja AP, nah kalau dokter berkenan tuk memberikan info contoh dokumen apa saja yang harus saya siapkan.
    Ini email saya: aslan.isnawaty@gmail.com.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Aslan, silahkan anda baca tulisan saya yang berjudul "Persiapan akreditasi RS 2012". Jawaban atas pertanyaan anda ada disitu, terima kasih.

      Hapus
  82. Assalamualaikum dokter, saya Badman Kadjim, S.Kep Ns bekerja di RSUD Dr M M DUNDA LIMBOTO GORONTALO sekarang ini lagi tahap persiapan untuk akreditas versi 2012, dan kebetulan saya sementara mempersiapkan dokumen POKJA Pelayanan Pasien dan POKJA Pendidikan Pasien Dan Keluarga. mohon bantuannya dokter bisa mengirimkan contoh contoh dokumen Pokja PP dan PPK ke alamat email saya badman_kadjim@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Badman, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  83. terima kasih atas bantuannya dokter.

    BalasHapus
  84. Selamat malam dokter Taufik. saya arif dari RSMM Timika. saya sekarang ditugaskan di pokja AP. bolehkah saya minta contoh SOP, kebijakan serta panduan dan pedoman dokumen terkait asesmen pasien dok.. saya baru pertama kali ditugaskan di akreditasi RS, saya mohon bimbingannya. berikut email saya: salveregina2315@gmail.com atas bantuannya saya sampaikan btk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Arif, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Saya sarankan anda mengikuti workshop sharing expertise akreditasi yang akan diadakan tanggal 18-20 Mei 2015. Untuk keterangan lengkap silahkan klik link ini http://www.lean-indonesia.com/2015/04/sharing-expertise-akreditasi-rs-2012.html?utm_source=BP_recent.

      Hapus
  85. Assalamualaikum...
    Salam kenal dok, terimakasih banyak untuk tulisan dokter yg memberikan banyak informasi ttg akreditasi. Jika berkenan, saya menginginkan beberapa contoh dokumen meliputi panduan, kebijakan dan SOP yang berhubungan dengan gizi (terutama assesment dan skrining gizi). Mohon dapat dikirim melalui email : wahyupramitasari@gmail.com
    Terimakasih dok untuk bantuannya,
    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Wahyu, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  86. Oya email saya slametaminanto@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya minta pedoman dan kebijakan sasaran keselamatan pasien 1 sampai 6
      email saya edy21bonek@gmail.com
      terima kasih

      Hapus
    2. Sebelumnya silahkan anda perkenalkan diri anda, cantumkan nama RS tempat anda bekerja, dan posisi anda.

      Hapus
  87. dok saya minta dikirimkan kebijakan dan spo , dokumen yang berhubungan dengan instalsai gizi, terimakasih dok email saya selphibunda@gmail.com

    BalasHapus
  88. maaf dok lupa memperkenalkan diri saya dietisien rs harum sisma medika jakarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Selphi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus