Sabtu, 17 Mei 2014

Cara Mudah Membuat Dokumen Akreditasi RS 2012

Mengingat begitu banyaknya pertanyaan tentang dokumen akreditasi RS 2012, disertai dengan berbagai kebingungan berkaitan dengannya, maka pada posting kali ini saya akan membahas cara mudah dan efektif membuat dokumen akreditasi RS 2012. Mari kita mulai.


Bahan yang dibutuhkan

Untuk bahan baku, kita membutuhkan:
  • Buku Panduan Penyusunan Dokumen Akreditasi
  • Standar Akreditasi RS 2012
  • Koneksi internet untuk mencari referensi

Langkah 1: Pahami Standar

Untuk membuat dokumen akreditasi RS 2012, kita harus memahami standar akreditasi RS 2012 secara menyeluruh. Perlu kita pahami, kebanyakan susunan standar akreditasi RS 2012 menggunakan sistimatika induktif. Artinya dari umum ke khusus. Jadi, kita jangan hanya terpaku dan berhenti pada pembahasan satu elemen penilaian atau standar saja. Lanjutkan saja terus ke elemen penilaian atau standar berikutnya, karena pada elemen penilaian atau standar berikutnya akan dijelaskan secara khusus apa yang diminta. Untuk pembuatan dokumen ini, saya akan menjadikan bab MFK sebagai contoh. Oleh karena itu, mari kita sama-sama membuka dan membaca standar MFK satu demi satu.

MFK.1 tidak membahas dokumen secara spesifik, tapi tentang undang-undang (UU) dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, pada tahap ini kita hanya perlu mengumpulkan UU dan peraturan tentang fasilitas RS, disertai kepastian dan bukti dokumen bahwa RS kita sudah mematuhi seluruh UU dan peraturan tersebut. 

MFK.2 mulai menyebutkan ada 7 hal yang harus direncanakan, yaitu: keselamatan, keamanan, bahan berbahaya dan beracun, bencana, kebakaran, peralatan medis, dan sistim utilitas. 

MFK.3 menjelaskan lebih detail lagi perihal apa yang harus dilakukan untuk setiap rencana tersebut, mulai dari adanya penanggung jawab khusus, aspek perencanaan, pengorganisasian, edukasi, evaluasi, dan lain-lain.  Nah, pada titik inilah kita sudah mulai memahami apa yang diinginkan, yaitu kita harus membuat 7 macam perencanaan, yang masing-masing perencanaan tersebut harus mencakup apa yang diminta oleh MFK.3.  

Sekarang, mari kita jadikan 7 hal itu masing-masing menjadi sebuah dokumen dalam bentuk panduan. Untuk pembuatan panduan ini, saya akan menjadikan keselamatan kebakaran sebagai contoh. Oleh karena itu, mari kita melompat ke MFK.7, karena MFK.4, 5, 6, 8, 9, dan 10 membahas panduan lainnya.

Langkah 2: Jadikan Elemen Penilaian Pada MFK.7 Sebagai Kerangka Panduan

Kalau kita membaca elemen penilaian pada MFK.7.1 sampai MFK.7.3, maka kita akan mendapatkan kerangka sebagai berikut:
  • Penurunan risiko kebakaran
  • Penilaian resiko kebakaran saat konstruksi
  • Deteksi dini kebakaran dan asap
  • Pengurangan kebakaran dan penahanan asap
  • Jalan keluar yang aman dari fasilitas
  • Inspeksi, pengujian, dan pemeliharaan sistim deteksi dan pengurangan kebakaran
  • Kebijakan / Prosedur dilarang merokok
  • Edukasi dan Pelatihan
Nah, jika kita sudah mendapatkan kerangka, kita tinggal memperkaya kerangka itu dengan detail isi. Detail isi dapat kita peroleh dari berbagai referensi. Cara yang paling mudah dan efektif adalah melalui internet. Beberapa sumber yang dapat kita pakai sudah saya bahas pada posting sebelumnya dengan judul Contoh Dokumen Akreditasi RS 2012.  Jika sudah kita isi, maka sekarang kita sudah memiliki draft dokumen keselamatan kebakaran dalam bentuk panduan.

Langkah 3: Sesuaikan Format Panduan Kita Dengan Format Panduan yang Ada Pada Buku Panduan Penyusunan Dokumen Akreditasi

Langkah 4: Terbitkan SK Direktur untuk Penetapan dan Pemberlakuan Panduan Tersebut

Nah, sekarang, selesailah sudah satu pekerjaan kita. Kita sudah memiliki Panduan Keselamatan Kebakaran yang sudah pasti memenuhi syarat akreditasi RS 2012. Hal ini karena isinya 100% sudah sesuai dengan isi standar akreditasi RS 2012. Contoh panduan tersebut dapat anda lihat disini.

Untuk dokumen lainnya, silahkan anda coba sendiri mengikuti langkah-langkah seperti di atas. Selamat mencoba!

352 komentar:

  1. selamat siang dok,,saya adi dr RSGMP Purwokerto mohon bantuanya dok,dikirimkan contoh sop asesmen pasien(gizi,nyeri,resiko jatuh,individual,pasien terminal, dan pemulangan) terima kasih

    BalasHapus
  2. alamat email adierosyadi27@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Adi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Dear dokter taufik, sy indri dari RS Jogja, sy minta bantuannya untuk bahan dokumen APKP dan adakah format baku untuk membuat program dr masing2 pokja dr JCI?? Dan POA yg dibuat apakah berdasarkan elemen penilaian yg ada? Terimakasih banyak sebelumnya. alamat email: nfatir@gmail.com

      Hapus
    3. Dear Indri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk format, silahkan anda membaca buku panduan penyususnan dokumen akreditasi yang diterbitkan oleh KARS, terima kasih.

      Hapus
  3. selamat malam dok,,, saya shinta dari RSUD Pelabuhanratu Sukabumi,, mohon sekali bantuannya untuk contoh pembuatan dan penyusuna dokumen, SOP, dll mengenai pokja KPS,, alamat emai saya : shintameilasari@yahoo.co.id,, terima kasih sebelumnya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Shinta, contoh dokumen yang anda mnta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  4. Selamat sore Dok, saya Wulan dari proyek RSUI..
    jika tidak merepotkan, mohon sekali bantuannya untuk contoh pembuatan dan penyusunan dokumen sop pengendalian dan penyimpanan obat ke email berikut: sri.wulandah@gmail.com

    Terima kasih banyak Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wulan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  5. selamat siang dokter Taufiq...
    saya ardina dari Rumah Sakit Advent Bandar lampung. saya dokter jaga, sekaligus menjadi penanggung jawab PONEK RS. saya mohon bantuan untuk diberi contoh program kerja dan rencana strategi PONEK, serta pedoman pelaksanaan rujukan PONEK. email saya : dearardina@yahoo.com.
    Terima kasih banyak atas bantuannya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Ardina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Slmt malam dr.taufik dan dr.ardina.. Saya zr.ari sekretaris pokja dan skretaris tim ponek. Kalau boleh saya juga mohon bantuan untuk dikirimkan contoh program kerja dan rencana strategis ponek. Terima kasih banyak.
      Alamat ari83indriati@gmail.com

      Hapus
    3. Dear Ari, sebelumnya silahkan perkenalkan diri dari RS mana anda berasal, terima kasih.

      Hapus
  6. selamat malam dokter,
    saya ika dari RSUD ZA dokter, saya dari pokja PP, dokter mohon bantuannya diberi contoh penyusunan dan pembuatan SPO, dll untuk pasien resiko tinggi, alamat email saya ika.daus@yahoo.com,
    terimakasih banyak atas bantuannya dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ika, sebelumnya mohon diperjelas nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  7. Selamat siang dok. Saya dr.jeki dari RSI Ibnu Sina Payakumbuh skrg dipercaya pd pokja pelayanan pasien(pp). Mohon bantuan utk contoh dokumen dan pendukungnya ke email saya: jeki.hilal@gmail.com . Terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Jeki, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  8. Dear dr. Taufik. sy dr. Iskandar dari RSIA Stella Maris Medan. Sy ketua Pokja Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP). Mohon bantuan utk contoh dokumen : Program dan Pedoman Keselamatan Pasien, serta Program dan Pedoman Peningkatan Mutu. Email sy : iskandar@stellamarishospital.com. Terimakasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Iskandar, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk program, silahkan anda buat dengan mengambil poin2 kegiatan dari pedoman tersebut, terima kasih.

      Hapus
  9. Selamat malam Dok, saya dr. Semarajana dari RSU Bali Royal. Saat ini ditunjuk sbagai ketua Pokja Pelayanan Pasien. Mohon bantuannya untuk dokumen dan pendukungnya. Bisa dikirimkan ke ingsemarajana@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Semarajana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  10. Contoh sudah diterima dok, terima kasih. Saya masih kurang mngerti dengan pedoman dan panduan. Mohon pnjelasannya. Apakah dokter punya contohnya. Sekali lagi terima kasih,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Semarajana, panduan penyusunan dokumen akreditasi sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  11. ass. saya sendi dari RSUD R Syamsudin ...boleh minta conto SOP, Panduan yang sudah dibuat oleh dokter ???? sebagai bahan referensi di RS kami....dikirim ke email saya ssendi99@yahoo.com/ sendisugandi86@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Sendi, untuk contoh format, silahkan anda baca buku "Panduan Penyusunan Dokuman Akreditasi" yang diterbitkan oleh KARS, terima kasih.

      Hapus
  12. Assalamu'alaikum... Salam dok, saya Edwin H dari RS Petrokimia Gresik. Mohon bantuannya untuk panduan SOP Assesment Pasien dan PMKP. Minta tolong dikirim ke email saya Thisisonly_e@yahoo.com... Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Edwin, sebelumnya silahkan anda tentukan satu bab yang anda pilih, asesmen pasien atau PMKP, terima kasih.

      Hapus
    2. Saya pilih yg assesment pasien dok.. saya dtunjuk sbg bagian dari pokja itu.. terima kasih

      Hapus
    3. Saya pilih yg assesment pasien dok.. saya dtunjuk sbg bagian dari pokja itu.. terima kasih

      Hapus
    4. Dear Edwin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum, saya Risya dari RSPG Dok.... mohon bantuan dikirimkan bahan regulasi2 terkait pokja KPS, terima kasih sebelumnya. mohon dikirimkan ke risya.widyastuti83@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Risya, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  15. assalamu'alaikum dokter Taufik..saya andri dri RS di bali bisa berbagi ilmu pokja assesmen pasien..terutama tentang panduan dan kebijakan dari semua assesmen pasien,,klo bleh mohon di kirim ke andri_2225@yahoo.co.id..terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Andri, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. maaf dokter baru di balas tidak sempat buka internet...saya bekerja di RSU kasih ibu kedonganan bali.. saya kepala perawat ugd di rsu kasih ibu kedonganan bali,saya mendapat tugas untuk membuat asesmen pasien..saya merasa kebingungan untuk menyusunya terutama untuk membuat kebijakan,pedoman,dan panduan asesmen pasien...terima kasih sebelumnya untuk bantuannya..

      Hapus
    3. mohon bantuan untuk contoh kebijakan, pedoman,dan panduan assesmen pasien..terima kasih..

      Hapus
    4. Dear Andri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    5. terimakasih dr.Taufik ...maaf mohon bantuan sekali lagi untuk contoh dokumen pedoman asesmen pasien..terimakasih

      Hapus
    6. Dear Andri, anda tak perlu lagi membuat pedoman asesmen jika sudah punya panduan / kebijakan, terima kasih.

      Hapus
  16. assalamu'alaikum dokter Taufik..saya andri dri RS di bali bisa berbagi ilmu pokja assesmen pasien..terutama tentang panduan dan kebijakan dari semua assesmen pasien,,klo bleh mohon di kirim ke andri_2225@yahoo.co.id..terima kasih

    BalasHapus
  17. assalamualaykum dr.Taufik, saya Wahyu, dokter dari Pokja MPO RS Khusus Daerah Prov.Sulsel, mohon bantuannya untuk contoh2 dokumen tentang pokja MPO, email saya: wahyuthota@yahoo.com
    terima kasih banyak atas bantuannya dok, wassalam..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Wahyu, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. terima kasih banyak dok atas bantuannya, semoga suksess selalu..:)

      Hapus
  18. mohon bantuannya lagi dok jika berkenan, contoh SPO medication error, SPO efek pengobatan/KTD, dan SPO efek kesalahan obat dan KNC.. email saya: wahyuthota@yahoo.com
    terima kasih banyak atas bantuannya dok..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wahyu, yang anda butuhkan adalah SPO pelaporan insiden. Silahkan anda baca tulisan saya mengenai sistim pelaporan insiden. Anda dapat membuat SPO dari tulisan itu, terima kasih.

      Hapus
  19. Dok,saya andri kepala pokja HPK di RSUD IA Moeis Samarinda. Mohon dikirimkan contoh kebijakan dan panduan HPK. Atas bantuannya BTK...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Andri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Assmlkm dr Taufik, Saya Iin dari Pokja MPO Standar 2 RS. Dr Bratanata Prov. Jambi. Mohon bantuaanya untuk contoh dokumen tentang Pokja MPO Standar 2.
      Email saya iinsarinahh@gmail.com
      Terima kasih banyak atas bantuan dokter, Wassalam

      Hapus
  20. oh,alamat email saya andriaw@ymail.com

    BalasHapus
  21. Assmlkm dr Taufik, Saya Iin dari Pokja MPO Standar 2 RS. Dr Bratanata Prov. Jambi. Mohon bantuaanya untuk contoh dokumen tentang Pokja MPO Standar 2.
    Email saya iinsarinahh@gmail.com
    Terima kasih banyak atas bantuan dokter, Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Iin, MPO standar 2 hanya meminta RS anda memiliki daftar formularium obat, proses kolaboratif penyusunannya, serta prosedur ketika obat tidak tersedia. Formularium obat adalah hal yang sudah biasa ada di RS sehingga bukan hal baru bagi anda. Untuk proses kolaboratif, di RS anda perlu dibentuk panitia farmasi dan terapi. Sedangkan prosedur ketika obat tidak tersedia, hal itu juga sudah merupakan hal biasa yang terjadi di RS, sehingga anda tinggal menuangkannya dalam bentuk kalimat menjadi prosedur, terima kasih.

      Hapus
  22. asslamualaikum dokter taufik, saya reza dari RS muhammadiyah kota kediri,mohon bantuanya tolong dikirimkan contoh pedoman/kebijakan dan SPO Asesmen pasien (gizi,nyeri,resiko jatuh,individual,pasian terminal,dan pemulangan pasien). Email saya: Reza2213soelthony@gmail.com
    terimakasih sebelumnya atas bantuanya dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Reza, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  23. terimakasih dokter atas bantuannya,, maaf sebelumnya,, yang contoh dokumen pedoman /kebijakan pasien resiko jatuh dan pemulangan pasien belum ada, mohon dikirim juga,, terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Reza, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  24. assalamu'alaikum dr. Taufik, saya entis dari pokja MKI di RS Kartika Medical Center Sukabumi, mohon bantuannya untuk dikirimkan contoh serta panduan mengenai kebijakan, pedoman serta SPO yang berkaitan dengan pokja MKI.
    Email sy : admin@kartikamedika.co.id. Terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Entis, sebelumnya silahkan anda cantumkan alamat email pribadi anda, dan bukan alamat email RS anda, terima kasih.

      Hapus
    2. boleh dok ini alamat email saya : entis.suhendar@yahoo.com, terima kasih semoga sukses selalu wassalam

      Hapus
    3. Dear Entis, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  25. assalamualaykum dokter taufik.
    salam kenal.
    Saya Sriningsih dari RS PKU muhammadiyah Yogyakarta. Mohon bantuannya untuk memberikan refrensi dokumen akreditasi pokja AP,khususnya tentang Transfusi Darah.(Pandua,pedoman,kebijakan,SPO).
    terimakasi sebelumnya.jazakumullah. Alamat email saya: bundafillah04@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Sri, anda sudah pernah meminta hal yang sama dan telah saya kirim pada tanggal 18/11/2013. Silahkan anda buka kembali email anda pada tanggal tersebut, terima kasih.

      Hapus
  26. dear dr taufik santoso
    mohon maaf ya dok sekali lagi. sy sudah lihat cara mudah membuat dokumen namun tidak ada contoh 2 format dalam kebijakan, pedoman/panduan, sop dll). krn sy baru kali ini membuat dokumen MFK. sekali lagi trims ya dok atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lisma, silahkan anda baca langkah 4. Di situ ada kalimat "Contoh panduan tersebut dapat anda lihat disini. Kata "disini" warnanya lain, silahkan anda klik menggunakan mouse tepat pada kata itu, nanti akan muncul dokumen yang dimaksud, terima kasih.

      Hapus
  27. Assalamualaikum dr. Taufik, saya Rita dari RSB pokja PPI 7 mohon bantuannya untuk memberikan contoh sop Pengelolaan darah, sampah infeksius dan limbah cair, dan pengelolaan jenazah. Terima kasih sebelumnya.
    Email saya : ritayara.ryQgmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Rita, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  28. maaf dokter , email saya di : ritayara.ry@gmail.com.

    BalasHapus
  29. Ass. dr. Taufik. saya dr. kartika dari RS Bunda Thamrin Medan, saat ini dipercayakan sebagai ketua MDGs, saya ingin meminta contoh program kerja PONEK, pedoman pelaksanaan rujukan PONEK. terima kasih..email saya : paradise1st2000@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Kartika, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Program kerja dapat anda buat sendiri menggunakan point-point pada standar, terima kasih.

      Hapus
  30. Selamat malam dok..... saya Rostina dari RS. Tadjuddin Chalid, Makassar , saya ditugaskan pada pokja AP,bolehkah saya dikirimi dokumen APnya dok. Semoga dokter ada waktunya...... wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rostina, sebelumnya silahkan anda cantumkan alamat email anda, agar saya dapat membantu anda mengirimkan dokumen yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
    2. Selamat sore dokter..., saya hari dari RS Nusantara Sebelas Medika, mohon bantuan contoh dokumen untuk kelompok PAB dan MFK akreditasi JCI versi 2012. terima kasih (email: didik2rslav@gmail.com)

      Hapus
    3. Dear Hari, sebelumnya silahkan anda tentukan satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
    4. malam dok,, saya rofi dr POKJA MPO 6 7 RSUD I LAGA LIGO luwu timur,,
      mohon bantuannya dok contoh dokumen MPO 6 & 7
      terima kasih sebelumnya dok
      ophie_bafy@yahoo.com

      Hapus
    5. Dear Rofi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  31. selamat pagi, saya zainuddin, boleh minta bantuan dokumen pokja mfk tentang peralatan medis dok..
    terimakasih
    yap.yanmed@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Zainuddin sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda. Selanjutnya, silahkan gunakan akun anda sendiri, dan tidak menggunakan akun orang lain atau akun perusahaan tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
    2. iya maaf dok, saya muhammad zainuddin rifai, dr RS Mata dr yap, bagian pelayanan medis. minta bantuan tentang pokja mfk khususnya tentang peralatan medis. email emzet91.rifai@gmail.com terimakasih sebelumnya..

      Hapus
    3. Dear Zainuddin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  32. dear dr. taufik saya drg. wiwin sebagai ketua komite PPI RSKGM kota Bandung, mohon bantuanya dalam pembuatan dokumen akreditasi khususnya dalam PPI, minta contoh contoh dokumen mengenai panduan/pedoman PPI berikut SPO - SPO nya
    terimakasih sebelumnya
    email saya : wiwinsamsudin55@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Wiwin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  33. Selamat siang dok, saya dari RS. Restu Ibu Balikpapan, mohon bantuannya dikirimkan contoh penyusunan SOP, panduan, untuk POKJA MKI ( Manajemen Komunikasi dan Informasi ), alamat emailnya mdaffabaihaqi@gmail.com. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  34. Selamat siang dok, saya dari RS. Restu Ibu Balikpapan, mohon bantuannya dikirimkan contoh penyusunan SOP,kebijakan, panduan/pedoman, serta pendukung yg lainnya untuk POKJA MKI ( Manajemen Komunikasi dan Informasi ), alamat emailnya mdaffabaihaqi@gmail.com. terima kasih sebelumnya dan mohon maaf dok kalau merepotkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Daffa, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  35. Selamat malam dr Taufik, saya Cecila dari RS Prof Kandou Manado, saya sangat berterima kasih apabila dokter berkenan mengirimkan contoh dokumen (kebijakan, pedoman/panduan, dan SPO) terkait Asesmen Pasien. Alamat email saya ceciliahendratta@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Cecilia, silahkan anda cantumkan secara spesifik dokumen apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  36. assalamu'alaikum Dok. Saya dr.Saif dari RS Meulaboh, saya mohon bantuannya untuk dokumen panduan Bahan Edukasi Pasien dan Keluarga Pasien. Email saya : headfullsafe@gmail.com. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih Dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam dr. Saif, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  37. Assalammualaikum dokter, saya beni dari Aceh, sedang mengerjakan pokja KPS, saya mengalami kesulitan mengenai dokumen rencana kerja dan anggaran, mohon bantuan dokter untuk mengirimkan contoh dokumen ke email beni.itm@gmail.com
    atas bantuan dokter, saya ucapkan ribuan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Benny, tidak mngkin sebuah rumah sakit tidak memiliki RKA. Silahkan anda tanya direktur anda mengenai hal ini, terima kasih.

      Hapus
  38. dok..saya drg hindun dri rs kaliwates..apa saya boleh dikirimin contoh dokumen hpk dok? alamat email mardiyanahindun@gmail.com
    tks byk sebelkumnya dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Hindun, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  39. Asslm'alkm dr. Taufik, dok saya ade dari Rssn Bkt, dok saya boleh minta contoh semua spo pokja apk?
    Alamat email saya : adeardinal.13@gmail.com
    Bnyak terima kasih sebelumny dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Ade, sebelumnya silahkan anda cantumkan secara jelas nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  40. Assalamu'alaikum...
    Dok, saya dyah dari RS Thamrin Cileungsi... mohon bantuannya untuk contoh pembuatan dan penyusunan dokumen, SOP, dll mengenai pokja KPS.... alamat email saya dekha05@yahoo.co.uk
    terima kasih sebelumnya.
    Wassalamu'alaikum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Dyah, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  41. selamat pagi dok, saya chasan RS. Permata Bunda Purwodadi boleh minta bantuanya dikirim contoh checklist-checklist pemeliharaan, inspeksi, HIRA di MFK, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Chasan, tidak ada yang istmewa dengan checklist pemeliharaan. Yang penting adalah:
      1. Anda mempunyai daftar inventaris peralatan rumah sakit, termasuk alat medis
      2. Anda mempunyai jadwal pemeliharaan alat, termasuk kalibrasi
      3. Anda melakukan pemeliharaan alat sesuai jadwal. Bukti pelaksanaan dapat berbentuk kartu maintenance yang tergantung di tiap alat.
      Jika anda sudah melaksanakan itu semua, anda sudah melaksanakan tugas untuk peralatan RS. Terima kasih.

      Hapus
  42. assalamualaikum dok,,,
    saya drg.tyas dr RSi Fatimah banyuwangi,..
    mhon bantuannya untuk penyusunan dokumen akred pokja AP dok..contoh dokumen mngenai kebijakan struktur organisasi pedoman,,panduan,,dan Sop..
    trimakasih banyak dokter taufik

    BalasHapus
    Balasan
    1. email saya tyas.maulan.tm@gmail.com
      terimakasih dok..

      Hapus
    2. ini email yg bnar dok.. tyas.maulana.tm@gmail.com

      Hapus
    3. Wa'alaikum salam Tyas, silahkan anda cantumkan secara spesifik dokumen apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  43. Selamat siang dok, saya Nurfi dari RS jogja, maaf dok mohon bantuannya untuk memberikan/mengirimkan contoh PONEK, alamat e.mail nurfiambarpurwanti@gmail.com. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurfi, silahkan anda cantumkan secara jelas nama RS dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  44. Slmt malam dokter sy ely widiyansari dari rsu puri asih salatiga...mau mnta penjelsan dan contoh dokumen tentang mki 7.trm kasih dokter.widiyansari13@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ely, tidak ada dokumen khusus untuk MKI.7. Sudah merupakan sesuatu yang umum di RS jika berkas MR tersedia bagi para dokter, terima kasih.

      Hapus
  45. Selamat pagi, saya Martin. boleh saya minta contoh tentang panduan-panduan untuk Akses ke Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK)? Alamat email saya march_1n@hotmail.com. Terima kasih banyak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dokter umum di RS Royal Taruma

      Hapus
    2. Dear Martin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  46. Assalamualaikum dokter. Saya Anzilia Rizka,salah satu apoteker pendamping di RS Wava Husada,Kepanjen,Malang. Saya tergabung dalam tim AP (asesmen pasien) di tim akreditasi. Jika dokter berkenan saya minta tolong untuk dikirimkan contoh berkas utk AP khusunya untuk di Farmasi apa saja hal kritis yang perlu diperhatikan. Alamat email saya anzilia07@gmail.com. Terima kasih dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Anzilia, bab AP tidak berhubungan dengan farmasi. Sebaiknya anda pindah tim menjadi MPO, terima kasih.

      Hapus
  47. Assalamu alaikumm dr Taufik
    Saya dr suryani, SpA..dr RSUD Dompu, kami sedang mempersiapkan akreditasi, sy boleh minta bantuannya mengirimkan dokumen ( contoh kebijakan dan SPO) mengenai majemen penggunaan obat (MPO) dan asesmen pasien
    Email saya mysuryani@yahoo.com
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam dr. Suryani, sebelumnya silahkan pilih salah satu, MPO atau AP, terima kasih.

      Hapus
  48. selamat siang dok, saya adi dari RSUPS singaraja, mohon bantuannya untuk dikirmkan contoh SOP tentang MFK terima kasih, alamat email saya ketutadisudarma28@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Adi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  49. Selamat siang dokter, saya erwin dari RSUPS, mohon bantuanya dok, dikirim contoh dokumen, materi dan SPO yang terkaid dengan Akses Pelayanan dan Kontiunitas pasien dok,, alamat e-mail saya logika36@gmail.com, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Erwin, sebelumnya silahkan anda cantumkan secara lebih jelas nama rumah sakit serta posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  50. Assalamu alaikum, dokter. Saya Rahmah dari RSKDIA Siti Fatimah Makassar, dokter jaga sekaligus di pokja APK. Bolehkah saya dikirimkan contoh panduan di pokja APK di email saya fatimah1381@yahoo.com. Atas bantuan dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Rahmah, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  51. dok bisa bantu untuk membuat dokumen MFK kalau bisa dengan contoh2 nya dok. terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda perkenalkan diri terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  52. Selamat pagi dok, dan salam kenal, saya Panji dok dari RSI SH Jepara, sy kebetulan ditunjuk sebagai koordinator pokja MKI, mohon donk dok sudinya panjenengan mengirimkan panduak, sop maupun langkah yang berkaitan dengan MKI, ini alamat email sy dok, "ajieiyan@yahoo.co.id"

    BalasHapus
  53. selamat malam dok, saya sanra dari RS tentara Pekanbaru dok, mohon bantuannya untuk pokja PPI dokumen serta SOP nya, terima kasih.
    alamat email susanra88@Gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sanra, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih,

      Hapus
    2. Selamat Malam Dokter Taufik. Saya Nauli dr RSUD dr.H.Yuliddin Away Tapaktuan. mohon bantuannya untuk dokumen PPI berupa Kebijakan, Panduan/Pedoman dan SOP nya. alamat email gajah_nauli@yahoo.com

      Hapus
    3. Dear Nauli, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  54. dok saya rai dari rumah sakit TMC Tasikmalaya, dok saya belum paham tentang panduan edukasi pasien dan keluarga. karena di setiap standard PPK 1 sampai dengan PPK 6 itu disebutkan demikian. apakah isinya sama saja? mohon pencerahannya dan bila berkenan saya minta dikirimi contoh panduan standar PPK 1-PPK6

    BalasHapus
  55. alamat email saya raitunggalismaya@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rai, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  56. Pagi pak, saya Ardhiatul H dari RS Ridhoka Salma Cikarang Bekasi, mohon email contoh panduan, dokumen, SPO, Regulasi terkait Akreditasi KARS 2015 ke email saya ardhiatulhidayah@yahoo.com.Tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ardhi, silahkan anda cantumkan secara spesifik contoh dokumen apa yang anda inginkan, terima kasih.

      Hapus
  57. Selamat Pagi Dok, Saya Andri dari RS Prasetya Husada Malang, Mohon bantuannya untuk dikirim contoh dokumen Disaster Plan dan Kebijakan dokumen yang berkaitan dengan pokja MFK beserta SPO. Alamat Email saya:prasetyahusada@ymail.com. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Andri, contoh dokumen yang anda minta dapat diunduh pada tulisan saya diatas, terima kasih.

      Hapus
  58. mohon contoh dokumen mfk dok, dakwahbadko@gmail.com
    matornuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan perkenalkan diri anda terlebih dahulu.

      Hapus
  59. selamat pagi dokter taufik, saya abdul dari RS Menteng Mitra Afia. boleh minta kirimin contoh spo tentang MKI 18, yg menyangkut tentang pelaksanaan pengembangan regulasi dan pelaksanaan retensi regulasi dan spo yg sudah tidak berlaku ? sebelumnya terimakasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Abdul Azis, silahkan cantumkan alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  60. selamat siang dok, saya drg. jatu dari RSGM Purwokerto, saya minta bantuannya contoh pedoman/dokumen utk MKI. email saya jaturachel@yahoo.com , sebelumnya terimakasih banyak dok taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Jatu, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  61. Malam dok, maaf bisakah sy minta contoh spo ponek dok...
    terima kasih sebelumnya..
    Kusumawati76@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cantumkan nama RS anda terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  62. Selamat pagi dokter taufik santoso...saya dhana dari RSUD Blambangan Banyuwangi, mohon bantuannya dok, mohon dikirimkan semua dokumen tentang HPK (hak pasien dan keliuarga) ke alamat email : jackjtv89@gmail.com makasih dokter atas waktunya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon juga dokter, tolong kirimkan contoh dokumen tentang panduan dan spo tentang evaluasi kinerja staf keperawatan (KPS) dan spo tentang reassigmen staf keperawtaan serta bukti pelaksanaannya...makasih sebelumnya dokter atas bantuannya. makasih...

      Hapus
    2. Dear Dhana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    3. Terimakasih dokter,untuk HPK sdh saya terima dan saya pelajari,mohon maaf dokter untuk file dokumen yang kedua tentang KPS mengenai panduan evaluasi kinerja staf keperawatan,spo evaluasi kinerja staf keperawatan dan spo reassigmen staf keperawatan belum dikirim, mohon bantuannya dokter untuk mengirimkan 3 file diatas,terimakasih sebelumnya atas bantuannya...

      Hapus
    4. Dear Dhana, sebaiknya anda fokus pada satu bab saja, dan bab lain diserahkan ke rekan anda yang lain, terima kasih.

      Hapus
  63. salam hormat dokter taufik, mohon bantuan dengan sangat contoh dokumen TKP (Tata Kelola, Kepemimpinan dan Pengarahan)saya dari RSKJ Soeprapto Provinsi Bengkulu. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh dokumen TKP sudah anda miliki, misalnya, hospital bylaws, renstra, rencana anggaran belanja, dll.

      Hapus
  64. Selamat malam dok, saya dewi dari rsud menggala, lampung.mohon bantuannya untuk contoh pembuatan sop/kebijakan/panduan mengenai pokja APK. Terima kasih sblmnya dok. Alamat email: agustinadewi150@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dewi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  65. dokter saya dini dari rsud genteng banyuwangi mohon bantuanya... saya minta semua dokumen tentang pokja pp,ap,dan pab... mohon kirim ke alamat dwi.nurdhini@gmail.com
    terimakasih dokter atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dini, silahkan tentukan satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
  66. selamat siang dok, saya pokja apk, mohon diberikan contoh pengkajian igd yang menyangkut triage. terima kasih sebelumnya, (dadan.adri@gmail.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan cantumkan nama RS anda terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  67. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  68. Assalamulaikum Dr.Taufik saya Rizki dri banda aceh. saya sebagai tim persiapan akreditasi Rumah sakit. sya mhon bantuan nya dok bisakah mengirim contoh dokumen Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) Kebijakan/SK, Pedoman,SPO atau dokumen wajib setia sasaran skp..Email saya (ismailrizki.skm@gmail.com) trma ksih bnyak dok atas perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam, silahkan cantumkan nama RS anda terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
    2. RS ibnu sina Dok Mhon bantuannya untuk mngirim contoh dokumen SKP ke email sya (ismailrizki.skm@gmail.com) mksih dok

      Hapus
    3. Dear Ismail, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  69. halo dok,mohon bantuanny utk contoh data hasil program ppk dan sop ny
    alamat email jowy.slumber27@gmail.com, terimakasih bnyk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya silahkan anda perkenalkan diri anda terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  70. Dear dr.taufik..saya tika dari RS ISLAM MALAHAYATI MEDAN, saya anggota pokja pelayanan pasien...mohon bantuannya dok, kirimkan contoh dokumen dan penunjangnya dok baik kebijakan,prosedur dan spo ke email saya sartikapw90@gmail.com
    terima kasih atas bantuannya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tika, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  71. Selamat malam dok, saya fitri dr rs dinda.. Moho bantuannya dok untuk pembuatan , penyusunan dokumen serta SOP mengenai pokja PPI. Alamat email saya : pipitomicorazon@gmail.com,, terimakasih banyak dokterr...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fitri, mohon cantumkan lokasi RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  72. selamat malam dokter,saya butuh pokja dan sop laboratorium dan UTDRS.ini email saya lovely_dogil@yahoo.com terima kasih atas bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yetti, silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  73. Selamat siang dok, saya dari RSUD karawamg. mohon bantuan nya di kirimin contoh dokumen apa saja yg di butuh kan untuk pokja AP. Email saya heriansyah.hd@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Heriansyah, contoh dokumen yang and aminta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  74. Mohon ijin dokter..saya Ghozi dari madiun...mohon bantuannya untuk bahan dokumen akreditasi Pokja MKI...terima kasih sebelumnya dok..semoga ilmu yang ditularkan menjadi ilmu yang bermanfaat...alamat email : maoen2911@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ghozi, silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  75. Assalamualaikum, selamat siang dok, nama saya Heri Setiawan, bertugas di RSUD Cilegon Banten. Saat ini RS tempat saya bertugas sedang mempersiapkan Akreditasi versi 2012, saya dapat tugas sebagai sekretaris Pokja MFK, Mohon dengan sangat bantuan dokter untuk mengirimkan contoh Kebijakan, Pedoman atau panduan dan SOP-SOP yang berkaitan dengan Pokja MFK. Atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dok, alamat emal saya adalah herilovesetiawan@gmail.com

      Hapus
    2. Dear Heri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  76. Dear dr.taufik..saya Dr.anggri dari RSUD djoelham Binjai, Medan..saya mohon bantuannya dokter untuk mengirimkan contoh dokument untuk standard 1 di pokja HPK,PP dan MPO baik itu berupa kebijakan,panduan pedoman maupun spo..terima kasih dokter, email saya patientsfocus@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear dr. Anggri, silahkan anda tentukan satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
  77. selamat siang dok, saya uleng dari rs haji makassar, mohon bantuannya dok dikirimkan contoh kebijakan rumah sakit (kebijakan unit kerja dan kebijakan per pokja). Alamat email saya : ulengutari@gmail.com. Makasih sebelumnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Uleng, silahkan anda tentukan satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
  78. assalamualaikum...dr. Taufik,,saya wisnu dari RSU YARSI Pontianak, mohon bantuannya untuk dapat mengirimkan contoh dokumen spo/kebijakan/panduan team POKJA PPI...terima kasih....alamat email wisnu79wardhana@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Wisnu, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  79. dok, saya perawat yudha dari RSW ngawi... mau minta tolong contoh dokumen apa saja yang ada di pokja SKP dan MDGS.... makasih sebelumnya... alamat dimasyuda68@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yuha, silahkan anda pilih satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
    2. maaf sebelumya dokter... untuk skp mau minta bantuan pada skp 5 tentang hand hygiene pamduan pedoman dan spo... sedangkan mdgs pada bab 2 tb dan hiv blm paham apa saja dokumen yang harus ada dok... ... trimakasih sebelunya...

      Hapus
    3. Dear Dimas, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  80. Selamat siang dokter, mohon bantuannya utk dikirimkan contoh sop pada apk 3 ke dwi.retnowulandari@yahoo.co.id
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda perkenalkan diri terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  81. selamat dok..saya drg. faizal dari RSUD labuha, halmahera selatan, maluku utara..saya mohon dikirim dokumen akreditasi RS program khusus ke email gothicdentist@gmail.com terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda tentukan satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
    2. maaf sebelumnya dok..berhubung saya ketua tim akreditasi di RSUD Labuha..jika bapak berkenan..saya mohon dikirim 4 bab untuk program khusus, yaitu SPK, HPK, PPI, dan KPS..
      terima kasih sebelumnya..

      Hapus
    3. Untuk memenuhi apa yang anda maksudkan, anda dapat mengajukan permohonan pendampingan akreditasi, terima kasih.

      Hapus
  82. ASSWW PETUNJUK YG BAGUS. BILA ADA CONTOH DOKUMEN UNTUK HPK,SKP,PPI,KPS MOHON DI EMAIL KE rsia_primahusada@yahoo.com terimakasih.wassww

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda perkenalkan diri terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  83. siang dok..mhn bantu kirimkan contoh dokumen utk pokja MPO dan SKP ke email emmayulysafitri@gmail.com .atas bantuannya trimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda perkenalkan diri terlebih dahulu dan pilih satu bab yang ingin anda kuasai, terima kasih.

      Hapus
  84. Selamat sore dok. terima kasih sebelumnya atas bantuan dari dokter. kalo boleh aku minta dikirimkan contoh spo asesmen pasien (gizi, nyeri, resiko jatuh, pasien treminal dan pemulangan. alamat email musa.icu@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Musa, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  85. dear Dokter Taufik, perkenalkan saya Engelina dari RSS Kharitas Bhakti Pontianak bagian IFRS.. saya ingin tahu tentang kebijakan/panduan/SOP tentang penjelasan hak pasien dalam pelayanan & kebijakan/panduan/SOP tentang pemberian informasi termasuk rencana pengobatan,dari pokja HPK. mohon di emailkan ke email saya: engelina.huang at gmail.com
    mohon bantuannya ya pak. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Engelina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  86. selamat pagi dokter, saya yuni dari RSUD Siak, terima kasih sebelumnya atas jawaban yang telah dokter berikan, semoga bisa membantu, saya mohon bantuannya lagi dokter untuk mengirimkan contoh dokumen pokja mki karena kami masih banyak kendala dalam menyiapkan dokumen seperti regulasi, pedoman, sk, dan spo, terima kasih sebelumnya dokter, semoga bisa membantu kami.. alamat emailnya yuniedarwati@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yuni, silahkan anda cantumkan secara spesifik dokumen apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus