Rabu, 06 Juni 2012

Staf Qualification and Education - SQE / KPS

Untuk menjalankan misinya dan memenuhi kebutuhan pasien, rumah sakit membutuhkan tenaga terampil dan memenuhi syarat.  Pemimpin rumah sakit menentukan jumlah dan jenis staf yang dibutuhkan.  Perekrutan, evaluasi, dan penunjukan staf  dilakukan melalui proses yang terkoordinasi, efisien, dan seragam.

Dokumentasi keterampilan, pengetahuan, pendidikan, dan pengalaman kerja sebelumnya penting dilakukan. Demikian pula, pemeriksaan kredensial staf medis, keperawatan, dan professional kesehatan lainnya merupakan hal yang sangat penting dan harus dilakukan secara berhati-hati mengingat mereka terlibat dalam proses  perawatan dan bekerja secara langsung dengan pasien.

Rumah sakit harus memberikan kesempatan pada staf untuk belajar dan berkembang secara pribadi dan profesional. Dengan demikian, pelatihan dan kesempatan-kesempatan belajar lainnya harus diberikan kepada staf.

Hal-hal penting yang disyaratkan oleh bab Staf Qualification and Education dapat dilihat pada video slide berikut ini:

Anda juga dapat melihat slide presentasi tersebut di sini.
Sumber Utama: 
JCIA Standards for Hospital 4th. Edition

27 komentar:

  1. mhn informasi dan penerangan, jika profesi psikolog bagaimana, profesi ini memang baru ada praktek mandiri jg? apakah perlu uraian tugas ? dan previleg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas komentarnya. Untuk seluruh profesi yang diperbolehkan praktek secara mandiri oleh Undang-Undang, maka diberlakukan privileging. Jadi, jika Psikolog diperbolehkan praktik mandiri, sudah tentu perlu ada proses privileging juga. Bagaimana dengan uraian tugas? Uraian tugas hanyalah salah satu cara untuk memberi kewenangan. Jadi, bisa saja menggunakan uraian tugas, perjanjian, surat penugasan, atau metode lain seperti yang dilakukan kepada dokter. Demikianlah jawaban dari saya, mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan anda, terima kasih.

      Hapus
  2. Selamat pagi dokter. Saya anita dari RS jember
    Ingin mengetahui lebih banyak tentangKPS. Mohon ijin kiranya doktr bisa membantu terkait dokumen2 di KPS baik pedoman, spo dan formnya. Ini email saya dokk anitafadhilah@gmail.com trimks atas kebaikan dokter

    BalasHapus
  3. salam dokter,....
    saya aisyah drai rs paru respira jogja...rs kami persiapan akreditasi dan kebetulan saya kebagian pokja KPS...mohon bisa dibantu contoh dokumen, sop, panduan or kebijakan serta form yang dibutuhkan..
    mohon diemailkan ke olivya.sy@gmail.com

    terima kasih atas bantuan dan kebaikan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Aisyah, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  4. selamat siang...
    salam...
    saya erma dari salah satu RS swasta di pasuruan...
    dimana RS kami sedang persiapan akreditasi. kami ingin mengetahui lebih banyak tentang KPS. kami mohon bantuan dokter, untuk membantu memberikan contoh dokumen, SOP,Panduan, kebijakan dan form2 yang dibutuhkan.
    saya mohon di emailkan ke irmaz009@yahoo.com
    terimakasih atas bantuan dan kebaikan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Erma, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  5. Selamat siang dokter,
    saya Ledyana dari RS. Ernaldi Bahar Palembang, mohon kiranya dibantu contoh dokumen Panduan, Kebijakan, SPO serta Form yang berhubungan dengan Pokja KPS.
    Mohon di emailkan ke : Ledyana.erba@gmail.com
    Terimakasih atas bantuan dan kebaikannya dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ledyana, silahkan anda cantumkan secara lebih spesifik contoh dokumen apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
    2. Pagi dokter...sukses selalu. saya dari rsud dr. Slamet Garut, mohon pencerahan konsep dan contoh dokumen untuk pokja KPS. kebetulan kami dalam persiapan akreditasi rumah sakit. terimakasih. mohon di email konsep dan contoh dokumen ke alamat email saya ainxgaroet2@gmail.com, atas sharing ilmunya kami sampaikan terimakasih.

      Hapus
    3. Dear Andri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  6. selamat siang dr.taufik, saya dr.arsi dari rumah sakit swasta di mataram, mohon dibantu dok untuk contoh dokumen, sop,panduan, pedomann terkait KPS dan dokumen yg diperlukan, alamat email saya arsi_oeoen@yahoo.com
    terimakasi dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  7. selamat siang pak dokter, saya adi dai RSU Parama Sidhi Singaraj Bali, saya ingin mengetahui lebih banyak info tentang KPS baik itu pedoman, spo dan formnya, alamat email saya ketutadisudarma28@gmail.com terima kasih pak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear adi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  8. Selamat malam Pak Dokter,
    saya Is dari RSUD Praya, Lombok. kebetulan sekarang sedang mempersiapkan diri untuk akreditasi dan saya ingin mengetahui lebih banyak tentang Pokja KPS. Mohon kiranya bisa dibantu terkait contoh2 dokumen KPS seperti SOP, Panduan, Kebijakan/Regulasi, dokumen terkait lainnya serta form2 yang dibutuhkan dalam pokja KPS. Mohon di emailkan ke ismangoen@gmail.com.
    Terima kasih atas bantuan dan kesediaanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Is, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  9. Selamat siang dokter. Saya Nurliana dari RSU.Wulan Windi Medan. Saya POKJA KPS.
    Mohon ijin kiranya dokter mau memberi kami contoh-contoh dokumen terkait KPS seperti Pedoman/Panduan,kebijakan, SPO dan form yang harus ada pada BAB KPS.
    Mohon kiranya dokter berkenan mengirimkan ke email saya nurlianaamkebskm@gmail.com. Terimakasih atas bantuan dan kebaikannya dokter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurliana, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  10. selamat siang...
    salam...
    saya alfiah dari salah satu RS Bojonegoro
    dimana RS kami sedang persiapan akreditasi. kami ingin mengetahui lebih banyak tentang KPS. kami mohon bantuan dokter, untuk membantu memberikan contoh dokumen, SOP,Panduan, kebijakan dan form2 yang dibutuhkan.
    saya mohon di emailkan ke alfiahsajadeh@gmail.com
    terimakasih atas bantuan dan kebaikan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Assalamu"alaikum dokter. saya Wisnu dari RS Paru Respira Yogyakarta. saat ini mendapat tugas di pokja mfk. mohon bantuan dokter untuk contoh kebijakan, pedoman, panduan, spo terkait MFK.
    mohon di emailkan ke wis_nu_aja@yahoo.com
    Terima kasih atas bantuan dan kebaikan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Wisnu, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  14. Selamat siang dokter. Saya Ega dari RS UKM Bandung. Saya dari POKJA KPS.
    Mohon ijin kiranya dokter mau memberi kami contoh-contoh dokumen terkait KPS seperti Pedoman/Panduan,kebijakan, SPO dan form yang harus ada pada BAB KPS beserta implementasimya.
    Mohon kiranya dokter berkenan mengirimkan ke email saya eggapermana@gmail.com. Terimakasih atas bantuan dan kebaikannya dokter...

    BalasHapus
  15. Selamat siang dokter. Saya Ega dari RS UKM Bandung. Saya dari pokja KPS.
    Mohon ijin kiranya dokter mau memberi kami contoh-contoh dokumen terkait KPS seperti Pedoman/Panduan,kebijakan, SPO dan form yang harus ada pada BAB KPS beserta implementasinya
    Mohon kiranya dokter berkenan mengirimkan ke email saya eggapermana@gmail.com. Terimakasih atas bantuan dan kebaikannya dokter...

    BalasHapus