Kamis, 22 November 2012

Gratis Kursus Bahasa Inggris

Menguasai bahasa Inggris bagi kita saat ini adalah penting.  Tanpa menguasai bahasa Inggris, kita selah-olah hidup tertinggal dari peradaban masa kini.  Hal ini wajar, karena saat ini memang penguasa peradaban adalah orang-orang yang berbahasa Inggris.  Sehingga, semua produk kemajuan peradaban dan kebudayaan manusia ditulis dalam bahasa Inggris. Dan kalau kita ingin mempelajarinya, ya harus menguasai bahasa Inggris. Hal ini sama saja berlaku pada bahasa Arab pada masa abad pertengahan dulu.  Karena penguasa peradaban pada masa itu adalah orang yang berbahasa Arab, maka seluruh produk peradaban masa itu menggunakan bahasa Arab.  Sehingga, orang - orang yang ingin menuntut ilmu pada saat itu harus menguasai bahasa Arab.

Kursus bahasa Inggris yang baik haruslah punya metode yang baik untuk belajar bahasa.  Bagaimana metode yang baik itu? Metode yang baik untuk belajar bahasa adalah meniru bagaimana manusia belajar bahasa, yaitu seperti bayi memulai belajar bahasa.  Pertama adalah mendengarkan, selanjutnya meniru, memahami, praktek mengucapkan, membaca, dan terakhir menulis.

Namun, bagi sebagian orang, kursus bahasa Inggris sebagai media untuk menguasai bahasa Inggris masih menjadi kendala.  Berbagai kendala diantaranya: mahal, tidak terstruktur dengan baik, hanya beberapa kali dalam seminggu, tidak dipraktekkan dalam keseharian, tidak belajar langsung dari sumbernya, dan berbagai kendala lain yang menyebabkan kondisi dimana ada orang sudah kursus bertahun-tahun, tetapi tetap saja tidak bisa berbahasa Inggris.

Nah, saya ingin menyampaikan kepada anda, bahwa kita sebenarnya bisa mengikuti kursus bahasa Inggris yang terstruktur dengan baik, tersedia 24 jam sehari dan 7 hari seminggu non stop, bisa dipraktekkan setiap saat tanpa batas waktu, langsung belajar dari orang yang berbahasa Inggris, dijamin bisa karena dirancang dengan professional dan sudah teruji, dan GRATIS.  Kalau disebut ada biaya, biayanya hanyalah koneksi internet.

Dibawah ini saya bahas satu per satu sumber kursus tersebut:

1. Voice of America (VOA)
VOA menyediakan berbagai variasi kursus bahasa Inggris. Mereka punya program yang disebut:
  • Special English. Program ini khusus untuk melatih mendengarkan bahasa Inggris. Tersedia audio dan teks yang dapat di download. Bahasa Inggris diucapkan dengan perlahan, jelas, dan kosa kata yang sederhana. Dengan ikut program ini, “telinga” anda lama kelamaan terbiasa dengan ucapan bahasa Inggris. Anda dapat melihat websitenya disini.
  • The Classroom. Program ini menyediakan berbagai latihan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anda. Silahkan lihat disini
  • VOA juga menyediakan sumber materi pelajaran membaca (teks) dan mendengarkan (audio) bahasa Inggris yang merupakan kompilasi program special English mereka sejak tahun 2000. Anda tinggal klik dan download disini.
2. Effortless English
Effortless English menyediakan program yang sangat menantang. Dari namanya saja, mereka mempromosikan cara menguasai bahasa Inggris tanpa “effort” atau bersusah payah. Ini dia websitenya. Anda juga bisa download gratis audionya disini. 

3. English From Radio Australia
English from radio Australia menyediakan program yang cukup lengkap. Programnya terdiri dari : Bahasa Inggris untuk studi di Australia, bahasa Inggris untuk bisnis, bahasa Inggris pariwisata, dan bahasa Inggris dari Australia. Semua program tersebut tersedia teks dan audionya gratis. Anda tinggal klik dan download disini. 

4. British Council
British Council menyediakan program berdasarkan berbagai kriteria, yaitu : kids, teen, adult, professional, dan lain-lain. Tersedia juga teks dan audio yang dapat didownload secara gratis. Silahkan lihat websitenya disini.

Nah, sekarang silahkan dipilih-pilih program yang paling cocok untuk anda. Dan, selamat belajar bahasa Inggris.

5 komentar:

  1. Mas Taufik ini baik sekali mau share ilmunya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  2. info yang sangat bagus dan bermamfaat. yang saya gunakan British Council cukup bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda.

      Hapus
  3. Pengen belajar bahasa inggris lebih baik lagi, KAMPUNG INGGRIS PARE adalah tempat yang tepat dengan metode yang tepat pula.

    BalasHapus