Sabtu, 25 Mei 2013

Keselamatan Pemberian Obat / Medication Safety

Akreditasi RS 2012 / JCI dalam standar MPO / MMU 6.1 mensyaratkan prosedur verifikasi sebelum obat diberikan kepada pasien.  Prosedur verifikasi itu dikenal dengan “6 benar”.  Enam benar itu adalah:

1. Benar Pasien
Sebelum obat diberikan kepada pasien, identitas pasien dicocokkan untuk memastikan bahwa memang pasien itulah yang akan kita berikan obat.  Caranya adalah dengan menerapkan prosedur Identifikasi Positif.

2. Benar Obat
Nama obat-obatan yang akan diberikan, dicocokkan dengan resep atau daftar obat pasien, untuk memastikan bahwa memang obat itulah yang akan diberikan kepada pasien tersebut.

3. Benar Waktu dan Frekuensi
Waktu dan frekuensi pemberian obat dicocokkan dengan resep atau daftar obat pasien, untuk memastikan kebenaran waktu dan frekuensi pemberiannya.

4. Benar Rute
Rute pemberian obat (oral, parenteral, intra vena, intra muscular, dll) dicocokkan dengan resep atau daftar obat pasien, untuk memastikan kebenaran rute pemberiannya.

5. Benar Dosis
Dosis obat dicocokkan dengan resep atau daftar obat pasien, untuk memastikan kebenaran dosisnya.

6. Benar Pencatatan
Setelah obat diberikan, lakukan pencatatan dengan benar di di rekam medis, untuk memastikan tidak terjadi duplikasi pemberian atau sebaliknya, obat tidak diberikan.

Anda pun dapat melihat video “6 benar” di bawah ini:



Sumber:
  1. Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals 4th. Edition
  2. Youtube video: Rights of Medication Administration

Tidak ada komentar:

Posting Komentar