Kamis, 30 Mei 2013

Komunikasi Efektif

Standar akreditasi RS 2012 SKP.2 / JCI IPSG.2 mensyaratkan agar rumah sakit menyusun cara komunikasi yang efektif, tepat waktu, akurat, lengkap, jelas, dan dapat dipahami penerima. Hal itu untuk mengurangi kesalahan dan menghasilkan perbaikan keselamatan pasien.  Bentuk komunikasi yang rawan kesalahan diantaranya adalah instruksi untuk penatalaksanaan pasien yang diberikan secara lisan atau melalui telepon.  Bentuk lainnya berupa pelaporan hasil tes abnormal, misalnya petugas laboratorium menelepon ke ruang perawatan untuk melaporkan hasil tes pasien.

Rumah sakit perlu menyusun kebijakan dan atau prosedur untuk mengatur pemberian perintah / pesan secara lisan dan lewat telepon.  Kebijakan dan atau prosedur itu harus memuat: 
  • Perintah lengkap, lisan dan lewat telepon, atau hasil tes dicatat si penerima. 
  • Perintah lengkap, lisan dan lewat telepon, atau hasil tes dibaca-ulang si penerima. 
  • Perintah dan hasil tes dikonfirmasikan oleh individu si pemberi perintah atau hasil tes. 
  • Pelaksanaan yang konsisten dari verifikasi tepat-tidaknya komunikasi lisan dan lewat telepon.
  • Alternatif yang diperbolehkan bila proses membaca-ulang tidak selalu dimungkinkan, misalnya di ruang operasi dan dalam situasi darurat di bagian gawat darurat atau unit perawatan intensif.
Contoh kebijakan perintah lisan dan lewat telepon dapat dilihat di sini. 

Poster untuk pengingat dan kampanye keselamatan pada perintah lisan dan lewat telepon dapat dilihat di sini. 

Sumber:
  1. Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals 4th. Edition.
  2. Improving the Safety of Telephone or Verbal Orders Pennsylvania Patient Safety Authority

231 komentar:

  1. dokter Taufik yang terhormat, saat ini saya sedang menyusun panduan untuk komunikasi dalam rumah sakit. apakah saya boleh membaca contoh panduan tersebut dok?
    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.
    winny frida dr, team hummark rs bethesda yogyakarta
    email kami marketingbethesda@yahoo.com. terimaksh sekali

    BalasHapus
  2. Dear dr. Winny, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

    BalasHapus
  3. Dok, saya Nurwahidah anggota tim akreditasi RSI Faisal Makassar sementara ini ditugasi menyusun SPO tentang tehnik komunikasi efektif via telepon (biasa/cito) khususnya ke unit2 penunjang diagnostik (Lab, Radiologi, OK dll). Jika dokter bersedia saya ingin melihat contoh/form seperti yang dimaksud. Bila tidak berkeberatan, mohon dikirimkan contoh dokumen yang dimaksud ke alamat email kami : ogi.badisca@gmail.com.... sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurwahidah, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  4. Dr Taufik yang terhormat, maaf masih selalu meminta bantuan dokter, saat ini saya sedang menyusun panduan untuk komunikasi dalam rumah sakit. apakah saya boleh membaca contoh panduan komunikasi yang efektif dok?
    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

    email saya dartono@iskystudio.com

    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dartono, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  5. Selamat pagi Dokter Taufik, perkenalkan saya Dina anggota Tim Akreditasi RSU Haji Surabaya. Saat ini saya mendapatkan tugas dari rumah sakit untuk membuat panduan komunikasi di rumah sakit. Apabila Dokter berkenan, apakah boleh saya membaca panduan komunikasi yang disusun oleh Dokter Taufik? Apabila Dokter berkenan, apakah bisa dikirimkan ke email saya di dina_astuti.mpsi@yahoo.co.id terima kasih banyak atas informasi yang Dokter sampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  6. Yth Dr Taufik Santoso Saya tertarik dengan apa yang dokter sampaikan dalam tulisan dalam blog dokter, saat ini saya sedang mempeersiapkan akreditasi rumah sakit khususnya pokja MKI, jika dokter berkenan saya mohon diberikan penjelasan atau dokumen apa yang diperlukan untuk bagian MKI seperti dokumen panduan pelayanan pemberian informasi, panduan pelayanan atau yang lainnya.. Terimakasih banyak Dok

    drizal.dong@gmail.com
    dederizal@aol.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dede, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  7. yth dr Taufik Santoso, saya juga sedang mempersiapkan akreditasi RS khususnya pokja MKI
    mohon penjelasan dokumen apa yang diperlukan untuk bagian MKI seperti dokumen panduan pelayanan pemberian informasi, panduan pelayanan, SPO atau yang lainnya ke alvinkosasih@gmail.com .
    tk, alvin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Alvin, sebelumnya mohon sebutkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  8. Selamat pagi Dokter Taufik, perkenalkan saya Dina anggota Tim Akreditasi Benyamin Guluh Kolaka sultra. Saat ini saya mendapatkan tugas dari rumah sakit untuk membuat panduan komunikasi di rumah sakit. Apabila Dokter berkenan, apakah boleh saya membaca panduan komunikasi yang disusun oleh Dokter Taufik? Apabila Dokter berkenan, apakah bisa dikirimkan ke email saya di ratnarsbg@yahoo.co.id terima kasih banyak atas informasi yang Dokter sampaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dian, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  9. Selamat siang Dok, perkenalkan saya Akh. Ruswanto dari dari Tim Akreditasi MKI RSI Purwokerto. Saat ini saya sedang menyusun panduan MKI di Rumah Sakit.Kiranya dokter bisa membantu kami memberikan panduan komunikasi yang dokter susun kepada saya ? Mohon perkenan dokter untuk mengirimkan ke email kami ruswanto.info@gmail.com..Terima kasih atas informasi yang Anda sampaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ruswanto, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  10. yth dr Taufik Santoso. Perkenalkan saya Muhammad Ramdan. Saya salah satu anggota Tim Akreditasi RS. Akademis Jaury Makassar khususnya Pokja SKP, sasaran peningkatan komunikasi yang efektif. Mohon penjelasan panduan pelayanan atau SOP peningkatan komunikasi yg efektif...
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    muhammadramdan59@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ramdan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  11. yth dr Taufik Santoso perkenalkan nama saya Dian.Saya salah satu tim akreditasi RS PTPN IV P SIANTAR khususnya POKJA SKP.Mohon penjelasan dan contoh SOP komunikasi yg efektif,khususnya komunikasi via telp.Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih
    diankomalasari81@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Dian, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  12. dear dr Taufik, saya baru saja ditunjuk dalam tim akreditasi RSA Bojonegoro dan sedang menyusun panduan komunikasi efektif. Jika dokter berkenan, boleh saya membaca SOP dan Panduan tentang komunikasi efektif dalam rumah sakit dok.. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Fandhi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  13. Maaf sebelumnya berikut email saya dok.. asmiadji@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Dr Taufik yang terhormat, saya mahasiswa rekam medis UGM, akan menyusun tugas akhir terkait MKI (Manajemen Komunikasi dan Informasi) bolehkah saya meminta referensi contoh dokumen MKI di rumah sakit? Mohon bantuannya Bapak Dr. Taufik yg terhormat.. atas bantuan Bapak saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih. email retnowati625@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Retno, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  15. dr Taufik yth saya murni perawat IGD RS. Prima medika Pemalang, langsung saja ya dokter saya mau tanya tentang pembuatan SPM IGD?Terima kasih sebelum dan sesudahnya, Semoga Sehat dan sucses selalu untuk dokter .ini email saya aurellio_zie@rocketmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Murni, jika yang anda maksud SPM adalah standar pelayanan minimal, maka anda dapat melihat referensi yang dikueluarkan IDI perihal tersebut, terima kasih.

      Hapus
  16. selamat siang dr .Taufik, perkenalkan sya drg. Widayati Retnaningsih bekerja di RS.Panti Waluyo, surakarta. saya saat ini mendapat tugas menyusun Panduan komunikasi dalam rumah sakit, apakah saya diperkenankan untuk membaca contoh panduan tersebut? sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  17. Yth. Dokter Taufik , perkenalkan nama saya Anna bekerja di RS Budi Kemuliaan .Saat ini saya dan tim sedang mendapat tugas menyusun panduan komunikasi dalam Rumah sakit , apakah saya diperkenankan untuk membaca contoh panduan yang Dokter buat tersebut? Apabila dokter berkenan mohon dikirim ke annamarianarahma@gmail.com sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Anna, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  18. selamat siang dr .Taufik, perkenalkan sya drg. Widayati Retnaningsih bekerja di RS.Panti Waluyo, surakarta. saya saat ini mendapat tugas menyusun Panduan komunikasi dalam rumah sakit, apakah saya diperkenankan untuk membaca contoh panduan tersebut? Tanggapan dokter mohon dapat dikirimkan ke alamat email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com .Sebelum dan sesudahnyanya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  19. Yth Dr Taufik Santoso Saya tertarik dengan apa yang dokter sampaikan dalam tulisan dalam blog dokter, saat ini saya sedang mempeersiapkan akreditasi rumah sakit khususnya pokja MKI, jika dokter berkenan saya mohon diberikan penjelasan atau dokumen apa yang diperlukan untuk bagian MKI seperti dokumen panduan pelayanan pemberian informasi dan komunikasi, panduan pelayanan atau yang lainnya. Terima Kasih.
    nugrohoadiyanto@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Nugroho, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
    2. Saya bekerja di RS.Panti Waluyo Yakkum Surakarta. Saya bekerja di Bag. Rekam Medis. Mohon saran dan Pencerahan Dokter.
      Terima Kasih.

      Hapus
    3. Dear pak Nugroho, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. Terima kasih kiriman emailnya dokter, GBU dan sukses selalu...

      Hapus
  20. Yth.Dr. Taufik,,Saya Akh. Ruswanto dari Tim Akreditasi RS Islam Purwokerto Pokja MKI, maaf masih meminta bantuan Dokter. Saya masih membutuhkan contoh dokumen, contoh kebijakan dan contoh SPO Pemberian Informasi telepon,.Apabila Dokter erkenan, saya mohon bantuannya untuk dikirimkan ke alamat Email saya, ruswanto.info @gmail.com...Semga Dokter diberikan kemudahan dan kebaikan oleh Allah SWT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Ruswanto, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  21. Yth. dr. Taufik Santoso saya Kurnia bagian Rekam Medis dari Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta..mohon bimbingan dan pencerahannya tentang akreditasi JCI kelompok AP...khususnya mengenai SPO formulir Rekam Medis yang Terintegrasi..dan Contoh Buku Pedoman Rekam Medis yang diperlukan..Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih kepada dr. Taufik Santoso atas perhatian dan bantuannya..Sukses dan sehat selalu buat dokter...kurniayoufanta@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Kurnia. Pertanyaan anda belum spesifik. Tolong bantu saya dengan mencantumkan standar nomor berapa dari akreditasi yang anda maksud. Terima kasih.

      Hapus
    2. Contoh- contoh dokumen Standar AP. 1 sampai AP. 4 terutama mengenai rekam medis seperti SPO Penerimaan maupun pemeriksaan pasien rawat Jalan, Rawat Inap, UGD yang teridentifikasi, Rencana Pemulangan Pasien, Pasien Meninggal, SPO Asesmen yang dituangkan dalam Rekam Medis,SPO Pengisian Dokumen Rekam Medis yang harus diisi masing-masing profesi,SPO Pengisian Berkas Rekam Medis 1 x 24 jam, SPO urutan Rekam Medis.Mohon Maaf dokter terlalu banyak contoh yang saya perlukan.Saya ucapkan banyak Terima Kasih atas bantuannya...

      Hapus
    3. Dear Kurnia, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. Terima kasih banyak dr. Taufik Santoso atas bantuannya dokumen yang telah dikirim ke alamat email saya sudah saya terima.Semoga dr. Taufik Santoso selalu diberi kesehatan dan sukses selalu..

      Hapus
  22. Terima kasih dr. Taufik untuk kiriman email yang saya minta sudah saya terima. Kali ini perkenankan saya drg. Widayati Retnaningsih dr RS. Panti Waluyo masih minta tolong untuk bisa membaca contoh kebijakan dan pedoman tentang pengaturan keamanan dan permintaan informasi dan data.(MKI standar 11). Atas bantuan dan perkenan dari dr. Taufik saya ucapkan banyak terima kasih. apabila berkenan mohon dr. Taufik mengirimkan ke email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  23. terima kasih dr. Taufik untuk kiriman email contoh kebijakan yg saya minta, kiriman filenya sangat membantu saya membuat kebijakan yang harus saya buat.

    BalasHapus
  24. selamat siang dok, maaf saya masih selalu minta bantuan dr. Taufik untuk berkenan memberi contoh kali ini kami mohon dr. Taufik mengirimkan ke email saya widayatiretnaningsih939@gmail ,pedoman/kebijakan /SPO tentang perubahan regulasi RS untuk memenuhi kebutuhan dokumen MKI 18. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  25. Selamat malam dr Taufik saya Herny Engeline dari RS Petala Bumi Pekanbaru. Saat ini kami sedang menyusun panduan komunikasi efektif. Mohon penjelasan dr tentang panduan tentang komunikasi efektif dalam rumah sakit dan SPO nya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Herny, sebelumnya mohon cantumkan alamat email anda. Komunikasi efektif sebagaimana yang dimaksud dalam SKP 2 adalah apa yang dikenal dengan sebutan "read back". Sehingga, anda harus membuat pedoman dan SPO mengenai hal itu, terima kasih.

      Hapus
    2. Selamat pagi dr. Taufik, email saya
      engeline.panjaitan@gmail.com

      Hapus
    3. Dear Herny, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  26. Selamat pagi dr. Taufik. Saya Adelina dari RSIA. Stella Maris dok. Saya bekerja sebagai Sekretaris purnawaktu untuk tim Akreditasi RSIA. Stella Maris. Blog ini sangat bermanfaat dan membuat saya semangat dalam mempersiapkan akreditasi versi 2012. Saat ini kami sedang membahas dan menyusun dokumen untuk pokja APK dan HPK. Jika Dokter berkenan, bolehkah saya membaca contoh kebijakan, pedoman/panduan, SPO dan contoh Form implementasi untuk kedua pokja tersebut? Jika dokter berkenan, mohon dikirim ke email: adel_baho@yahoo.com ya dok. Maaf atas permintaan saya yang banyak ini dok. Terimakasih banyak ya dok. Sukses selalu untuk dr. Taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Adelina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Terimakasih atas kiriman dokumennya dok. Kalau contoh panduan skrining pasien, saya boleh dapat Dok? Trimakasih sebelumnya ya dok.

      Hapus
    3. Dear Adelina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  27. Yth. Dr. Taufik Santoso,..saya Noor perekam medis di RSUD Panembahan Senopati Bantul . .mohon maaf sebelumnya,..saya ditugasin di MKI untuk membuat SPO dan Panduan komunikasi efektif. .kalau diperkenankan saya mohon dikirim SPO/Panduan lewat email : noor.khay@gmail.com terimakasih sebelumnya . . sukses & sehat selalu untuk dr. dan keluarga. .amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Noor, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Perlu dipahami, ada lagi kebijakan komunikasi efektif untuk memenuhi persyaratan SKP.2. Terima kasih.

      Hapus
  28. slamat siang yth.dokter taufik, saya MK Widodo sbg anggota Tim akreditasi RSUD Jombang di beri tugas untuk membuat spo dan panduan komunikasi efektif, mohon maaf dokter sebelumnya bila tidak keberatan dan berkenan saya dikirim SPO/panduan, email saya : widodoupw@yahoo.co.id....salam sehat dan sukses selalu dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Widodo, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Contoh tersebut untuk memenuhi dokumen SKP.2, terima kasih.

      Hapus
    2. trima kasih banyak dokter......

      Hapus
    3. maaf dokter, ini ada teman kami dari pokja lain menyakan untuk panduan pendidikan & keluarga (PPK) apakah dokter bersedia mengirim contohnya pada kami, saya ucapkan banyak terima kasih dokter..

      Hapus
    4. Dear Widodo, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  29. Yth Dr Taufik Santoso Saya tertarik dengan apa yang dokter sampaikan dalam tulisan dalam blog dokter, saat ini saya sedang mempeersiapkan akreditasi rumah sakit khususnya pokja MKI, jika dokter berkenan saya mohon diberikan penjelasan dan contoh dokumen apa yang diperlukan untuk bagian MKI seperti dokumen panduan pelayanan pemberian informasi, panduan pelayanan atau yang lainnya.. Terimakasih banyak Dok. email saya : hstamam@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tamam, sebelumnya mohon cantumkan nama organisasi tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. mohon maaf dokter,saya salah satu anggota akreditasi sub pokja MKI dari RSUD Kab jombang,kami kesulitan dalam pembuatan pedoman MKI....kami ucakan banyak trima kasih dan mohon maaf atas ketidak lengkapan data kami tadi....

      Hapus
    3. Dear Tamam, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  30. mohon maaf dokter, ini ada salah satu dokter saya ketua sub pokja VII ( PPK ) RSUD Jombang, mohon diberikan contoh bagaimana tentang Pedoman/kebijakan/SOP pengorganisasian PPK ( elemn 1 ), Psien pulang untuk dirujuk ke Komonitasnya ( elemen 3), edukasi secara kolaboratif ( elemen 6). sebelumnya kami ucapkan banyak trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Tamam, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  31. Mohon maaf dokter ini Email saya : hstamam@gmail.com

    BalasHapus
  32. selamat malam dok, mohon maaf saya drg. widayati retnaningsih dari RS. Panti Waluyo Surakarta,masih membutuhkan bantuan dr. Taufik dalam usaha menyusun pembuatan SPO tentang teknik komunikasi efektif via telpon baik cito ataupun tidak dengan unit penunjang pelayanan (radiologi, laboratorium, farmasi, dan gizil). Apabila berkenan kiranya dr. taufik berkenan memberikan contoh kepada saya email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  33. dokter Taufik yang terhormat, saat ini saya sedang menyusun prosedur tetap dan panduan yg menyangkut u komunikasi efektif dalam rumah sakit. apakah saya boleh mendapatkan contoh protap2 dan contoh panduan tersebut dok?
    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.
    M Natsir Latief, Msc,Apt Ketua Pokja Komunikasi Efektif
    email kami natsirlatief69@gmail.com terimaksh sekali dan sukses selalu dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Natsir, sebelumnya mohon cantumkan nama RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  34. Dokter, dalam rangka akreditasi rumah sakit kami di lampung type c. berkenan kiranya untuk memberikan contoh dokumen khusus untuk standar PMKP, TKP...(eail saya : sugeng.uripto@gmail.com) terima kasi atas bantuannya.

    BalasHapus
  35. Dokter, saya dari rs swasta natar medika di lampung, dalam rangka akreditasi mohon bantuan untuk diberikan contoh dokumen standar tatakelola, kepemimpinan dan pengarahan (TKP) serta manajemen fasilitas dan keselamatan (MFK), untuk segera kami pelajari....(email saya : sugeng.uripto@gmail.com) terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sugeng, sebelumnya silahkan tentukan bab apa yang menjadi tanggung jawab anda untuk didiskusikan. Bab lain silahkan berikan kepada tim lain. Terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih Dokter, saya masuk dalam tim yang membahas pada Bab Tata kelola, kepemimpinan dan pengarahan (TKP) serta Bab Manajemen fasilitas dan keselamatan (MFK). Semoga bapak berkenan mengirimkan contoh dokumen yang sdh baku sehingga kami dapat pelajari kembali. terima kasih (email : sugeng.uripto@gmail.com)

      Hapus
    3. Dear Sugeng, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  36. selamat siang dr Taufik, saya widayati retnaningsih drg, sebagai koordinator MKI saya masih bingung untuk pembuatan pedoman transfer informasi kiranya dr. taufik berkenan memberikan contoh kepada saya. apabila berkenan mohon dikrmkan contohnya melalui email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com
    terima kasih banyak untuk perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg, Widayati, mohon dijelaskan secara spesifik standar MKI nomor berapa yang anda maksud, terima kasih.

      Hapus
  37. Maaf dr Taufik bila berkenan mohon dikirimkan contoh panduan Transfer Pasien kepada saya drg. Widayati dari standar MKI yang saat ini saya sedang berusaha menyusun panduan untuk melengkapi dokumen MKI standar 8. bila berkenan email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com. Terima kasih dr. Taufik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  38. Selamat siang dr. Taufik, saat ini kami sedang merevisi Panduan Penyelenggaraan Rekam Medik yang sudah dipunyai rumah sakit kami, bila diperkenankan kami mohon dikirimkan contoh Panduan Penyelenggaraan Rekam Medik untuk bahan referensi bagi kami dalam melakukan revisi, Email saya widayatiretnaningsih939@gmail.com. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  39. selamat siang Dokter, saya Nurmalita anggota tim akreditasi dari RSI Unisma Malang,di tugasi untuk menyusun SPO tentang Teknik Komunikasi Efektif via telp. bila di perkenankan saya mohon dikirimkan contohdokumen yang di maksud ke alamat email saya : nurma_l@ymail.com
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nurma, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  40. Dear Dokter Taufik, saya Karyo Soyo Aji (rampall.soyo835@gmail.com) anggota tim akreditasi dari RSUD Kajen kab. Pekalongan, pokja HPK. saat ini saya masih kesulitan menyusun Pedoman, Panduan dan SPO tentang Hak Pasien dan Keluarga. Bila diperkenankan, saya mohon dikirimi contoh dokumen tentang Pedoman, Panduan dan SPO tentang Hak Pasien dan Keluarga.
    Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terimakasih dokter.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Karyo, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  41. Selamat pagi dokter.Saya Ellin Prasetiyani dari RSUD Kota Madiun.Saat ini RS kami sedang mempersiapkan akreditasi JCI dan saya bertugas untuk mempersiapkan Komunikasi efektif.Mohon bantuan dari dokter dokumen dan pelatihan apa saja yang harus saya persiapkan.Dan bila tidak merepotkan mohon dikirim ke email saya ellinprasetiyani@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ellin, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda. Untuk pelatihan, bentuknya adalah sosialisasi dari kebijakan tersebut. Jangan lupa absensi, materi pelatihan, dan post test disimpan sebagai bukti pelatihan. Thanks.

      Hapus
  42. yth dr Taufiq saya Istikharoh (istikharohmusa@gmail.com) tim pokja HPK RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan kami kesulitan untuk membuat pedoman RS ttg perlindungan hak pasien dan keluarga, pedoman tentang perlindungan pasien dari kekerasan fisik, pedoman RS tentang menjaga kerahasian pasien kami mohon bantuan contoh dokumen yang bisa diprint trims ats bantuannya smga kami segera dpt menyelesaikan tugas tersebut

    BalasHapus
  43. yth.dr.Taufik saya istikharoh tim pokja HPK RSUD Kajen kab.pekalongan kami kesulitan untuk membuat dokumen pedoman RS ttg perlindungan hak pasien dan keluarga, pedoman ttg perlindungn pasien dari kekerasan fisik, pedoman RS ttg menjaga kerahasian pasien, kami mohon bantuan contoh dokumen yang bisa dprint, trims ats bantuanya email saya : istikharohmusa@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Istikharoh, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  44. Yth. dr. Taufik, saya Evi Wahyu Harini dari Pokja MKI RSUD Kabupaten Sidoarjo. Kami mohon bantuan untuk dokumen yang terkait dengan pokja MKI, terutama MKI 2 Ep. 3, MKI 10-11, dan MKI 20.1 ep.2. Mohon dikirim ke email saya eviwahyuharini@yahoo.com. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Evi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  45. Yth. dr.Taufik, saya wahyuni dari RS UGM. saat ini kami sedang mempersiapkan untuk mengajukan akreditasi. terkait dengan Komunikasi Efektif, apakah diperkenankan kami mohon panduan untuk menyusun komunikasi di rumah sakit dan SPO tentang teknik komunikasi efektif. alamat email kami: nenggi_rsa@yahoo.com. terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wahyuni, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Terima kasih, Dok. sudah kami terima dan sangat bermanfaat bagi kami.

      Hapus
  46. Selamat malam dr. Taufik. Saya sri hartini dari RS H. Damanhuri barabai kab hulu sungai tengah, kal-sel. Saat ini saya sedang di beri tugas untuk membuat spo dan panduan komunikasi efektif. Mohon ma'af dokter sebelumnya bila tidak keberatan dan berkenan saya dikirimi spo/panduan.email saya srizazuli@gmail.com. terimakasih sebelumnya.... sukses dan sehat selalu buat dokter dan keluarga. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  47. Ma'af dokter, email saya bermasalah. Bisa di kirim ulang dok ke email: zazuli654@gmail.com

    BalasHapus
  48. Ma'af dokter, email saya bermasalah. Bisa di kirim ulang dok ke email: zazuli654@gmail.com

    BalasHapus
  49. selamat malam Dr.Taufik, saya Ratih dari Rumah Sakit Islam Surakarta. Saat ini saya sedang diberi tugas sebagai pokja SKP untuk akreditasi di RS. saya harap dokter berkenan membagi ilmu kepada saya mengenai PEDOMAN dan SPO untuk 6 sasaran dalam SKP.terimakasih sebelumnya dokter....email saya cempluk18_palupi@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ratih, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Dear Ratih, sepertinya alamat email anda bermasalah. Silahkan anda perbaiki alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  50. Selamat malam dr. Taufik, saya dr. Denty dari RSIA SamMarie Basra saat ini sedang ditugaskan menjadi tim akreditasi RS kami di bidang SKP. Apakah dokter berkenan memberi contoh kebijakan atau SOP mengenai komunikasi yang efektif serta mengenai kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, dan tepat pasien operasi, dok. Terima kasih banyak sebelumnya.

    Email saya: anna_marcellina@yahoo.com

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum wrbb, dr Taufik, sy Bram dr RSUD Sangatta Kutai Timur. Di tim akriditasi saya ditugasi mengkoordinir teman2 pokja MKI. Kami sudah berulang-ulang membaca panduannya tp masih banyak yang belum dapat kami pahami, terutama dalam penyusunan SOP. Kalau berkenan kiranya bpk dpt membantu memberikan contoh2 dokumen yg berkenaan dgn pokja MKI. Sebelumnya diucapkan terimakasih atas bantuannya

    email : ssulaimanlatief@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bram, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  52. Ass.Wr.Wb. Yth . dr. Taufik S. saya anggota TIM akreditasi JSI RS. Medika Stannia Sungailiat Bangka Belitung. mohon bantuannya untuk contoh " kebijakan komunikasi yang efektif antara para pemberi pelayanan " Sasaran 2. Terima kasih Sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Eko, sebelumnya silahkan anda cantumkan alamat email anda, agar saya dapat membantu anda mengirimkan contoh dokumen yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  53. selamat pagi, dr. taufik, saya anggota TIM akreditasi MKI, saya sudah membaca berkali-kali mengenai standart yang ada di MKI, tetapi saya dan tim kurang bisa memahami, dapatkah kiranya dokter membantu kami untuk memberitahukan contoh-contoh dokumen dan kebijakan yang berkenaan dalam pokja MKI
    email saya di RJE.Rahmanda@gmail.com terimakasih banyak dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rhizqita, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  54. Selamat siang Taufik Santoso, Dr. perkenalkan saya Evi anggota tim akreditasi tentang pendidikan pasien dan keluarga (PPK) dari RSK Mojowarno Jombang. saya ditugaskan untuk menyusun panduannya beserta SPO nya dapat dokter membantu kami untuk memberikan contoh contoh tentang PPK. Sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terima kasih.

    email kami : rskmjw@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Evi, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  55. Selamat siang dr. Taufik, saya drg. Widayati Retnaningsih saat ini sedang melakukan revisi pedoman dan kebijakan retensi Rekam Medik, untuk itu bila berkenan mohon dikirimkan contohnya ke email saya widayatiretnaningsih@gmail939.com. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  56. Selamat pagi dr. Taufik. perkenalkan saya Ibu Tutik anggota tim akreditasi Pokja KPS dari RSUD Sleman, Yogyakarta. Saya ditugaskan untuk menyusun pedoman dan panduan untuk Kualifikasi dan Pendidikan Staff Rumah Sakit.
    Dapatkah kiranya dokter membantu dengan saya dengan memberitahukan contoh contoh dokumen Pedoman dan Panduan yang berkenaan dengan Pokja KPS.

    email saya : rsudsleman@gmail.com

    Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

    BalasHapus
  57. selamat pagi, perkenalkan saya Ibu Cicik anggota tim im akreditasi Pokja MKI dari RSUD Sleman, Yogyakarta. Saya ditugaskan untuk menyusun kebijakan dan SOP Kegiatan MKI Rumah Sakit.
    Dapatkah kiranya dokter membantu dengan saya dengan memberitahukan contoh contoh dokumen Kebijakan dan SOP yang berkenaan dengan Pokja MKI.

    email saya : rsudsleman@gmail.com

    Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih

    BalasHapus
  58. selamat pagi,
    perkenalkan saya Pak Bambang Basusanto anggota tim POKJA TKP dari RSUD Sleman.
    mohon Pak dr. Taufik berkenan memberi informasi/ contoh - contoh dokumen untuk bahan penyusunan Tata Kelola, Kepimpinan dan Pengarahan dari POKJA TKP.
    mohon dikirimkan ke email rsudsleman@gmail.com
    terima kasih atas bantuan bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear ibu Tutik, ibu Cicik, dan pak Bambang, mohon anda gunakan akun anda sendiri dalam berkomunikasi ke saya (bukan Eresude Morangan). Selanjutnya, silahkan anda kirimkan alamat email anda masing-masing (bukan rsudsleman@gmail.com) agar saya dapat membantu anda mengirimkan contoh dokumen, terima kasih.

      Hapus
    2. Met siang Pak Taufik..
      mohon maaf sebelumnya..
      untuk alamat email Pak Bambang Basusanto : bbasusanto@gmail.com
      untuk Ibu Cicik : sriwandansariagustini@gmail.com
      dan ibu Tutik : Sriastutibadi@yahoo.com
      terima kasi atas bantuannya..^^

      Hapus
    3. Dear pak Bamang, bu Cicik, dan bu Tutik, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. Terima Kasih atas bantuan bapak..
      mohon maaf, jika bapak berkenan..
      bisakah file untuk Pak Bambang dikirimkan kembali ke alamat email :weychansibarani@gmail.com
      terima kasih atas bantuannya ^^

      Hapus
    5. Terima Kasih pak atas bantunnya.
      sudah saya terima dokumennya ^^

      Hapus
  59. selamat Siang,
    perkenalkan saya Pak Trisaktiyono anggota tim POKJA MFK dari RSUD Sleman.
    mohon Pak dr. Taufik berkenan memberi informasi/ contoh - contoh dokumen Pandua, SOP dan kebijakan Keamanan, Utility, Kebakaran dan Pengolahan B3.
    mohon dikirimkan ke email triskatiyono65@gmail.com
    terima kasih atas bantuan bapak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Tri, contoh dokumen yang anda minta dapat anda unduh di tulisan saya yang berjudul 'cara mudah membuat dokumen akreditasi', terima kasih.

      Hapus
  60. Met siang Dok, saya masih bingung apakah ada panduan program kerja unit khusus pelatihan manajemen unit? Kalau ada apakah saya boleh minta contohnya Dok? Dan kalau boleh tolong dikirimkan ke email saya widayatiretnaningsih@gmail939.com. Terima kasih sebelumnya ya Dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, mohon sebutkan secara spesifik nomor standar dan elemen penilaian yang anda maksud. Terima kasih

      Hapus
  61. Selamat sore dok, saya Franciscus Yossy pokja MKI RS MRCCC hendak bertanya tentang Pembuatan Buku Panduan Komunikasi Efektif yang ditanyakan KARS, tentang apa buku ini, mencakup apa saja dst
    kalau boleh saya minta contoh cara pembuatan panduan ini dan kalau boleh di email ke : franciscus.jossy@gmail.com
    terimakasih banyak ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yossy, di group RS anda sudah tersedia dokumen yang anda minta. Anda tinggal mencontoh saja. Jadi, silahkan anda menghubungi RS di group RS anda yg sudah terakreditasi, terima kasih.

      Hapus
  62. Yth. Bapak Taufik santoso, kami dari rs natar medika di lampung, mohon bantuan untuk diberikan contoh panduan komunikasi efektif dan spo gun persiapan akreditasi rs kami, mohon dikirim ke alamat email : sugeng.uripto@gmail.com (terima kasih).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sugeng, silahkan anda fokus pada bab yang sudah anda pegang, dan serahkan bab lainnya pada rekan anda yang lain, terima kasih.

      Hapus
  63. Selamat siang Bapak Taufik,
    Perkenalkan Saya Ibu Cicik dari RSUD Sleman, YK
    Saya anggota POKJA MKI mendapatkan tugas untuk menyusun Panduan Pelayanan dan Pedoman Pengorganisasian tentang Pelayanan IT dan Pelayanan Humas.
    Jika Bapak berkenan, mohon diberikan contoh - contoh dari dokumen Panduan Pelayanan dan Pedoman Pengorganisasian tentang Pelayanan IT dan Pelayanan Humas tersebut dan dikirimkan ke email saya : sriwandansariagustini@gmail.com
    Terima kasih atas bantuan Bapak Taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear bu Cicik, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  64. selamat pagi Dok, mohon untuk diberikan petunjuk tentang apa yang dimaksud dalam MKI standar 17 .dan apabila ada dokumen yang harus disediakan untuk melengkapi MKI standar 17 seperti apakah? dan apabila diperkenankan kami mohon diberikan contoh-contohnya dan mohon dikirimkan ke email saya widayatiretnaningsih@gmail939.com
    Terimakasih atas bantuan Dr. Taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, maksud dari MKI.17 adalah bahwa seluruh staf yang terkait dengan data harus mendapat pelatihan tentang manajemen informasi, yang detailnya ada di maksud dan tujuan MKI.17. Staf di RS yang paling tepat untuk itu adalah petugas MR dan IT. Tidak ada dokumen khusus yang dibutuhkan untuk standar ini. Anda cukup menggunakan pedoman unit MR / IT, serta bukti pelatihan yang sudah dilakukan, terima kasih.

      Hapus
  65. Terima kasih dr. Taufik untuk masukannya tentang MKI standar 17 yang tadi saya tanyakan. Maaf apabila berkenan mohon kiranya dr Taufik memberikan contoh pedoman unit IT krn saat ini unit IT RS kami kebetulan sedang menyusun pedoman tersebut. bila berkenan mohon dikirimkan ke email saya widayatiretnaningsih@gmail939.com,Terima kasih atas bantuan dr. Taufik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  66. Sore Dok, Saya Wiwi dari RS TMC tasikmalaya, saya ditugaskan di bagian pendidikan pasien dan keluarga, mohon kiranya dokter dapat memberikan contoh dokumen SOP dan kebijakan mengenai hal tersebut. Kiranya dokter berkenan dapat dikirim ke Email "marketingtmc@yahoo.com terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wiwi, silahkan anda gunakan akun pribadi anda untuk berkomentar dan cantumkan akun email pribadi anda, terima kasih.

      Hapus
  67. Met siang dok...
    Saya drg. Widayati R mohon maaf kiranya dr Taufik memberi contoh pedoman bagian IT, karena saat ini bagian IT rumah sakit kami sdg menyusun pembuatan pedoman IT. bila berkenan mohon dikirimkan ke email widayatiretnaningsih@gmail939.com
    Terima kasih untuk perhatiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  68. Assalamu'alaikum. Dr. Taufik, ini saya dr. Aji dari RSUI Kustati, trima kasih atas bantuannya selama ini, ini ada rekan saya dari Pokja SKP membutuhkan contoh dokumen Panduan Komunikasi Efektif, mohon jika berkenan bisa dikirimkan ke email sayaTrima kasih sekali lagi sebelumnya. ajijks@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam dr. Aji, jika teman anda membutuhkan bantuan saya, silahkan ybs membuat komentar dengan akun nya sendiri, dan cantumkan alamat email akun nya, sehingga saya dapat membantu teman anda mengirimkan contoh dokumen, terima kasih.

      Hapus
  69. Selamat pagi dok, mohon sekiranya membantu saya untuk contoh - contoh kelengkapan POKJA MKI terutama contoh pedoman komunikasi di rumah sakit dok, email saya ayupradnyawati88@yahoo.com
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ayu, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  70. Assalamu'alaikum. Selamat pagi dok.. Saya yuli dari RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede. Saat ini saya mengerjakan pokja SKP. Bila berkenan mohon dikirimkan panduan tentang komunikasi efektif. Terima Kasih

    BalasHapus
  71. Wa'alaikum salam Yuli, sebelumnya silahkan anda cantumkan alamat email anda, agar saya dapat membantu anda mengirimkan contoh dokumen yang anda minta, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alamat Email saya: bunda.oelin@gmail.com. Terima Kasih dok...

      Hapus
    2. Dear Yuli, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    3. Terima kasih dok dokumennya sangat membantu...
      Maaf dok mau tanya lagi, untuk pencatatan instruksi (pada proses penerimaan instruksi lisan dan per telepon), apakah RS juga membuat formulir khusus? atau cukup dengan menggunakan kertas biasa, kemudian setelah mendapatkan instruksi, baru disalin ke dalam lembar catatan medik pasien..? Terima ksih atas jawabannya...

      Hapus
    4. Tak perlu formulir khusus, gunakan saja catatan keperawatan yang ada. Atau, jika ingin lebih baik, lakukan modifikasi di catatan dokter dengan menambahkan kolom 'kolaborasi'. Di catatan kolaborasi itu, perawat dapat mencatat seluruh hal-hal yang menyangkut kolaborasi perawatan pasien antara dokter dan perawat, termasuk instruksi dokter. Terima kasih.

      Hapus
  72. Selamat siang dok, saya drg Widayati R. Ingin mengetahui contoh dokumen PPK perihal "Assesmen kebutuhan edukasi pasien dan keluarga" dan SPO "Asesmen kebutuhan edukasi pasien dan keluarga". Dan siapakah yang seharusnya membuat dokumen ini? pihak MKI atau PPK ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear drg. Widayati, dokumen tersebut dibuat oleh PPK, terima kasih.

      Hapus
  73. Selamat sore dok.. perkenalkan saya Marina Rakhmawati, saya salah satu anggota KPRS dan saat ini sedang menyusun panduan komunikasi efektif untuk rumah sakit tempat saya bekerja. untuk itu, bolehkah saya belajar dari panduan komunikasi efektif yang dr.Taufik susun? jika berkenan mungkin dr.Taufik dapat mengirimkannya melalui email saya di : rahma.marina90@gmail.com sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Marina, sebelumnya silahkan anda cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Saya bekerja di rumah Sakit Husada Utama Surabaya sebagai sekretaris K3RS dan KPRS dok..

      Hapus
    3. Dear Marina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    4. dokumen sdh masuk, terima kasih banyak dr.Taufik atas bantuannya,,

      Hapus
  74. Mat siang dokter Taufik, saya IRLAN dari Tim Akreditas RSUD Kalabahi khususnya pokja MKI,saya mohon maaf meminta bantuan.saya mohon penjelasan dokumen, panduan dan SPO apa saja yang diperlukan untuk bagian MKI seperti dokumen pelayanan pemberian Informasi, panduan pelayanan, spo atau lainnya.terima kasih sebelumnya dokter. Ini email saya ale.dee1409@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Irlan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Siang, terima kasih dok atas bantuannya, dokumen sudah saya terima.

      Hapus
  75. Assalamuaikum, Saya firman Anggota tim akreditasi RSUD Kab. Bima Sedang menyusun panduan komunikasi efektif,mohon kiranya dibantu contoh panduannya
    email saya : abumuwahid86@gmail.com
    terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Firman, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih

      Hapus
  76. Assalamualaikum dr.Taufik.. perkenalkan dok saya Marina Sekretaris Komite K3RS dan Sekretaris Pokja MFK, saat ini sedang proses dalam penyusunan panduan pengorganisasian untuk Komite K3RS namun masih merasa kesulitan untuk isi yang tepat dan tata susunan hubungan kerjanya.. mohon kiranya dibantu untuk contoh penyusunan panduannya ya dok.., atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.. ini email saya dok : rahma.marina90@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Marina, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. email sudah diterima, terima kasih dok..

      Hapus
  77. maaf saya Marina rakhmawati dari RS Husada Utama Surabaya dok..

    BalasHapus
  78. Assalamualaikum dr.Taufik. Saya Nur anggota Tim Akreditasi RS pontianak. Saya sedang membuat panduan komunikasi efektif RS. mohon bantuan contoh panduan dan sop nya dok. Email saya noerrekmed@gmail.com. Terima kasih sebelum dan sesudahnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Nur, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  79. Selamat siang dr.Taufik.. saya Sutji dari RS. Husada Utama Surabaya bagian Pencegahan Pengendalian Infeksi. Saat ini sedang proses penyusunan laporan pemetaan kuman dan resistensi antibiotika, namun masih merasa kesulitan dalam penyusunannya, apakah hal tersebut sama dengan peta pola kuman? mohon bantuannya dan mohon kiranya jika dr.taufik ada contoh mengenai laporan tersebut dapat saya jadikan refrensi.. email saya : sutjirshu@gmail.com, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sutji, mohon anda sebutkan pada standar nomor berapa di PPI pertanyaan yang anda maksudkan, agar saya dapat membantu anda menjelaskan apa yang anda tanyakan, terima kasih.

      Hapus
    2. Standar PPI.5 point 3 tentang program termasuk kegiatan surveillance yang sistematik dan proaktif untuk menentukan angka infeksi biasa (endemik), dimana program kerja yang diminta salah satunya adalah pemetaaan kuman dan resistensi antibiotika.. terima kasih dok

      Hapus
    3. Dear Sutji, pada standar tersebut tidak secara eksplisit tercantum harus melakukan pemertaan kuman dan resistensi antibiotika. Namun, peta kuman dan resistensi antibiotika merupakan program rutin panitia pengendalian infeksi. Jadi, gunakan saja data yang ada pada panitia tersebut, terima kasih.

      Hapus
  80. Selamat siang Dr.Taufik Saya wiwik dari RS Kramat 128 jakarta, Saya sedang menyusun pedoman komunikasi efektif untuk akreditasi RS Kami, Apabila Dokter berkenal bolehkah kami membaca pedoman komunikasi yang Dokter susun. Contoh dapat dikirim melalui email kami rskramat128@gmail.com Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Wiwik, sebelumnya silahkan anda cantumkan alamat email anda sendiri, dan bukan alamat email RS anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Berikut alamat email pribadi saya Dokter..... ndukwiwik.marketing@gmail.com. terima kasih

      Hapus
    3. Dear Wiwik, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  81. Assalamualaikum dokter..
    Saya fitri dari RS alfatah ambon,saat ini RS akan diadakan akreditasi,saya masuk dalam tim SKP mengenai komunikasi efektif,mohon bantuan untuk contoh panduan dan SOP nya dok..
    Ini email saya fitria_soplestuny@yahoo.com

    BalasHapus
  82. Balasan
    1. Wa'alaikum salam Fitri, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  83. assalamualaikum dok,,saya ica,,kebetulan di rs t4 saya bekerja akan diadakan akreditasi,,kalo boleh berkenan boleh saya minta contoh panduan SOP komunikasi efektif,,terimaksih sebelum nya dok
    ini email saya ; meirisa89@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Ica, sebelumnya silahkan cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  84. yth dr Taufik Santoso. Perkenalkan saya Resnawati Purba. Saya salah satu anggota Tim Akreditasi RSUD Menggala, Lampung. khususnya Pokja SKP, sasaran peningkatan komunikasi yang efektif. Mohon penjelasan panduan pelayanan atau contoh SOP peningkatan komunikasi yg efektif...
    Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    Ulye.ajo@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Resnawati, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  85. Dear dr taufik, saat ini saya sedang berusaha menyusun dokumen MKI,, mohon dikirimkan contoh panduannya dokter untuk saya pelajari dokter, sebelum dan sesudahnya ssaya ucapkan terimakasih ya dokter,,,,jika berkenan tolong di kirim ke rufinacay@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rufina, sebelumnya silahkan cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  86. Selamat pagi dr. Taufik, saya Widayati Retnaningsih dari RS Panti Waluyo. Saya mau menanyakan ttg MKI 14, tentang kebijakan dan pedoman format dan metode diseminasi data dan infromasi kepada pengguna. Contoh dokumen mohon bisa dikirim ke widayatiretnaningsih939@gmail.com. terima kasih dok.

    BalasHapus
  87. assalamu'alaikum dokter Taufik, saya Firman anggota tim akreditasi RS Medika Mulya Wonogiri dan mendapat tugas untuk menyusun SPO tentang teknik komunikasi efektif via telephon tentang pelaporan kepada dokter spesialis dan untuk menjalankan advis, Bila dokter bersedia saya ingin melihat contoh form seperti yang dimaksud. Bila tidak berkeberatan, mohon dikirim ke email kami ; nafiru57@gmail.com. sebelum dan sesudahnya kami ucapkan Terimakasih banyak, dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Firman, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  88. Ass.... dr taufik. Saya nurjannah dr RSUD Syekh Yusuf Kab.Gowa SulSel, anggt tim persiapan akreditasi, ijin sebelumnya dok mohon bantuannya utk diperlihatkan contoh dokumen spo dan panduan yang ada di poin SKP yang dokter buat. Jika berkenan alamat email saya nannakhia@ymail.com. Mohon bantuannya dok, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Nurjannah, silahkan anda cantumkan secara spesifik dokumen apa yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  89. Selamat siang dokter Taufik. Saya Lia, tim akreditasi keselamatan pasien di RS Royal Prima Medan. Dokter saat ini saya ditugaskan mengerjakan tentang komunikasi SBAR dan pengkajian pasien. Apabila dokter bersedia, saya ingin melihat formulir komunikasi SBAR dan pengkajian pasien rawat jalan dan rawat inap. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf dokter bila dokter bersedia mohon dikirimkan ke email lia.fkm@gmail.com .. terima kasih.

      Hapus
    2. Dear Lia, seperti yang pernah saya sampaikan sebelumnya, sebaiknya anda fokus pada bab SKP, dan bab AP didelegasikan kepada rekan anda yang lain, terima kasih.

      Hapus
  90. Selamat siang dokter Taufik. Saya Ray, tim akreditasi RSUD Menggala. Dokter saat ini saya ditugaskan mengerjakan SPO tentang peningkatan komunikasi efektif. Apabila dokter bersedia, saya ingin melihat contoh draft SPO komunikasi efektif. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
    Email saya : raykahfie@yahoo.com.

    BalasHapus