Kamis, 25 Februari 2016

Lean Six Sigma

Lean adalah sebuah metode yang berupaya untuk meningkatkan aliran dalam value stream dan menghilangkan waste. Hal Ini adalah perihal 'melakukan sesuatu dengan cepat'.

Six Sigma menggunakan kerangka kerja yang kuat (DMAIC) dan alat statistik untuk mengungkap akar penyebab untuk memahami dan mengurangi variasi. Hal ini adalah perihal 'melakukan sesuatu dengan benar (bebas cacat)'.

Kombinasi dari keduanya memberikan suatu filosofi perbaikan menyeluruh yang menggabungkan perangkat kuat yang berdasar data untuk memecahkan masalah dan menciptakan perbaikan transformasional yang cepat dengan biaya lebih rendah.

Secara global, organisasi dari berbagai industri, termasuk kesehatan, mengadopsi strategi Lean Six Sigma. Hal ini terutama terjadi pada organisasi yang sebelumnya menerapkan Six Sigma. General Electric, salah satu pelopor dari Six Sigma, sekarang menggabungkan pendekatan Lean Six Sigma untuk mencapai perubahan transformasional yang cepat dengan biaya lebih rendah.

Lean Six Sigma merupakan hasil evolusi terakhir dari konsep mutu dan produktifitas terkini.  Penjelasannya adalah seperti gambar di bawah ini:


Konsep Lean dan Six Sigma tidak saling bertentangan, sebaliknya saling bersinergi.  Penjelasannya adalah seperti gambar di bawah ini:


Lean membutuhan Six Sigma karena:
  • Lean tidak secara eksplisit menuliskan penyusunan proyek dan peran yang dibutuhkan untuk mencapai dan mempertahankan hasil.
  • Six Sigma menyediakan seperangkat alat untuk memahami masalah dan sumber variasi.
  • Lean tidak mengenal dampak variasi
  • Lean tidak sekuat  tahap measure dan analyse dari DMAIC

Six Sigma membutuhkan Lean karena:
  • Lean meningkatkan kecepatan / cycle time
  • Lean mengidentifikasi waste. Six Sigma kurang mengoptimalkan proses (Lean menggunakan pendekatan sistim)
  • Lean meliputi metode untuk tindakan cepat (Kaizen)
  • Metode six sigma dapat terlaksana lebih cepat jika Lean menghilangkan tahapan yang tidak bernilai tambah

 Penjelasan lebih detail perihal Lean Six Sigma akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

Sumber:
  1. Furterer, Sandra L., Lean Six sigma in service : applications and case studies, Taylor & Francis Group, 2009
  2. Bevan, Helen, et.al., Lean Six Sigma: Some Basic Concept, NHS Institute for Innovation and Improvement, Nottingham, 2006

3 komentar:

  1. Assalamualaikum dokter Taufik. Saya Risca, perawat di Rs bunga melati lhokseumawe aceh. Mohon bantuannya dokter untuk mengirimkan contoh dokumen, spo dan lain2nya tentang pokja kps ke email saya lamrikim@gmail.com , terima kasih banyak dok atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Risca, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Alhamdulillah.. Terima kasih sebesar-besarnya dokter Taufik..

      Hapus