Selasa, 10 Mei 2022

MUTU ADALAH WAKTU

"All we are doing is looking at the time line, from the moment the customer gives us an order to the point where we collect the cash.  And we are reducing the time line by reducing the non-value adding wastes." (Taiichi Ohno – Toyota Production System)

"Best quality producer is the shortest cycle time producer, and the shortest cycle time producer is always the best cost producer." (Motorolla Principle)

Dua kutipan diatas menjelaskan jiwa yang menggerakkan dua perusahaan top dunia (Toyota dan Motorolla) yang sukses. Dengan demikian, sudah lebih dari cukup untuk menyatakan hubungan antara mutu dengan waktu. 

Jadi, pekerjaan sesungguhnya dalam upaya meningkatkan mutu adalah:

  • Bagaimana kita dapat terus berusaha melakukan perbaikan dalam mencapai waktu yang paling cepat.  
  • Dari sisi pelanggan pun ukuran utama kepuasan adalah seberapa cepat mereka dapat dilayani.

Silahkan anda tambahkan sendiri pointer diatas menjadi tiga, empat, sepuluh, seratus, atau berapapun.  Intinya akan tetap sama, makin cepat waktu kita capai, makin tinggi mutu kita dapatkan.  Mengapa? Karena tidak ada yang lebih berharga di dunia ini selain dari waktu. 

Maka, demi waktu, mari kita berlomba-lomba menghargai waktu, sehingga tercapai layanan kesehatan yang cepat, selamat, hemat, dan bermutu tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar