Senin, 21 Mei 2012

Care of Patients – COP / PP

Tujuan utama suatu rumah sakit adalah merawat pasien. Untuk menyediakan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan unik setiap pasien, dibutuhkan perencanaan dan koordinasi yang baik. Ada beberapa kegiatan yang mendasar dalam perawatan pasien. Berlaku untuk semua bidang, kegiatan-kegiatan ini meliputi:
  • merencanakan dan memberikan perawatan kepada setiap pasien;
  • memantau untuk mengetahui hasil perawatan itu;
  • memodifikasi perawatan, jika diperlukan;
  • menuntaskan perawatan; dan
  • merencanakan tindak lanjut.

Hal-hal penting yang disyaratkan oleh bab Care of Patients dapat dilihat pada video slide di bawah ini:


Anda juga dapat melihat video slide tersebut di sini.
Jika anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut, silahkan klik “Komentar” di bawah.

Sumber utama:
1.  JCIA Standards for Hospitals 4th Edition
2.  2011 Singapore International Practicum on Quality Improvement and Accreditation Resource Book

8 komentar:

  1. Dr. Taufik, Perkenalkan nama saya Ns. Muawiyah S.Kep dari RSKM bekasi, saya saat ini di tunjuk sebagai Pokja PP ( Pelayanan Pasien ) , karena saya belum pernah mengikuti pelatihan maka saat ini saya masih bingung terhadap akreditasi….. mohon skiranya dokter bersedia memberikan Contoh dokumen Kebijakan / panduan /SPO : atas ucapannya kami ucapkan terima kasih…..
    Alamat E-mail Saya : iiea.arland@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Muawiyah, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  2. Dear dr.Taufik, perkenalkan nama saya Mariana,S.Kep.,Ners saat ini saya ditunjuk sebagai pokja PP/COP, kalau boleh jujur saya belum pernah mengikuti pelatihan tentang Akreditasi RS dok dan sekarang masih abstrak dipikiran saya. Jadi dok mohon sekiranya dokter memberikan kebijakan/panduan/pedoman/SPO terkait BAB Pelayanan Pasien. Mohon bantuannya ya dokter.
    Alamat e-mail saya: rhia_na17@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Dear dr.Taufik, perkenalkan nama saya ersaniadhi Amd.Keb dari RSIA PB malang saat ini saya ditunjuk sebagai pokja PP/COP, kalau boleh jujur saya belum pernah mengikuti pelatihan tentang Akreditasi RS dok dan sekarang masih abstrak dipikiran saya. Jadi dok mohon sekiranya dokter memberikan kebijakan/panduan/pedoman/SPO terkait BAB Pelayanan Pasien. Mohon bantuannya ya dokter.
    Alamat e-mail saya: ersakharisma@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ersa, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  4. Dear dr taufiq, saya Ns. rachmah, m.kep asal aceh..saat ini ingin mengembangkan discharge planning yg plg baik utk bbrp rumah sakit, mohon pencerahannya dok, dan kalau boleh saya minta dokumen terkait atw contoh2/langkah2 untuk mengembangkannya di rs seandainya di rs tersebut blm optimal pelaksanaan dp nya. Email saya rachmah_aries@yahoo.com thx b4 dokter, wslm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Rahmah, silahkan anda baca tulisan saya tentang discharge planning di blog ini. Anda juga bisa browsing, karena referensi discharge planning sangat banyak tersedia di internet, terima kasih.

      Hapus
  5. selamat siang dokter, saya dari pokja PP, mohon sekiranya dokter bersedia membantu saya untuk memberikan contoh dokumen dan SOP dari pokja PP...
    terima kasih dokter...
    alamat email saya rawon8788@gmail.com

    BalasHapus