Jumat, 25 Mei 2012

Tracer

Metode tracer merupakan bagian integral dari proses survey akreditasi Joint Commission International. Surveyor menggunakan metode tracer untuk mengevaluasi perawatan pasien atau proses perawatan tertentu sebagai bagian dari sistim yang lebih besar.  Seorang surveyor memilih pasien, staf, atau keluarga pasien dan menggunakan medical record pasien sebagai peta jalan mengunjungi area rumah sakit.

Surveyor mengikuti proses perawatan tertentu yang dialami pasien dengan cara mengamati dan berbicara dengan staf di area dimana pasien menerima perawatan.  Dengan cara itu, metode tracer dapat memberikan kepada surveyor penilaian yang akurat dari kepatuhan rumah sakit terhadap persyaratan-persyaratan tertentu, dan sistim pemberian perawatan dan pelayanan rumah sakit.

Rumah sakit yang yang di beri pemahaman tracer akan mempunyai pemahaman yang lebih baik terhadap proses survey, khususnya karena pada saat survey lokasi, lebih dari 60% waktu yang tersedia digunakan untuk melakukan tracer.

Sebagai tambahan, rumah sakit yang memahami tracer dapat menggunakan metode ini untuk membuat perbaikan sebelum surveyor datang.  Sebagai contoh, jika suatu rumah sakit ingin melihat aspek khusus dari sistim pada unit tertentu – proses pemberian obat-obatan di unit ICU/ICCU – unit tersebut dapat melakukan tracer terhadap pasien yang ada di unitnya. Walaupun tujuannya adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana unit tersebut berfungsi, hal itu akan juga memberikan informasi penting yang dapat memberi sinyal untuk perbaikan atau perubahan bagi area yang lain di rumah sakit.

Sebagai gambaran bagaimana aktifitas tracer dilaksanakan, silahkan lihat video slide berikut ini:

Video slide diatas juga dapat anda lihat disini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar