Kamis, 31 Mei 2012

Failure Modes and Effects Analysis – FMEA

FMEA adalah salah satu alat bantu yang populer untuk melakukan suatu asesmen risiko proaktif.  Dikatakan proaktif karena yang dilakukan adalah analisa proses atas potensi-potensi risiko YANG BELUM TERJADI.  Sedangkan untuk risiko yang sudah terjadi, ada alat lain yang dipakai, dan dibahas pada posting yang lain (RCA).

Nama lain dari FMEA diantaranya: Failure Mode Effect and Criticality Analysis (FMECA), Healthcare Failure Mode and Effects Analysis (HFMEA), dan lain-lain.

Tujuan dari FMEA adalah untuk menganalisa:
  • Apa yang mungkin menimbulkan masalah?
  • Seberapa buruk akibatnya?
  • Bagaimana hal itu dapat dicegah, dikurangi, atau dideteksi seawal mungkin?
Kebanyakan FMEA di pelayanan kesehatan dilakukan pada proses yang sudah berjalan.  FMEA juga dapat dilakukan pada proses yang akan direvisi atau proses baru yang belum dilaksanakan (misal: electronic medical record, pembelian dan pemakaian alat baru, disain ulang ruangan, dan lain-lain).  Atau, dapat juga dipakai dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan JCI, walaupun FMEA bukan satu-satunya alat untuk asesmen risiko proaktif.

Untuk memperoleh gambaran lebih jelas tentang bagaimana FMEA dilaksanakan, silahkan lihat video slide di bawah ini:


Anda juga dapat melihat slide presentasinya di sini.
Sumber utama:
2011 Singapore International Practicum on Quality Improvement and Accreditation Resource Book

21 komentar:

  1. Selamat sore. Bapak saya dari RS Panti Wilasa Citarum Semarang. Adakah dokumen mengenai panduan / pedoman / SPO RCA dan FMEA? Kemudian contoh mengenai design dan redesign dari Sasaran Mutu serta komunikasi hasil saasran mutu? Terima kasih. Lusia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Lusia, anda tidak perlu membuat panduan RCA atau FMEA. Cukup membuat panduan keselamatan pasien, yang menjelaskan KTD, KNC, KPC, KTC dan proses RCA yang dilakukan untuk kejadian-kejadian itu. Untuk FMEA cukup dibuat FMEA nya setelah ditunjuk tim FMEA. Contoh untuk panduan keselamatan pasien bisa mengambil dari referensi yang diterbitkan kemenkes. Untuk RCA, sumber internet sangat melimpah yang menjelaskan hal tersebut. Anda belum mencantumkan alamat email untuk mengirim contoh dokumen, terima kasih.

      Hapus
    2. yth Dr.Taufik, kebetulan di RS kami ada kasus yang perlu dilakukan RCA, dan saya anggota tim mutu di RSUD Kajen belum pernah melakukan RCA, mohon contoh dokumen laporan akhir RCA dan FMEA. Mohon dikirim ke email : hasyim_ars@yahoo.com.
      Terima kasih atas bantuannya....contoh dokumen PMKP sudah saya terima.

      Hapus
    3. Dear pak Hasyim, mohon dibaca posting saya mengenai RCA dan FMEA. Disitu saya sudah sangat detail menjelaskan berikut contohnya. Anda tinggal meniru prosesnya saja. Mengenai laporan akhir, tentu saja isinya adalah seluruh urutan proses RCA/FMEA seperti yang sudah dijelaskan. Jika masih ragu, silahkan anda buat dahulu sesuai contoh yang ada, kemudian kirimkan ke saya untuk dikoreksi, terima kasih.

      Hapus
    4. Terima kasih dokter...

      Hapus
  2. Yth dr Taufik, mohon bila tidak keberatan saya mohon dikirim dokumen RCA dan FMEA yang bisa saya print untuk pendalaman materi, karena hasil download RCA dan FMEA tidak bisa diprint....terima kasih atas bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear pak Hasyim, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
  3. Ass.Wr.Wb...Bapak saya dari RSUD Tenriawaru Bone, mohon bantuan bapak untuk mengirimkan dokumen RCA & FMEA yang bisa diprint untuk kami pelajari lebih lanjut karena dokumen yang kami download tidak bisa diprint..Alamat email nurlinadjafar@gmail,com..terimakasih atas bantuan bapak..wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Lina, dokumen tersebut segaja di protect untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Anda tetap dapat mempelajarinya dengan cara lain tanpa harus di print, terima kasih.

      Hapus
  4. selamat siang, sy yusuf dari RSI Pati mau menanyakan dan mhn dijelaskan maksud dari PMKP klinik 3(JCI LoM) tentang pemilihan indikator klinik: discharge on antithrombotic therapy.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Yusuf, silahkan baca langsung international library of measure, di sana sudah dijelaskan secara lengkap apa yang anda tanyakan, terima kasih.

      Hapus
  5. selamat sore dokter, saya dari RS Dadi Keluarga Purwokerto. mohon maaf dokter apakah saya bisa mohon dikirim contoh RCA dan FMEA... alamat email radiananom@gmail.com
    terimakasih dokter atas perhatiannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat memperolehnya pada tulisan saya yang sesuai dengan yang anda minta, terima kasih.

      Hapus
  6. Assalamu alaikum WR.WB.
    Mohon maaf dok kalau bisa sharing contoh dokumen penyusunan FMEA RS.
    Email: aslan.analis@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda cantumkan terlebih dahulu nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  7. bgm FMEA dipakai di dunia farmasi? apakah efektif dapat mencegah error baik dari sisi petugasnya atau sistimnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan perkenalkan diri anda terlebih dahulu dan cantumkan nama RS tempat anda bekerja dan posisi anda, terima kasih.

      Hapus
  8. Ass.selamat pagi pak, saya dari RS.Puri Cinere Depok, saya bekerja di bag. Keselamatan pasien, Saya boleh minta contoh pembuatan FMEA dari setiap langkah FMEA. Terimakasih. ini alamat email saya, meilizasafari@gmail.com Wass.Meiliza.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Liza, tulisan saya di atas sudah sangat detail menjelaskan proses FMEA, terima kasih.

      Hapus
  9. Asw..dokter mhn bantuan contoh laporan RCA dan FMEA..trims(awe_dr01@yahoo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan anda fokus di SKP, dan berikan bab PMKP pada teman anda yang lain, terima kasih.

      Hapus