Sabtu, 08 Maret 2014

Survey Kepuasan Karyawan / Staff Satisfaction Survey

Standar akreditasi RS 2012 PMKP.3.2 / JCI QPS.3.2 mensyaratkan agar rumah sakit mengukur harapan dan kepuasan karyawan, dan menjadikannya salah satu indikator mutu manajerial. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan survey kepuasan karyawan. Namun, tidak seperti indikator yang lain, survey ini cukup dilakukan setahun sekali.

Untuk mewujudkan hal itu, rumah sakit perlu membuat kuesioner, melakukan sosialisasi, menentukan teknis pendistribusian dan pengumpulan kuesioner, analisa hasil, membuat kesimpulan, evaluasi hasil dibandingkan target, tindak lanjut, dan lain-lain. Seluruh aktifitas ini tentu saja dikoordinasikan dibawah departemen sumber daya manusia. Contoh kuesioner dapat anda lihat disini

Selanjutnya, data survey disimpan dan digunakan sebagai pembanding bagi survey berikutnya. Lebih baik lagi jika ada data pembanding dari rumah sakit lain. Nah saudara sekalian, selamat melakukan survey.

6 komentar:

  1. assalamualaikum...dokter sya yudhiptyawati dari RS Anwar Medika. klo boleh saya minta format nya laporan PMKP. email saya yudhiptyawati@gmail.com. terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Yudhip, tidak ada format khusus laporan PMKP. Silahkan anda buat sendiri sesuai kesuai kebutuhan anda, terima kasih.

      Hapus
  2. kuesioner diats sumber / literaturnya drmn ya dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan paerkenalkan diri anda terlebih dahulu, terima kasih

      Hapus
    2. Saya darmansyah Rsjd sungai bangkong provinsi kalimantan barat, mohon info format survey kepuasan karyawan Rs dan sumber nya, terimakasih

      Hapus
    3. Terlalu banyak sumber untuk survey seperti itu. Silahkan anda browsing. Terima kasih.

      Hapus