Kamis, 13 Maret 2014

Tinjauan Rekam Medis / Medical Record Review

Standar akreditasi RS 2012 MKI.19.4 / JCI MCI.19.4 mensyaratkan agar rumah sakit melakukan tinjauan rekam medis secara teratur sebagai bagian dari aktifitas peningkatan kinerja. Rekam medis yang baik dan terisi lengkap merupakan cermin dari baiknya mutu rumah sakit dari sisi keselamatan pasien dan aspek legal.

Kegiatan tinjauan ini dilakukan oleh suatu tim yang ditunjuk dan ditetapkan oleh rumah sakit. Anggotanya terdiri dari staf medis, staf keperawatan, dan profesi klinis lain yang berwenang mengisi rekam medis. 

Besarnya sampel yang diambil dapat menggunakan perhitungan sampel seperti yang pernah saya bahas pada posting sebelumnya disini (lihat langkah 3b.). Sampel yang diambil terdiri dari rekam medis pasien yang masih dirawat dan pasien yang sudah pulang. 

Tinjauan berfokus pada ketepatan waktu, kelengkapan, dapat terbaca, dan lain-lain. Isi rekam medis yang disyaratkan oleh undang-undang dan peraturan dimasukkan dalam proses ini. 

Untuk memudahkan tinjauan, sebaiknya menggunakan alat yang sudah dibuat oleh JCI, yang dapat anda lihat disini

Sumber:
  1. JCIA Hospital Survey Process Guide version 2 4th. Edition  
  2. JCIA Standards for Hospitals 4th. Edition

4 komentar:

  1. Selamat pagi Dokter, saya dari RS. Mulia mohon untuk berikan contoh dokumentasi asuhan keperawatan versi JCI (terintegrasi dengan rekam medis Rumah Sakit). Agar dapat dikirimkan ke rsmuliapajajaran@gmail.com

    terimakasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya silahkan anda perkenalkan diri terlebih dahulu. Kemudian gunakan akun anda sendiri untuk berkomentar, dan bukan akun milik RS anda, begitu juga dengan alamat email, terima kasih.

      Hapus
  2. selamat malam dok, saya siti salah seorang mahasiswa yang hendak menyusun tugas akhir, kira-kira referensi jika saya ambil judul yang berhubunga dgn jci, bisa saya dapatan dimana ya dok, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Sarah, silahkan anda cantumkan nama perguruan tinggi dan fakultas tempat anda kuliah, terima kasih.

      Hapus