Selasa, 18 Agustus 2015

JCI 5th. Edition : PCI / PPI

Perubahan-perubahan yang terjadi pada bab PCI / PPI standar JCI edisi kelima dibandingkan edisi keempat (di Indonesia dikenal dengan nama Standar Akreditasi RS 2012) adalah sebagai berikut :

Standar
Perubahan
Penjelasan
PCI.2
Perubahan persyaratan
Merevisi elemen penilaian untuk mengkonsolidasikan dan memperjelas persyaratan.
PCI.3
Perubahan persyaratan
Menambah contoh-contoh sumber informasi pada maksud dan tujuan; mengkonsolidasikan elemen penilaian dari edisi ke-4 dan menambah dua elemen penilaian baru untuk menangani pelaporan dan melakukan tindakan atas laporan dari instansi kesehatan masyarakat
PCI.4
Perubahan persyaratan
Menambahkan teks pada maksud dan tujuan, serta elemen penilaian untuk memperjelas bahwa program pencegahan dan pengendalian infeksi dikelola sejumlah staf sesuai dengan ukuran rumah sakit, tingkat risiko, dan kompleksitas serta ruang lingkup program.
PCI.5
Perubahan persyaratan
Menambahkan teks pada maksud dan tujuan, serta elemen penilaian untuk kejelasan dan menekankan bahwa strategi program harus meliputi seluruh jenjang di rumah sakit, menghilangkan elemen penilaian untuk merampingkan persyaratan.
PCI.6 dan PCI.6.1
Perubahan persyaratan
Menambah isi baru pada maksud dan tujuan untuk menekankan kebutuhan rumah sakit untuk melacak risiko infeksi dan kecenderungannya sebagai upaya untuk menurunkan risiko di rumah sakit; merevisi dan menambah elemen penilaian untuk memperjelas persyaratan.
PCI.7.1
Perubahan persyaratan
Revisi elemen penilaian untuk konsolidasi dan memperjelas persyaratan; menghilangkan satu elemen penilaian.
PCI.7.1.1
Perubahan persyaratan
Menambah teks dan revisi standar, maksud dan tujuan, dan elemen penilaian untuk memperjelas persyaratan.
PCI.7.3
Perubahan persyaratan
Menambah teks ke standar, maksud dan tujuan, dan revisi elemen penilaian untuk memperjelas persyaratan untuk penanganan dan pembuangan yang aman terhadap benda tajam dan jarum.
PCI.7.4
Perubahan persyaratan
Revisi standar, maksud dan tujuan, dan elemen penilaian untuk menambah penekanan pada penurunan risiko infeksi terkait pelaksanaan pelayanan makanan; menggabungkan persyaratan dari COP.4.1 / PP.4.1 (Edisi ke-4).  
PCI.7.5
Perubahan persyaratan
Menyusun ulang kalimat standar, maksud dan tujuan, dan elemen penilaian untuk menekankan pentingnya pengendalian mekanikal dan teknik dalam mengurangi risiko infeksi.
PCI.8 dan PCI.8.1
Perubahan persyaratan; standar baru
Menambah standar baru dan menyusun ulang kalimat maksud dan tujuan serta elemen penilaian untuk menggambarkan dengan lebih baik persyaratan rumah sakit untuk menyediakan peralatan penghalang dan prosedur isolasi untuk mencegah penularan penyakit infeksi.
PCI.9
Perubahan persyaratan
Menyusun ulang kalimat maksud dan tujuan, dan elemen penilaian untuk kejelasan, menghilangkan elemen penilaian 5 (Edisi ke-4).
PCI.10
Perubahan persyaratan
Merampingkan dan menggabungkan PCI.10 - PCI.10.6 (Edisi ke-4) ke dalam satu standar untuk kejelasan dan untuk menyambungkan persyaratan ke GLD.11 / TKP.11, yang mengharuskan pemimpin departemen / pelayanan berpartisipasi dalam memilih pengukuran untuk prioritas khusus departemen / pelayanan pada program pencegahan dan pengendalian infeksi.
PCI.11
Perubahan persyaratan
Revisi elemen penilaian untuk memperjelas persyaratan.

Sumber :

Joint Commission International Accreditation Standards for Hospitals 5th. Edition.

12 komentar:

  1. sore dr. taufik saya boleh minta contoh dokumen2 PP (Pelayanan Pasien) soalnya saya masih kurang mengerti mohon bantuan nya, alamat email saya jannah.gemini@gmail.com, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Laela, silahkan perkenalkan terlebih dahulu diri anda dan nama RS tempat anda bekerja, terima kasih.

      Hapus
  2. ass, saya husna tim PPI RSUD Sibuhuan dokter, kami kesulitan dalam mendapatkan dokumen pedoman dan spo pelayanan sterilisasi sentral dan diluar cssd, email saya h5n4_s4ri@yahoo.com,terimakasih buanyak dokter

    BalasHapus
  3. Assslmualikum.. Saya prawt igd di rs bogor mohon dibntu utk mendpatkn dokumen akses playanan Dan kontuinitas playanan. Dengan sop nya email saya bajzeh@gmail.com, terima kasih banyak sites.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam, silahkan perkenalkan diri anda terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
    2. Wa'alaikum salam, silahkan perkenalkan diri anda terlebih dahulu, terima kasih.

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum wr.wb, dr Taufik saya Isnia dari RS Islam Klaten, mau klarifikasi tentang PCI.8 dan PCI.8.1 (menambah standar baru) maksudnya gimana ya..? mohon bantuannya, email saya ppi_rsi@yahoo.com
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Isnia, anda tidak perlu bingung dengan tulisan saya di atas. Tulisan itu membahas standar JCI edisi kelima, yang belum dipakai oleh KARS. KARS baru pakai edisi ke empat. Tulisan itu diperuntukkan bagi RS yang sudah terakreditasi JCI International, terima kasih.

      Hapus
  5. Selamat malam dr. Taufik,, sy Dian Nender dari RS Carolus Borromeus Kupang. Sy dari pokja PPI. Jika dokter berkenan, mohon dikirimkan contoh2 pedoman, kebijakan, spo, dll, yg berhubungan dgn PPI. Alamat email sy : mrsnender@gmail.com
    Atas bantuannya, Terimakasih sblmnya dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Nender, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus
    2. Selamat siang dr. Taufik, saya Wailan Rau dari RSUD Noongan. Saya dari tim pokja PPI. Jika dokter berkenan, mohon dikirimkan contoh-contoh dokumen yang berhubungan dengan PPI. Alamat email saya :wailanrau@gmail.com
      Atas bantuannya, terima kasih dokter..

      Hapus
    3. Dear Wailan, contoh dokumen yang anda minta sudah dikirim ke alamat email anda, terima kasih.

      Hapus